Download iWork : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    Kemajuan bidang teknologi saat ini memang tidak terbantahkan ya, dimana pertumbuhannya begitu pesat dan secara otomatis hal ini membuat para generasi milenial lebih mudah lagi dalam mengakses berbagai informasi maupun aplikasi yang mereka butuhkan.

    Nah bagi anda yang sudah bekerja khususnya di bidang perkantoran, pastinya membutuhkan aplikasi office untuk mendukung pekerjaan anda tersebut. Saat ini yang paling umum digunakan adalah aplikasi Microsoft Office, namun ternyata masih ada opsi aplikasi office lain yang bisa anda gunakan dengan kemampuan tak jauh beda, salah satunya adalah iWork ini.

    Bagi sebagian besar orang tentunya masih asing dengan aplikasi satu ini, dikarenakan memang tidak begitu familiar, meski pada dasarnya memiliki fungsi yang kurang lebih sama saja dengan Ms Office. Disamping itu, jarang sekali aplikasi ini dikenalkan sejak menduduki usia sekolah atau lembaga pendidikan. Sehingga, anda penting dalam memahami lebih lanjut terkait iWork ini sebelum mencobanya.

    A. Pengertian iWork

    Aplikasi iWork ini merupakan paket paerangkat lunak yang memiliki fungsi dan fitur mirip dengan Microsoft Office (MSO). Jika disalam MSO ini memiliki aplikasi seperti Word, Excel, Power Point, Access, dan masih banyak lagi, untuk iWork ini hanya memiliki 3 fitur unggulan saja yakni Pages, Number, dan juga Keynote.

    Pada dasarnya, iWork ini memang dirancang agar nantinya bisa bekerja secara dinamis piranti iLife yang telah dikembangkan perusahaan Apple. Sejauh ini, untuk kompatibilitas dari iWork ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika anda ingin mengkombinasikan antara MSO dengan iWork, maka kedua paket aplikasi ini bisa bekerjasama dengan sangat baik.

    Dengan begini artinya, sejumlah file yang berbasis Office bisa digunakan dengan baik pada aplikasi iWork ini. Jika demikian maka anda pun tidak perlu pusing lagu pada saat ingin bekerja dengan file .docx miliki Microsoft dilingkungan iWork milik perusahaan Apple. Nah berikut ini, kami ingin memberikan penjelasan mengenai 3 fitur unggulan iWork yang perlu anda ketahui.

    B. Fitur iWork

    1. Pages

    Fitur pertama dari iWork in adalah Pages yang merupakan penantang dari Microsoft, dan sebagian besar pengguna bisa dibilang jika aplikasi ini merupakan prosesor word yang sangat mumpuni untuk menunjang aktifitas anda. Pages ini mendukung fitur header, footer, tabel tertanam, grafik dan gambar, termasuk didalamnya grafik interaktif.

    Di dalam pages ini memiliki sejumlah opsi format, dan anda pun bisa bisa melacak perubahan yang dilakukan pada dokumen didalamnya. Akan tetapi, fitur yang ada didalam iWork ini masih belum mampu untuk melakukan sejumlah fingi yang lebih rumit seperti yang dilakukan oleh Microsoft Word, seperti menyambungkan ke database untuk gabungan surat.

    Baca Juga :  Download Pinnacle Studio Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Tapi hal itu sepertinya bukan jadi masalah besar, mengingat banyak orang yang tidak menggunakan fitur canggih tersebut, bahkan dalam pengaturan bisnis yang besar sekalian pun sangat jarang menggunakan fitur tersebut. Kalau anda membutuhkan aplikasi Office seperti ini untuk sekedar menulis surat, proposal maupun buku, maka fitur Pages di iWork ini sudah cukup mampu menangani tugas anda tersebut. Pages ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai template keren didalamnya, mulai dari poster sekolah, bulletin, makalah hingga kartu pos juga tersedia disini.

    Di dalam Pages iWork ini, fungsionalitas drag and drop baru dari iPad sangatlah berguna. Jika anda ingin menyisipkan foto pada lembar kerja, maka anda cukup melakukan drag and drop foto tersebut kedalam layanan Pages ini.

    2. Numbers

    Untuk fitur Numbers didalam iWork ini fungsinya menyerupai fitur Microsoft Excel yakni sebuah fitur pengolah angka. Sebagai sebuah Spreadsheet, Numbers ini mampu untuk digunakan saat dirumah dan pastinya bakal sangat banyak membantu untuk catatan bisnis kecil anda. Didalam fitur Numbers di iWork ini, memiliki lebi dari 25 template didalamnya yang bisa anda gunakan nantinya.

    Mulai dari Keuangan pribadi hinga bisnis dan pendidikan, semua template ini juga mampu menampilkan berbagai informasi menggunakan diagram dan grafik, serta Numbers ini juga memiliki akses lebih dari 250 formula didalamnya. Yang tak kalah kerennya lagi, fitur dari iWork ini juga dibekali kemampuan untuk melakukan import spreadsheet dari aplikasi lain seperti Microsoft Excel.

    Akan tetapi kemungkinan ada sedikit masalah pada bagian rumus formula ada yang didalamnya, jadi anda perlu melakukan sedikit perbaikan nantinya. Tentu dengan menggunakan fitur Numbers ini bakal sangat memudahkan anda dalam menyeimbangkan buku cek anda maupun melacak anggaran pengeluaran produksi pada usaha kecil anda.

    Dengan semua kemudahan yang diberikan oleh fitur Numbers menjadikan iWork sebagai salah saty aplikasi paling produktif di iPad, dan itu pastinya bakal berfungsi dengan sangat baik untuk pengaturan bisnis anda. Bagan serta grafik yang diduetkan bersama dengan fitur pemformatan maka akan membuat proposal anda bakal lebih menarik lagi untuk rangkuman laporan bisnis. Manfaat lainnya dari aplikasi ini adalah bisa bekerja dengan Cloud, sehingga memudahkan anda dalam mengedit dokumen lalu menyimpannya seperti yang bisa dilakukan oleh perangkat PC.

    Baca Juga :  Download GOM Player Windows PC Free

    3. Keynote

    Dan aplikasi terakhir dari iWork ini bernama Keynotes pastinya anda sudah bisa menebaknya, aplikasi ini memang mirip dengan Power Point miliki Microsoft Office. Pada versi iPad pastinya bakal benar-benar dikacaukan dengan Powerpoint maupun versi desktop dari Keynote, namun dari semua aplikasi di iWork aplikasi ini menjadi paling paling dekat dan bahkan digunakan oleh para pebisnis besar. Hal ini dikarenakan banyak orang yang membutuhkan aplikasi presentasi untuk menawarkan produknya.

    Update terbaru dari fitur iWork ini benar-benar membawakan banyak fitur untuk mengatur serta mensejajarkan template sama dengan versi desktop, jadi file presentasi dari iPad dan desktop nantinya akan lebih mudah di intgrasikan dari sebelumnya. Namun terdapat satu masalah yang perlu anda perhatikan, yakni pada bagian font, hal ini dikarenakan pada iPad ini hanya mendukung font yang terbatas.

    Dari satu aspek, bisa dikatakan jika Keynote for iPad ini sebenarnya memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan versi desktop. Tidak ada yang perlu diragukan lagi jika pada iPad ini mudah untuk ditampilkan. Anda juga bisa menyambungkannya ke Apple TV maupun AirPlay untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar, karena tidak menggunakan kabel maka anda pun bisa bebas bergerak untuk melakukan presentasi.

    C. Kelebihan iWork

    1. Aplikasi Resmi Tapi Gratis

    Pada saat anda memutuskan untuk menggunakan iWork ini, pasti banyak hal yang bakalan jadi bahan pertimbangan anda sebelum menggunakannya. Jika pertimbangan anda pertama kali soal harga, maka aplikasi iWork ini menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan, pihak Apple tidak memungut biaya sepeserpun bagi mereka yang ingin menggunakan iWork.

    Sebenarnya, aplikasi iWork ini sudah secara otomatis terpasang di seluruh perangkat Mac keluaran terbarum dan bisa anda gunakan secara cuma-Cuma alias gratis. Sementara bagi anda pengguna perangkat iOS seperti iPhone maupun iPad, maka aplikasi iWork ini bisa anda dapatkan secara gratis di App Store. Paket aplikasi ini memang benar-benar bisa anda gunakan secara gratis diberbagai perangkat besutan Apple.

    2. Bisa Mengerjakan Tugas di Smartphone

    Ada berbagai hal yang menjadi penghambat pekerjaan, seperti macet dijalanan ataupun karena cuaca yang tidak menentu. Namun dijaman yang semakin canggih ini, banyak orang yang berubah lebih cerdas untuk mengatasi masalah tersebut agar pekerjaan mereka bisa selesai tepat waktu. Dengan hanya berbekal iPad, maka jika anda ingin memeriksa dokumen sheet di aplikasi iWork Numbers pun juga bisa.

    Bekerja secara mobile saat ini memang bukanlah hal aneh untk dilakukan. Cara seperti ini banyak dilakukan karena saat ini setiap file yang dibutuhkan bisa dikirim via smartphone, terlebih dengan adanya aplikasi iWork yang sudah terhubung dengan iCloud. Jadi misalnya jika pekerja anda ketinggalan didalam Mac yang ada dirumah, maka anda pun tetap bisa mengaksesnya melalui iPad yang pasti selalu anda bawa.

    Baca Juga :  Download CineFX Jahshaka Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Tentu keuntungan memiliki iWork ini sudah sangat jelas, karena file yang anda simpan didalam satu perangkat Apple bisa diakses dari perangkat lainnya. Hanya saja kondisi ini bisa anda lakukan pada saat menyimpan file yang sama didalam layanan iCloud tersebut, anda baru bisa mengaksesnya secara mobile. Jadi pastikan jika file tugas anda selalu di hubungkan kedalam iCloud untuk solusi jika ada hal tidak di inginkan.

    3. Pengoperasiannya Sangatlah Mudah

    Jika anda memperhatikan secara seksama, iWork ini memang menawarkan kesederhanaan dalam mengelola berbagai macam file office.  Setiap program yang tersedia didalam aplikasi iWork ini memang dirancang agar nantinya para pengguna bisa memakainya sesuai kebutuhan kapanpun dan dimanapun.

    Baik pada program Pages, Numbers, maupun Keynote memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain, meskipun begiut berbagai fitur yang dimilikinya ini sangat mudah untuk dioperasikan. Dan hal inilah yang dicari oleh banyak orang, khususnya mereka yang sudah usia lanjut.

    Seperti contohnya pada layanan Pages, dimana anda bisa membuat dokumen secara mudah dengan memanfaatkan 65 templater yang sudah disediakan, atau anda bisa memiliki blank document jika ingin membuat sebuah laporan.

    Tools yang muncul didalam aplikasi iWork ini juga menyesuaikan berdasarkan kebutuhan anda. Didalam iWork ini juga memiliki satu toolbar utama yang berfungsi untuk menangani setiap pekerjaan anda agar lebih mudah lagi pada saat ditinjau ulang serta bebas dari berbagai gangguan. Dan hal inilah yang membuat banyak orang merasa lebih nyaman menggunakan iWork dibandingkan aplikasi sejenisnya.

    D. Kelemahan iWork

    Kelemahan dari iWork ini hanya ada satu, dimana ketika anda ingin menjalankan Pages, Numbers, maupun Keynote haruslah menggunakan perangkat Mac maupun iOS. Karena hal ini banyak orang lebih memiliki Google Docs maupun Office 365 karena tidak ada batasan OS. Akan tetapi kelemahan dari iWork ini sedang coa diatas oleh pihak Apple, dan sekarang masih dalam tahap beta. Jadi kita tunggu saja.

    – Free Download iWork Last Version

    iWorkDownload
    Unduh Gratis iWork Versi Terbaru

    Cukup sekian dulu ulasan tentang iWork, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Atau mungkin anda juga tertarik untuk mencobanya, maka tidak salah karena memang semakin menguasai banyak aplikasi menjadikan anda semakin bisa berkreasi lebih.

    Previous articleDownload Google Docs : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan
    Next articleDownload Wamp Server : Pengertian, Fungsi, Cara, Kelebihan dan Kelemahan