Download LibreOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    LibreOffice

    Bekerja di perkantoran memang menjadi idaman banyak orang. Namun taukah anda jika ternyata bekerja di perkantoran ini tidak semudah seperti yang kita lihat? Dimana banyak orang yang ‘mengaku’ pusing bekerja di kantoran karena  banyak sekali tugas yang harus dikerjakan, dan menggunakan berbagai macam alat yang digunakan.

    Bagi anda yang bekerja di kantor, tentunya tidak asing ya dengan yang namanya Microsoft Office (MSO)? Dikarenakan aplikasi ini memang sudah banyak dipakai dan bahkan hampir seluruh orang memakainya. Namun ternyata masih ada aplikasi lain yang mirip-mirip dengan MSO, namanya adalah LibreOffice.

    Bahkan beberapa kalangan malah lebih memilih LibreOffice ketimbang Microsoft, mungkin dari segi kegunaan masih mirip. Untuk mengetahui lebih lanjut, bisa langsung mengetahui pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

    A. Pengertian LibreOffice

    Nama dari LibreOffice ini sendiri mungkin cukup asing di telinga anda, karena memang tak banyak orang yang memakainya, padahal sebenarnya ini juga merupakan salah satu aplikasi perkantoran. Apakah itu LibreOffice? Ini adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Free Software, dengan begini maka anda bebas untuk menggunakannya tanpa harus membeli sebuah lisensi.

    LibreOffice ini sendiri merupakan sebuah pengembangan dari aplikasi perkantoran sejenis yang bernama Open Office, dimana aplikasi in dikembangkan oleh perusahaan bernama The Document Foundation (TDF).

    LibreOffice ini memakai format berkas OpenDocument (ODF) yang sudah sesuai dengan standar ISO/IEC International sebagai format aslinya yang berguna untuk menyimpan dokumen diseluruh aplikasi miliknya. Yang menarik, LibreOffice ini juga sudah kompatibel atau mendukung dengan paket aplikasi perkantoran lain, seperti Microsoft Office yang sudah banyak dipakai saat ini melalui berbagai filter impor/ekspor.

    Untuk format berkas dari Microsoft Office ini juga didukung dengan sangat baik, meskipun ada beberapa fitur tata letak serta pemformatan atribut ini ditangani secara berbeda dalam aplikasi LibreOffice, atau sama tidak didukung sepnuhnya didalam filter tersebut.

    B. Fitur Didalam LibreOffice

    Sama seperti file pengolah data pada umumnya, LibreOffice ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung guna memudahkan pekerjaan anda nanti. Beberapa fitur yang dimaksud ini diantaranya adalah :

    1. Membuka serta menyimpan dokumen menggunakan format ODF (Open Document File)
    2. Bisa mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML
    3. Bisa membuka dokumen *.docx. Untuk  file Docx  ini sendiri merupakan format dokumen standar yang bisa anda temukan pada aplikasi Microsoft Office 2007 maupun terbaru
    4. Bisa melakukan import dokumen Microsoft Visio serta Microsoft Publisher
    5. Menambahkan komentar serta Anotasi didalam dokumen
    6. Bisa digunakan untuk menyimpan dokumen kedalam format PDF
    7. Aplikasi Remote Control yang bisa digunakan untuk presentasi
    8. LibreOffice ini berkolaborasi dengan CMIS Protocol. Ini merupakan fitur terbaru dimana memungkinkan anda bisa berkolaborasi dengan pengguna lain untuk mengerjakan sebuah dokumen menggunakan LibreOffice
    Baca Juga :  Download VirtualDub Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Selain fitur diatas tadi, LibreOffice ini juga memiliki fitur lain yakni bisa menggunakan kerangka multimedia GStreamer pada OS Linux yang berguna untuk membuat konten multimedia seperti video pada Impress maupun aplikasi lainnya.

    Secara tampilan, LibreOffice ini menggunakan ikon bergaya ‘tango’ yang digunakan sebagai pintasan aplikasi, ikon untuk berkas terkait, ikon peluncuran cepat, dan ikon yang ditemukan pada bilah alat aplikasi LibreOffice. Ikon-ikon tersebut secara bawaan juga digunakan pada bilah alat dan menu.

    LibreOffice ini juga dikemas dengan menggunakan tema yang sudah dimodifikasi dan tampak original pada distribusi Linux berbasis GTK. Font atau huruf juga dihasilkan melalui cairo pada distribusi di OS Linux. Dengan demikian maka teks yang ada didalam LibreOffice ini dihasilkan mirip seperti yang ada di PC berbasis Linux.

    LibreOffice  ini juga memiliki fitur bernama Fontwork, dimana bagi anda yang sudah familiar menggunakan Microsoft office, maka fitur tersebut mirip-mirip dengan WordArt yang ada didalam Microsoft Word.

    C. Komponen Aplikasi yang Ada di Dalam LibreOffice

    1. Writer

    Yang pertama ada aplikasi Writer, yakni sebuah pengolah kata yang memiliki fungsi hampir sama dan mendapat dukungan berkas terhadap aplikasi Microsoft Word ataupun WordPerfect. Aplikasi Writer ini juga bisa  anda gunakan sebagaipenyunting teks dasar.

    2. Calc

    Selanjutnya ada Calc, yakni berupa lembar kerja yang memiliki kemiripan dengan aplikasi Microsoft Excel maupun Lotus 1-2-3. Yang menarik, aplikasi Calc dibekali degan beberapa fitur unik didalamnya, termasuk adanya sebuah sistem yang secara otomatis mampu mendefinisikan sejumlah elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh anda nantinya.

    3. Impress

    Kalau aplikasi yang satu ini, mirip dengan aplikasi presentasi Microsoft PowerPoint. File presentasi yang anda kerjakan di LibreOffice  ini nantinya bisa diekspor sebagai berkas SWF, dengan begini maka memungkinkan anda untuk bisa dilihat di komputer dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash yang sudah terinstal didalam PC sebelumnya. Denga menggunakan aplikasi LibreOffice Impress ini, anda juga bisa memberikan efek transisi 3D (OpenGL) dan penggunaan model 3D.

    Baca Juga :  Download CineFX Jahshaka Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    4. Math

    Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menebak kegunaan dari aplikasi ini. LibreOffice  Math ini adalah sebuah aplikasi yang memang dirancang untuk membuat serta menyunting formula matematika. Aplikasi ini memakai varian dari XML untuk membuat formula seperti yang sudah ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga bisa anda sertakan ke dokumen lain namun masih dalam paket aplikasi LibreOffice (seperti yang dibuat dengan Writer atau Calc), caranya yakni dengan mencantumkannya ke dalam dokumen tersebut.

    5. Draw

    Bagi anda yang suka menggambar, maka LibreOffice Draw ini sangat tepat untuk anda gunakan. Ini adalah sebuah aplikasi penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram dimana aplikasi ini mirip dengan Microsoft Visio dan bisa dikatakan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Didalam Libreoffice Draw ini telah disediakan konektor antara bentuk (shape) yang tersedia dengan berbagai gaya garis, sehingga memungkinkan anda bisa membuat gambar seperti diagram alir. LibreOffice Draw ini juga sudah dibekali dengan fitur yang mirip perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher, jadi bagi anda yang sudah pernah menggunakannya maka tidak akan kesulitan nanti.

    6. Base

    Dan yang terakhir yang namanya Base, sesuai namanya ini adalah aplikasi basis data relasional yang jika diperhatikan serupa dengan Microsoft Access. Dengan memakai LibreOffice Base, maka anda bisa membuat serta mengatur basis data, menyusun formulir serta laporan untuk kemudahan akses data oleh pengguna akhir. Sama seperti Microsoft Akses, jika Base ini bisa anda gunakan sebagai basis data kecil yang tertanam (embedded), yang tersimpan dalam berkas dokumen (menggunakan HSQLDB berbasis-Java sebagai mesin penyimpanannya), serta bisa anda gunakan untuk pekerjaan yang lebih berat serta bisa juga digunakan untuk suatu front-end untuk berbagai sistem basis data, termasuk basis data Access (JET), sumber data ODBC/JDBC, dan MySQL, MariaDB, PostgreSQL atau Microsoft Access.

    D. Perkembangan LibreOffice

    Para pengembang dari TDF selaku pembuat LibreOffice ini menargetkan, jika aplikasi miliknya ini bisa mendukung pada Microsoft Windows (IA-32 dan x86-64), Linux (IA-32 dan x86-64) dan OS X (x86-64). Portal dari komunitas OpenBSD, FreeBSD, serta NetBSD ini juga mendapat dukungan dari contributor pada proyek tersebut, dan suatu portal komunitas bagi OpenIndiana saat ini sedang melakukan pengembangan.

    Dengan hadirnya LibreOffice online, maka nantinya memungkinkan anda maupun pengguna bisa memakai LibreOffice  dalam sebuah peramban wen dengan mengguanakan elemen kanvas dari HTML5. Pengembangan itu sudah dilakukan sejak tahun 2011 silam, hanya sampai saat ini masih belum diketahui apakah LibreOffice online ini sudah bisa dijalankan apa belum.

    Baca Juga :  Download Daum PotPlayer Windows PC

    E. Kelebihan LibreOffice

    1. LibreOffice adalah aplikasi office yang bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk anda gunakan atapun bisa anda bagikan tanpa membutuhkan lisensi. Jelas hal ini sangat berbeda dengan microsoft office, dimana mereka merupakan aplikasi office yang membutuhkan lisensi agar bisa menggunakan fiturnya secara sepenuhnya, dan harga lisensinya itu sangat mahal (Microsoft Office Professional dijual dengan harga $499.99).
    2. Meskipun LibreOffice merupakan aplikasi yang gratis, akan tetapi didalamnya memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office, jadi anda tidak perlu keluar biaya sepeserpun nantinya.
    3. Meskipun bukan dibuat oleh perusahaan Microsoft, tapi LibreOffice ini diberikan kemampuan untuk bisa membuka dokumen yang menggunakan format dari microsoft office.
    4. Dengan menggunakan LibreOffice  ini anda bisa langsung export  dokumen kedalam format PDF.
    5. Mendapat dukungan dari berbagai komunitas khususnya bagi mereka pecinta aplikasi open source.
    6. Mendukung sistem 32 dan 64 bit pada PC.

    F. Kelemahan LibreOffice

    Tidak ada aplikasi yang sempurna, dimana LibreOffice ini juga memiliki sejumlah kelemahan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum digunakan nanti, diantaranya:

    1. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office, maka saat nantinya terjun menjalankan LibreOffice terdapat beberapa letak tombol dan fungsi yang berbeda dengan microsoft office, maka dari itu anda perlu melakukan sedikit penyesuaian saat menggunakan LibreOffice ini.
    2. Terkadang saat anda membuka file yang berformat microsoft office (.doc, .xls, .ppt dsb) menggunakan LibreOffice, ada beberapa format seperti penataan paragraf, tabel dsb menjadi sedikit tidak beraturan, sehingga anda perlu sedikit melakukan pengaturan.
    3. Ukuran file instalasi yang dirasa cukup besar, ukurannya sekitar 200 MB – 220 MB. Hal ini kemungkinan juga tidak menjadi masalah yang cukup besar ya, apalagi saat ini sudah banyak memori penyimpanan dengan kapasitas besar
    4. Sebagai aplikasi perkantoran, maka LibreOffice  ini membutuhkan space HDD yang cukup besar untuk bisa menjalankannya secara stabil, hampir sama dengan Mirosoft.office 2007. Akan tetapi untuk saat ini mungkin tidak begitu masalah, karena sudah banyak  beberapa PC yang memiliki spesifikasi mumpuni didalamnya.

    – Free Download LibreOffice Last Version

    LibreOffice for Windows 32bitDownload
    LibreOffice for Windows 64bitDownload
    LibreOffice Linux 64bit (deb)Download
    LibreOffice Linux 64bit (rpm)Download
    LibreOffice MacOS 64bit (dmg)Download
    Unduh Gratis LibreOffice Versi Terbaru

    Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang LibreOffice, semoga apa yang kami bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.

    Previous articleDownload OpenOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan
    Next articleDownload AVS Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru