Download Microsoft Visual C++ Redistributable : Pengertian dan Cara Instal

    Microsoft Visual C Redistributable

    Ketika anda memasang sistem operasi Windows, tanpa sadar atau tidak maka juga ikut memasang sederet aplikasi bersamaan dengan pemasangannya tersebut yang hadir dalam paket instalasi. Mungkin ada yang disadari dan bisa dirasakan dengan mudah, lantaran memang difungsikan hampir oleh setiap pengguna.

    Walaupun begitu, ada beberapa aplikasi yang mungkin belum diketahui sama sekali oleh pengguna, untuk apa dan seperti apakah cara kerja dari aplikasi tersebut, padahal penting untuk diperhatikan. Seperti masalah Microsoft Visual C++ Redistributable ini misalnya, yang terkadang include dalam paket instalasi suatu program Komputer yang hendak dijalankan oleh penggunanya.

    Microsoft Visual C++ Redistributable ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk para pengembang aplikasi, dan kompatibiliti dengan mudah dalam proses pembangunannya. Sehingga developer besar sekalipun juga tidak perlu membangun dari awal, alias bisa memanfaatkan teknologi ini untuk membangunnya. Lebih jelasnya bisa simak pembahasan sebagai berikut.

    A. Pengertian Microsoft Visual C++ Redistributable

    Untuk Microsoft Visual C++ Redistributable ini merupakan library runtime yang menjalankan aplikasi dari pihak Microsoft dalam bahasa Visual C++ (menggunakan lingkungan pengembangan Microsoft Visual Studio).

    Program ini sendiri ada banyak paket yang terpasang di dalam sistem operasi kalian, dan bisa diketahui ketika kalian memeriksanya pada menu instalasi program dan aplikasi. Untuk pengguna Windows versi lama ataupun baru, bisa mengunjungi control panel >> Program >> aplikasi dan fitur. Sedangkan khusus Windows 10 juga bisa menemukannya di all settings >> Apps.

    Bisa dikatakan untuk Microsoft Visual C++ Redistributable ini sama halnya dengan Java Runtime Environment dan .Net Framework. Dimana kalian juga perlu untuk melakukan pemasangan JRE agar bisa menjalankan program yang dikembangkan di Java dan >net Framework untuk menjalankan aplikasi yang dibuat dengan .Net Framework.

    Baca Juga :  Download Droid4X : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Ketika kalian membuat aplikasi atau program tertentu dengan memanfaatkan bahasa pemrograman Visual C++, maka paket yang bisa didistribusikan ulang ini nantinya akan terpasang secara otomatis. Akan tetapi kalau kalian ingin menciptakan aplikasi tertentu dengan manual di versi yang diinginkan, maka bisa juga mengunduh paket yang telah disediakan.

    Disamping itu, untuk Microsoft Visual C++ Redistributable ini sendiri tidak terlalu memakan sumber daya Komputer atau Laptop kalian. Sehingga meski program berikut ikut serta dalam pemasangan Windows sekalipun, tidak perlu khawatir kalau kinerja perangkat lebih berat karena adanya tumpangan Visual C++ di dalamnya. Terlebih ini juga bertujuan memperlancar kebutuhan kalian dalam menjalankan program tertentu sesuai kebutuhan.

    B. Fitur Microsoft Visual C++ Redistributable

    • Microsoft Visual C++ Redistributable ini dapat memperluas fitur sistem yang berkaitan dengan multimedia
    • Software berikut bisa membantu pengguna dalam melakukan pemasangan secara otomatis yang dibutuhkan oleh banyak aplikasi, game, dan juga program lain yang dijalankan
    • Untuk aplikasi yang ditulis dalam bahasa C++, Microsoft Visual C++ Redistributable dapat membantu mereka untuk bekerja dan berjalan dengan baik
    • Pada setiap paket Microsoft Visual C++ Redistributable ini tidak lebih dari 20MB ukurannya, jadi tidak perlu takut terlalu termakan terhadap kapasitas penyimpanan disk

    C. Instalasi Microsoft Visual C++ Redistributable

    Mengunduh dan memasang paket library runtime Visual C++ yang bisa didistribusikan lagi ini merupakan sesuatu yang cukup mudah. Untuk lebih jelasnya bisa simak dalam pembahasan sebagai berikut:

    • Pertama, kalian bisa mengunduh versi Microsoft Visual C++ Redistributable yang sesuai dengan apa keinginan kalian masing-masing
    • Kemudian, kalian buka aplikasi install yang telah berhasil diunduh tadi. Nantinya window instalasi akan terbuka, dan meminta kalian untuk menyetujui segala persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan
    • Berikan tanda centang pada opsi “I agree to the license terms and conditions”, dan kemudian klik tombol install
    • Tidak lama, dikarenakan ukurannya yang kecil membuat pemasangan cuman butuh waktu 1 – 5 detik ke dalam sistem operasi kalian
    • Jika proses pemasangan sudah selesai, nanti kalian akan mendapati window baru yang muncul, dan memberikan informasi bahwa pemasangan sudah selesai dilakukan. Dan kalian berhasil memasang Microsoft Visual C++ Redistributable pada sistem kalian
    Baca Juga :  Download Maxthon Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    D. Silent Install Microsoft Visual C++ Redistributable

    Bukan cuman ada pemasangan dalam proses biasa saja, melainkan ada program atau cara yang menjadikan pemasangan dapat dilakukan lebih cepat dan secara diam-diam. Jadi, kalian tidak perlu lagi tuh yang namanya klik sana-sini saat melakukan pemasangan, tau-taunya sudah terpasang gitu aja tanpa ada notifikasi berhasil juga.

    Ada dua jalan yang bisa melakukan pemasangan secara senyap untuk program berikut, yakni dengan a / q switch. Untuk / q switch sendiri terbagi lagi menjadi dua cara, dimana salah satunya yakni membuat pintasan dari file pengaturan yang diunduh, dan menambahkan / q / norestart di akhir bidang target pada properti shortcut tersebut. Bisa lihat gambar dibawah ini.

    silent install 1

    Kemudian untuk cara berikutnya yakni menjalankan program dengan perintah berbasis teks, bisa dilakukan melalui aplikasi command promt. Tekan windows + R, kemudian ketikkan cmd dan enter, nantinya akan muncul aplikasi command promt di layar komputer, kemudian masukkan perintah berikut tanpa tanda kutip “Download \ vc_redist.x64.exe / q / norestart, dan enter. Tunggu beberapa saat dan program sudah mulai pemasangan dengan sendirinya.

    E. Hapus Instalasi Microsoft Visual C++ Redistributable

    Bagi kalian yang mungkin terlanjur masang untuk versi tertentu, akan tetapi sia-sia karena dukungan aplikasi yang diinginkan juga sudah tidak terpasang lagi. Sebenarnya tidak masalah sih ini tetap dibiarkan, toh juga tidak terlalu memakan kapasitas penyimpanan, jadi ya aman-aman saja sih seharusnya.

    Tapi tidak semuanya demikian, ada beberapa kalangan yang selalu ingin bersih dari sistem aplikasi sampah seperti itu juga. Dan itu caranya gampang sekali, dimana kalian dapat menerapkan langkah berikut.

    • Pertama, buka control panel dan masuk ke bagian uninstall a program
    • Setelah itu, scroll kebawah hingga menemukan opsi Microsoft Visual C++ Redistributable
    • Nantinya ada beberapa versi yang terpasang, kalian bisa pilih manakah yang perlu dan ingin dibersihkan dari Komputer (jika ada beberapa, harus memilih satu per satu setiap perintah pelepasan yang dijalankan)
    • Kemudian klik tombol uninstall, tunggu beberapa saat hingga proses pelepasan selesai dilakukan
    • Biasanya untuk memaksimalkan proses, pengguna akan diminta melakukan restart juga
    Baca Juga :  Download Eset - Antivirus Windows PC

    Dan cara tersebut bisa dilakukan terhadap seluruh versi windows lama ataupun baru, akan tetapi kalau untuk Windows 10 ada langkah yang lebih mudah juga sih, dimana kalian bisa lakukan langkah berikut.

    • Klik ikon notifikasi yang ada di pojok kanan bawah dan klik ikon all settings
    • Setelah itu, kalian bisa pilih menu Apps
    • Dan ketika sudah diarahkan ke bagian aplikasi, bisa tuliskan visual pada kolom pencarian
    • Klik program yang ingin dibersihkan dan klik tombol uninstall di bawahnya

    Disini kalian bisa menghapus beberapa sekaligus, tanpa harus menunggu pelepasan sebelumnya selesai dilakukan sekalipun. Akan tetapi masalah proses, ya tetap satu per satu progressnya, alias tidak bisa langsung bersamaan seperti copy atau deleting file di library.

    F. Tidak Bisa Install Microsoft Visual C++ Redistributable

    Mungkin beberapa diantara kalian mengalami masalah saat melakukan pemasangan Microsoft Visual C++ Redistributable, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisa melakukan pemasangan dengan baik.

    • Pertama, kalian unduh lagi visual C++ yang bisa didistribusikan ulang
    • Setelah itu, bukan command prompt
    • Kemudian lakukan perubahan direktori ke direktori yang memiliki fole vc_redist.x64.exe. misal dalam langkah tadi ditaruh pada folder Downloads yang ada di partisi C:
    • Setelah itu, kalian jalankan uninstaller vc-redist.x64.exe / uninstall
    • Kemudian, baru jalankan pemasangan program dari file yang baru diunduh tadi

    – Free Download Vcredist Last Version For Windows

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2019

    Download vc_redist.x86.exe 2019 32bitDownload
    Download vc_redist.x64.exe 2019 64bitDownload

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2017

    Download vc_redist.x86.exe 2017 32bitDownload
    Download vc_redist.x64.exe 2017 64bitDownload

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2015

    Download Microsoft Visual C++ 2015 Semua Bahasa (32bit & 64bit)Download
    Download Microsoft Visual C++ 2015 Update 3 full installer (32bit & 64bit)Download

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2013

    Download Microsoft Visual C++ 2013 Semua Bahasa (32bit & 64bit)Download
    Mengatasi error MSVCR120.dll or MSVCP120.dll missing–

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2012

    Download Microsoft Visual C++ 2012 Update 5 Semua Bahasa (32bit & 64bit)Download
    Mengatasi error MSVCR120.dll or MSVCP120.dll missing–

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2010

    Microsoft Visual C++ 2010 SP1 32bitDownload
    Microsoft Visual C++ 2010 SP1 Redistributable MFC Security UpdateDownload

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2008

    Download vc_redist.x86.exe 2008 32bitDownload
    Download vc_redist.x64.exe 2008 64bitDownload

    Download Microsoft Visual C++ Redistributable 2005

    Download vc_redist.x86.exe 2005 32bitDownload
    Download vc_redist.x64.exe 2005 64bitDownload

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, dan cara melakukan pemasangan hingga melakukan diagnosa serta penyelesaian masalah seputar Microsoft Visual C++ Redistributable yang bisa kalian pahami dan terapkan ketika berkecimpung dalam dunia Komputer, terlebih dengan basis sistem operasi Windows dimana banyak program-program yang bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan pengguna.

    Previous articleDownload .NET Framework : Pengertian, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja
    Next articleDownload Notepad++ Windows PC Laptop Free