Download MEmu Play : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Memu Play

    Sebenarnya sistem operasi mobile di Dunia ini ada banyak sekali jenis dan pengembangannya. Akan tetapi sayang, dimana strategi marketing yang bagus dari perusahaan besar masih begitu mendominasi dan kebanyakan pengguna telah terpatri dengan cara dan pemikiran dari brand ternama seperti Android ataupun iOS.

    Popularitas dari Android sebagai sistem operasi Mobile saat ini memang sudah tidak terbendung, dimana mereka ini terus melonjak dan menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan memang perusahaan Google mampu melakukan pengembangan OS yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kebutuhan para pengguna.

    Dan sejalan dengan hal itu, kini banyak sekali developer yang membuat emulator android sehingga memungkinkan para pengguna PC juga bisa menikmati keseruan bermain aplikasi atau game android di PC. Dan salah satu emulator android yang memiliki cukup banyak peminatnya kali ini adalah MEMu Play.

    A. Pengertian MEMu Play

    MEMu Play ini merupakan sebuah emulator android yang dikenal cukup ramah. Kenapa demikian? Karena memang bagi yang tertarik menggunakannya tidak memerlukan spesifikasi PC ataupun laptop kelas tinggi, karena mereka memiliki kebutuhan sistem yang tergolong standar.

    MEMu Play ini juga dikenal merupakan emulator yang ringan dan cepat, sehingga cocok sekali bagi anda yang ingin merasakan keseruan bermain game android dengan memiliki layar yang luas dibandingkan smartphone.

    Selain itu,  MEmu Play juga sudah dilengkapi dengan fitur Keymapping yang bisa dikonfigurasikan dengan mouse dan keyboard. Yang menarik lagi, MEmu Play ini juga sudah suppot dengan USB Joystick sehingga memungkinkan anda bisa main game android dengan memakai joystick seperti saat main Playstation.

    Dari segi tampilannya emulator android ini memiliki tampilan yang sederhana, tidak terlalu buruk karena anda bisa melihat berbagai macam pengaturan  dan yang lainnya karena untuk tampilan dari MEmu Play ini sendiri tidak asing.

    B. Fitur Didalam MEmu Play

    Sebagai emulator android, MEmu Play ini dibekali dengan banyak sekali fitur menarik yang pastinya akan memanjakan para pengguna. Setelah memasang MEmu Play ini di dalam PC atau laptop, nantinya anda bisa mendownload aplikasi maupun game android di Google Play Store yang sudah disediakan, lalu ada juga browsing internet, check email, mengambil foto, menjalankan aplikasi facebook, dan masih banyak lagi.

    Baca Juga :  Download Cyberlink PowerDirector Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Didalam MEmu Play ini juga dibekali dengan fitur GPS Simulation, dimana layanan ini bisa berguna untuk menentukan lokasi. Ada juga fitur Screenshot yang memungkinkan anda bisa mengambil gambar dari layar, serta ada pula fitur screen record yang membuat anda bisa merekam aktivitas ketika bermain game android nantinya, biasanya fitur ini dipakai oleh para content creator yang jarang melakukan live streaming.

    Menu pengaturan yang terdapat didalam MEmu Play ini juga cukup sederhana, dimana anda bisa mengatur kapasitas RAM yang bisa digunakan, mengatur jumlah Core CPU yang dijalankan, apakah mau menggunakan Single-core, dual-core, ataupun quad-core sesuai dengan keinginan.

    Didalam MEmu Play ini anda juga bisa mengatur resolusi layarnya, ingin tampilan secara fullscreen atau memakai tampilan yang biasa, menentukan operator yang di inginkan, mengatur IMEI, dan lain sebagainya. Yang pasti semua pengaturan tersebut bisa anda temukan didalam menu setting nantinya.

    C. Kelebihan MEmu Play

    1. Didukung Android Lollipop

    Banyak sekali emulator android saat ini yang masih mendapat dukungan dari OS Jellybean maupun KitKat, dan hal itu membuatnya nampak jadul dan tidak bisa menjalankan sejumlah aplikasi atau game terbaru. Berbeda dengan MEmu Play, dimana emulator ini sudah mendapat dukungan OS terbaru yakni Android Lollipop meskupun belum termasuk yang terbaru saat ini.

    Yang menarik, MEmu Play ini juga memiliki opsi pergantian OS yakni apakah anda ingin memakai versi Jellybean ataupun KitKat. Namun jika anda ingin memakai versi Android Lollipop, pastikan jika komputermu ini harus sudah mendukung prosesor yang berarsitektur 64 bit nantinya.

    2. Cepat, Ringan dan Stabil

    Jika dibandingkan emulator lainnya, MEmu Play ini memiliki performa yang sangat cepat. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan ujicoba oleh laman Benchmark AnTuTu, yang mana MEmu Play ini performanya telah berhasil mengalahkan smartphone flagship sekelas Samsung Galaxy Note 5 atau bahkan Samsung Galaxy S6, dan bahkan skornya ini juga mengalahkan emulator Bluestacks.

    Baca Juga :  Download OBS Studio : Pengertian, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kelemahan

    Akan tetapi, semua itu kembali lagi dengan unit PC yang anda gunakan untuk menginstall MEmu Play ini, jika semakin tinggi spesifikasinya maka emulator itu pun bisa berjalan secara optimal. Dalam sebuah uji coba, MEmu Play ini mampu menjalankan game GTA San Andreas dengan sangat lancar pada laptop berukuran RAM 2 GB, serta emulator ini juga cukup stabil dan minim bug didalamnya.

    3. Game Controller yang Gampang di Modifikasi

    Dengan memakai MEmu Play ini, dipastikan anda bisa memainkan sejumlah game populer saat ini mulai dari Action, RPG, Olahraga, Balapan, FPS tanpa harus khawatir soal Controller. MEmu Play ini memang telah dibuat sedemikian rupa oleh developer agar sesuai dengan kebutuhan para gamer nantinya.

    Anda bisa memanfaatkan juga fitur keymapping yang lengkap agar bisa mengkonfigurasi keyboard dan juga mouse. Selain itu, anda juga bisa memakai USB Jostick juga untuk bermain game di MEmu Play ini, sehingga bakalan memberikan pengelaman bermain game yang lebih seru lagi.

    4. Punya Kompatibilitas Tinggi

    Aplikasi MEmu Play ini bisa anda jalankan pada hampir semua versi OS Windows yang ada di PC, mulai dari Windows 7, Windows 8, dan juga Windows 10. Namun sayangnya, MEmu Play ini masih belum mendukung pada perangkat yang menggunakan OS Linux maupun Mac OS, sementara soal CPU dan GPU yang dipakai sepertinya tidak ada masalah karena aplikasi ini sudah support dengan AMD, Intel, maupun NVIDIA.

    5. Bisa Multitasking

    Nah ini menjadi salah satu kelebihan yang menarik dari MEmu Play, dimana anda bisa menjalankan emulator lainnya secara bersamaan. Cukup dengan satu kalik klk, maka emulator pun bisa berjalan tanpa harus menganggu emulator lainnya, tentu ini sangat cocok banget untuk anda yang ingin menjalankan dua akun game online sekaligus di waktu yang secara bersamaan.

    D. Kelemahan MEMu Play

    1. Menguras Baterai Laptop

    Sama seperti anda menjalankan apliksai Remix OS Player, maka dengan anda yang sering menjalankan MEMu Play ini pada perangkat laptop, maka akan membuat baterai anda cepat habis karena memang aplikasi ini membuat baterai jadi cepat boros. Untuk itu disarankan jika anda ingin memakai MEMu Play ini pada perangkat PC.

    Baca Juga :  Download VirtualBox : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

    2. Boros Kuota Internet

    Saat anda menjalankan MEMu Play ini di Laptop, maka alangkah baiknya anda tidak menggunakan jaringan internet dari hasil tetering dari smartphone ataupu modem. Hal ini dikarenakan MEMu Play ini sangat boros kuota internet, sehingga disarankan saat anda main emulator ini pastikan sudah terhubung pada jaringan Wifi.

    3. Tampilannya Sederhana

    Secara tampilan, MEMu Play ini memang kurang menarik dan cenderung biasa saja. Namun hal ini menjadi perdebatan tersendiri, karena dengan tampilan yang sederhana ini memang akan lebih memudahkan para pengguna dalam mengakses sejumlah menu ataupun game didalam MEMu Play tersebut.

    4. Penyimpanan Terbatas

    Nah mungkin inilah poin yang paling disayangkan oleh banyak orang, dimana MEMu Play ini memiliki penyimpanan yang sangat terbatas jika dibandingkan emulator lain. Dimana emulator android ini hanya dibekali dengan kapasitas penyimpanan 5 GB saja, tentu hal ini membuat pengguna harus pintar-pintar mengatur aplikasi mana  saja yang dipakai dan tidak dipakai, agar nantinya MEMu Play bsa berjalan secara optimal.

    E. Kebutuhan Sistem

    Sebelum anda memutuskan untuk menjalankan MEMu Play ini, alangkah baiknya mengetahui kebutuhan sistem minimal agar nantinya emulator android tersebut bisa berjalan optimal dan tidak membebani perangkat anda, diantaranya:

    • OS : Windows XP SP3 / 7 / 8 / 10
    • Prosesor : Intel / AMD
    • Ruang Kosong Harddisk : 5 GB
    • RAM : 2GB (direkomendasikan memiliki RAM lebih dari 2 GB)

    – Free Download MEmu Play Last Version

    MEmu Play for Windows (Official Link)Download
    Unduh Gratis MEmu Play Versi Terbaru

    Cukup sekian dulu pembahasan mengenai MEmu Play kali ini, semoga ulasan tersebut bisa memberikan gambaran terhadap anda seperti apakah emulator yang ditawarkan untuk menjalankan sistem operasi Android pada perangkat komputer untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu, seperti memainkan game mobile salah satu yang paling sering dibutuhkan oleh seorang pecinta emulator android.

    Previous articleDownload Droid4X : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan
    Next articleDownload Nox Player : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan