Download Google Docs : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    Google Docs

    Perkembangan teknologi saat ini memang telah memaksa banyak orang untuk beralih ke era digitalisasi. Dimana semua hal yang dikerjakan saat ini memanfaatkan kecanggihan sebuah teknologi, khususya bagi anda yang melakukan pekerjaan dengan menggunakan sistem online.

    Seiring perkembangan jaringan komputer, saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai aplikasi alternative yang memakai sistem berbasis online. Mulai dari penyimpanan online yang dikenal dengan Cloud Server, hingga sebuah aplikasi edit dokumen milik perusahaan Google yang menggunakan nama Google Docs.

    Dengan menggunakan alat ini tentu saja kalian akan lebih dipermudah, terlebih bagi anda yang mungkin suka gonta-ganti perangkat, juga ingin sistem lebih fleksibel untuk dibuka dimanapun dan kapanpun secara online, maka bisa dikatakan Google Docs ini menjadi salah satu pilihan yang tepat.

    A. Pengertian Google Docs

    Google Docs ini adalah sebuah layanan atau aplikasi yang ada kaitannya dengan file dokumen seperti Word, Excel, Power Point, PDF yang menggunakan jaringan internet sebagai perantaranya. Jika dibandingkan dengan Google Docs, mungkin banyak orang yang lebih mengenal Google Drive, dimana layanan tersebut sudah ada dibanyak smartphone android.

    Google Docs ini merupakan sebuah web yang berbentuk office suit dan tergabung kedalam layanan dari Google Drive tersebut. Pada awalnya, Google Docs ini juga merupakanan layanan penyimpanan online, akan tetapi kemudian peran dari aplikasi ini digantikan oleh Google Drive. Dan kini Google Docs pun beralih fungsi, dimana anda bisa membuat serta mengedit dokumen secara online dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

    Yang lebih kerennya lagi, anda bisa membuar dokumen secara bersamaan dengan orang lain nantinya. Dengan Google Docs ini, maka anda bisa membuat, mengubah, dan menyunting dokumen dengan format txt, doc, docx, serta pdf yang berhubungan dengan dokume file lainnya.

    Pada awalnya, layanan Google Docs ini pertama kali dikenalkan ke public pada tangga 12 januari 2010 silam, dimana aplikasi ini memberikan layanan penyimpanan kepada penggunannya sebesar 1 GB. Pada saat itu, kapasitas penyimpanan ini sudah sangat besar, mengingat ukuran aplikasi maupun file jaman dahulu tidak begitu besar.

    Namun seiring berjalannya waktu dan meningkatnya pemakaian, maka layanan penyimpanan yang ada didalam Google Docs ini pun ditingkatkan oleh Google, dimana sekarang memiliki kapasitas hingga 15 GB untuk satu akun. Dan pada tanggal 24 April 2012 silam, layanan dari Google Docs ini pun digantikan perannnya oleh Google Drive sebagai penyimpanan online.

    Baca Juga :  Adobe Flash Player: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    Dan sejak saat itu, layanan yang diberikan Google Docs ini pun berubah dari yang awalnya sebagai penyimpanan cloud, kini berfokus sebagai aplikasi pengolah dokumen, baik itu dari pengolah kata, pengolah angka, maupun file presentasi.

    B. Fungsi Google Docs

    Ada banyak sekali fungsi dari Google Docs ini setelah dirinya berubah peran sekedar media penyimapanan cloud, dan pastinya fungsi tersebut sangat menguntungkan bagi para penggunannya.

    1. Bisa Mengedit Fie Tanpa Aplikasi di Komputer

    Yang menjadi kelebihan utama dari apliksi Google Docs ini adalag, dimana anda bisa membuka maupun mengedit berbagai file dokumen tanpa perlu menggunakan aplikasi yang ada didalam computer. Sebelum adanya Google Docs ini, pastinya kita membutuhkan computer untuk membuka berbagai file dokumen, dan itu tentu sangat tidak efisien ya karena banyak orang yang tidak memilikinya.

    Dan bahkan saat itu, fila yang bisa kita buka pada aplikasi tersebut hanya dari aplikasi buatan dari perusahaan Microsoft. Jadi, jika anda ingin membuka file dokumen yang bukan buatan dari Microsoft, maka anda bakal mengalami kesulitan untuk membukanya bahkan mengeditnya. Begitupun dengan file yang memiliki format PDF, anda hanya bisa membuat file tersebut menggunakan aplikasi khusus yang bisa membaca format PDF yang ada di computer, salah satunya adalah aplikasi Adobe Reader dan sejenisnya.

    Namun, setelah kehadiran Google Docs ini maka anda tidak perlu memasang satu-persatu aplikasi didalam komputer maupun smartphone hanya sekedar untuk membuka berbagai file dokumen. Anda cukup mengaktifkan akun Google pada browser, dan sudah bisa mengakses Google Docs ini. Tidak hanya melihat isi file dokumen saja, tapi anda juga bisa mengedit file dokumen tersebut nantinya.

    2. Bisa Convert File Dokumen ke PDF

    Bagi anda yang sudah familiar dengan file dokumen, biasanya sering kali jika ingin membuat laporan dalam format PDF, maka kita harus menginstall aplikasi tambahan untuk bisa mengeksekusinya. Dan biasanya hanya bisa digunakan pada perangkat PC saja, dan itupun ukuranya juga cukup besar.

    Nah dengan adanya Google Docs ini, maka anda tidak perlu menginstall banyak aplikasi nantinya untuk sekedar melakukan convert dokumen kedalam format PDF.  Untuk cara mengeksekusinya pun juga sangat mudah, dimana anda perlu membuka dokumen kedalam aplikasi Google Docs, lalu klik menu β€˜File’ dan pilih β€˜Save as’ dan pilih format β€˜PDF’ jika anda menggunakan perangkat android. Sementara jika menggunakan PC, maka klik menu β€˜File’ pilih β€˜Download as PDF Document (*.pdf)’. Secara otomatis nantinya file dokumen anda itu bakal berubah menjadi file PDF.

    Baca Juga :  Download WPS Office : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    3. Bisa Convert PDF ke Word

    Yang lebih canggih lagi dari Google Docs ini adalah tidak hanya bisa membuat file word ke PDF, namun anda juga bisa melakukan sebaliknya yakni mengubah file PDF ke Word. Untuk caranya pun juga sangatlah mudah, yang pertama silahkan anda unggah terlebih dahulu file PDF yang ingin di ganti ke word. Setelah itu, silahkan anda klik menu β€˜File’ lalu pilih β€˜Download as Microsoft Word (docx)’.

    Dengan begini maka secara otomatis file PDF yang anda import tadi akan diunduh menjadi format Word. Tentu hal ini sangat bermanfaat dan banyak dicari seseorang, karena akan sangat memudahkan anda dalam mengedit file dokumen dengan format PDF. Seperti kita tahu, jika dokumen dengan format PDF ini tidak bisa diedit secara langsung, dan membutuhkan aplikasi khusus untuk bisa mengeditnya.

    4. Bisa Mengubah File Gambar menjadi PDF

    Selain bisa membuat teks Word menjadi PDF, ternyata fitur lain yang dimiliki oleh Google Docs ini memungkinkan anda bisa mengconvert gambar menjadi file PDF juga. Dengan menggunakan Google Docs ini, maka anda bisa mengubah gambar menjadi PDF tanpa membutuhkan aplikasi yang di install kedalam komputer, cukup memakai smartphone andoid anda.

    Cara melakukannya pun juga mudah banget, dimana anda perlu memasukkan gambar terlebih dahulu kedalam aplikasi Microsoft Word atapun sejenisnya. Selanjutnya, silahkan anda simpan file tersebut, dan berikan nama sesuai keinginan. Selanjutnya silahkan buka Google Docs pada browser lalu silahkan unggah file Word tadi. Lalu buka file word yang telah diunggah tadi, dan silahkan anda download sebagai file PDF seperti cara yang sudah kita bahas diatas tadi.

    5. Bisa Digunakan di Berbagai Perangkat

    Untuk hal ini seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya tadi, jika dengan menggunakan Google Docs ini anda pun tidak akan perlu repot harus membuka file dokumen didalam computer. Sejak perkembangan teknologi smartphone,  maka Google Docs ini pun bisa dengan mudah untuk anda buka cukup menggunakan smartphone memanfaatkan Play Store. Dan karena hal itulah membuat banyak orang  yang mengandalkan Google Docs sebagai alternatif aplikasi edit file dokumen.

    6. Dibekali Fitur Pemeriksaan Ejaan

    Hal yang menarik lainnya dari Google Docs ini adalah fitur pemeriksaan ejaan. Dengan adanya fitur ini maka anda bakalan sangat terbantu karena dipastikan tidak ada kata yang tak sesuai dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Untuk cara menggunakannya pun juga sangatlah mudah, dimana jika anda sudah memiliki file dokumen yang sudah dibuat, maka tinggal klik tombol β€˜A’ yang terletak sejajar dengan gambar printer di taskbar.

    Baca Juga :  Download Norton AntiVirus Windows PC

    Anda tinggal klik tombol tersebut maka nantinya secara otomatis bakal memeriksa kata-kata yang taik sesuai dengan EYD bakalan di sortir. Jika dalam kondisi ini, anda tinggal klik β€˜ubah’ maka secara otomatis kalimat yang salah tadi bakal berubah sesuai dengan EYD. Dengan begini pekerjaan anda dalam membuat atau mengedit dokumen pun bakal di percepat, karena tidak perlu memeriksa kata atau kalimat didalam dokumen secara satu persatu.

    C. Kelebihan Google Docs

    Lantas apa yang membuat Google Docs ini sangat layak untuk anda gunakan? Nah kali ini kami ingin membahas beberapa kelebihan Google Docs yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memakainya nanti.

    1. Memiliki banyak sekali fitur untuk membantu pekerjaan anda
    2. Resiko kehilangan data baik faktor internal maupun eksternal bisa dihindari
    3. Bisa anda akses kapapun dan dimanapun berada
    4. Sangat mudah untuk digunakan, sehingga anda akan cepat akrab
    5. Merupakan sebuah web gratis yang bisa diakses oleh semua orang yang memiliki akun Google
    6. Support serta dokumentasinya juga sangat lengkap
    7. Bisa berjalan diberbagai sistem operasi diantaranya di PC, Mac, maupun Linux
    8. Google Docs menggunakan editor WYSIWYG (what you see is what you get) untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan masih banyak lagi

    D. Kelemahan Google Docs

    Untuk kelemahan Google Docs yang layak untuk diperhitungkan juga adalah, dimana untuk menggunakan aplikasi ini membutuhkan jaringan intenet, karena memang termasuk sebagai aplikasi online. Tentu hal ini sangat wajar terjad, dimana setiap layanan web pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, namun memiliki manfaat yang sangat baik untuk para penggunannya.

    Jika dibandingkan dengan kelebihannya, jelas Google Docs ini memiliki banyak manfaat ya, jadi anda cukup bermodalkan jaringan internet maka semua pekerjaan anda pun bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone yang anda miliki. Sangat membantu bukan?

    – Free Download Google Docs Last Version

    Google DocsDownload
    Google SheetsDownload
    Google SlidesDownload
    Google FormDownload
    Unduh Gratis Google Docs Versi Terbaru

    Nah mungkin cukup sekian dulu ya ulasan kali ini tentang Google Docs, semoga dengan ulasan tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya. Dan untuk memastikan kecanggihan dari Google Docs ini, tidak ada salahnya anda mencoba mencobanya sekarang.

    Previous articleDownload Camtasia Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru
    Next articleDownload iWork : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan