Download EasyBCD : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    EasyBCD

    Beberapa dari pengguna mungkin sudah tidak asing lagi terkait sistem operasi lebih dari satu dalam sebuah perangkat Laptop/ Komputer. Ini biasanya untuk memudahkan pengguna membagi dukungan terhadap aplikasi tertentu dengan mudah, jadi satunya bisa Windows 7 dan lainnya bisa Windows 10 dengan dukungan update lebih baru.

    Akan tetapi lebih disarankan ketika memanfaatkan dual boot seperti itu, jangan sistem operasi Windows semuanya, karena bakal memberatkan perangkat kalian sendiri. Lebih baik menggunakan sistem operasi lain seperti Linux ataupun MacOS, sehingga kalian juga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik terhadap sistem operasi Desktop.

    Namun sering kali pengguna mengalami kebingungan, bagaimana melakukan pengaturan dual booting ini agar bisa berjalan dengan lancar untuk masuk ke salah satu sistem operasi? Atau mungkin melakukan pengaturan lanjutan seputar booting. Jawabannya yakni menggunakan aplikasi EasyBCD, yang bisa melakukan manajemen start system dengan baik, dalam sebuah tampilan UI yang komplit.

    A. Pengertian EasyBCD

    Ini merupakan sebuah software gratis yang ditawarkan oleh neosmart technology, dimana memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan booting. Selain itu, EasyBCD juga bisa digunakan untuk menambah menu boot, dan segala macam lainnya berkaitan dengan proses booting. Sehingga, bagi kalian yang ingin memasang sistem operasi lebih dari satu, bisa menggunakan aplikasi ini sebagai manajemen booting.

    Mungkin beberapa perangkat Komputer/ Laptop bisa langsung melakukan pengaturan dual boot sendiri, dimana ketika start-up dimulai, kalian bisa memilih mau menggunakan sistem operasi yang mana secara otomatis. Akan tetapi beberapa kondisi memang hal seperti itu tidak bisa dilakukan, dikarenakan system mengalami error ketika membaca sistem operasi lainnya.

    Biasanya itu terjadi ketika kalian memasang sistem operasi versi lebih baru terlebih dahulu, baru kemudian menggunakan install OS dengan versi yang lebih lama. Hal ini tidak akan terdeteksi oleh sistem, dan kalian akan selalu diarahkan ke OS yang memang lebih baru versinya. Namun dengan bantuan EasyBCD, OS versi lama tersebut bisa dimunculkan lagi dan dapat dipilih saat proses booting.

    B. Fitur EasyBCD

    Untuk fitur dari aplikasi ini sendiri sebenarnya sangat banyak sekali, dimana pengguna bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam hal berkaitan dengan proses booting dan pengaturan sistem operasi yang berjalan pada suatu perangkat Komputer/ Laptop. Dan beberapa fitur utama diantaranya yakni seperti:

    Baca Juga :  Download CineFX Jahshaka Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    1. Konfigurasi Boot

    Seperti yang sudah disampaikan di awal, dimana fungsi utama daripada EasyBCD ini adalah melakukan konfigurasi terhadap booting. Dimana pengguna bisa dengan bebas melakukan pengaturan sistem operasi manakah yang akan digunakan sebagai pilihan utama, atau mungkin disetarakan, sehingga pengguna harus memilih terlebih dahulu sebelum booting dilakukan.

    Dengan adanya bantuan konfigurasi boot ini, menjadikan pengguna juga bisa terhindar dari adanya miss booting atau system dual boot yang error. Dengan begitu, kalian tidak akan sia-sia pemasangan sistem operasi lebih dari satu tersebut.

    2. Merubah Default OS

    Kalau kalian tidak ingin menampilkan sistem operasi satunya secara gamblang, maka bisa menyembunyikannya terlebih dahulu, dan memilih sistem operasi tertentu untuk dijalankan dan di setting sebagai pengaturan utamanya.

    Sehingga kalian nantinya cuman akan melakukan booting menggunakan satu sistem operasi yang dipasang saja, dan seolah sistem operasi lainnya tidak ada. Hanya saja untuk masalah partisi tentu akan terdeteksi, dimana ini berlaku untuk OS yang sama. Dikarenakan kalau satunya Linux dan lainnya Windows, maka partisi system ini seolah terkunci dan tidak bisa dibuka. Itu karena memang format yang tidak sesuai antara satu OS dengan yang lainnya.

    3. Mengatasi Bootloader Timeout

    Ada kemungkinan ketika setelah memasang sistem operasi baru, maka bootloader akan timeout, sehingga pengguna tidak bisa mengakses sistem operasi yang ada pada perangkat Komputer/ Laptop. Dan sebagai cara untuk mengatasinya, kalian masuk terlebih dahulu ke salah satu OS (yang lama), dan pasang terlebih dahulu EasyBCD.

    Lakukan pengaturan dengan menampilkan dual boot, sesuai dengan sistem operasi yang terpasang. Dengan demikian, kalian nantinya tidak akan mendapati bootloader timeout lagi. Dan bisa ganti Sistem operasi kapan saja ketika melakukan booting nantinya.

    4. Menghapus OS dari Daftar Boot

    Kurang lebih sama seperti poin kedua, hanya saja ini lebih memfokuskan terhadap satu sistem operasi secara penuh. Ini biasanya dilakukan oleh pengguna untuk mendapatkan proses booting yang lebih cepat, atau mungkin memang tidak ingin sementara waktu menggunakan OS lain yang terpasang dalam sebuah perangkat Komputer/ Laptop miliknya.

    5. Melakukan Diagnosis

    Mungkin anda mengalami masalah pada saat melakukan booting, namun tidak mengetahui apa penyebab dari permasalahan tersebut? Maka dengan menggunakan EasyBCD ini kalian bisa melakukan diagnosa dan mencari tahu permasalahan apa yang terjadi pada perangkat tersebut, sehingga tidak bisa melakukan booting dengan normal. Cara ini memakan waktu cukup lama, tergantung daripada jenis piranti penyimpanan yang kalian gunakan.

    Baca Juga :  Download IDM Windows PC Free Last Version Terbaru

    C. Kelebihan EasyBCD

    1. Bisa Melakukan Konfigurasi Dual Boot dengan Mudah

    Beberapa kalangan tentu akan merasa nyaman dengan menggunakan dual boot, dikarenakan mereka bisa menggunakan Laptop/ Komputer miliknya dengan lebih fleksibel lagi. Mudah melakukan pekerjaannya yang beragam, terlebih untuk sistem operasi jenis yang berbeda.

    Misal dengan sistem operasi utama Windows series, dimana ini memang sudah familiar banget bagi para pengguna di Indonesia. Kemudian sistem operasi lainnya adalah Linux, yang memungkinkan pengguna bisa lebih bebas berekspresi dan melakukan lebih banyak hal tanpa ada batasan.

    2. Mengatasi Masalah Booting

    Kemudian kelebihan lainnya yakni bisa membantu pengguna untuk mengatasi masalah dalam segala proses booting. Mulai dari tidak bisa muncul dual OS yang terpasang, kesalahan dalam melakukan booting, dan masih banyak lagi lainnya. Kalian bisa mengatasi berbagai macam masalah saat booting ini menggunakan EasyBCD, dengan beberapa proses saja.

    3. Fitur Komplit

    Banyak sekali jenis fitur yang ditawarkan oleh EasyBCD ini, dan semuanya berfokus pada pengaturan booting dari sebuah perangkat Komputer/ Laptop. Mungkin kalian menginginkan kustomisasi terhadap proses booting yang terjadi, pilihan OS, atau mendapati beberapa kesalahan, mungkin aplikasi berikut bisa menjadi solusinya.

    4. Free Software

    Tidak perlu khawatir dengan biaya berlangganan atau pembelian aplikasi mahal, dikarenakan pengguna bisa mendapatkan EasyBCD ini secara gratis. Selama kalian menggunakan untuk pribadi, maka tidak ada biaya untuk aplikasi tersebut.

    Akan tetapi kalau kalian ingin menggunakannya untuk komersial, para teknikal support, perusahaan, atau instansi pemerintahan. Ada opsi khusus yang harus dibeli dengan sejumlah uang, dimana versi berikut tentu saja lebih baik dan banyak dukungan untuk dimanfaatkan oleh penggunanya.

    D. Kelemahan EasyBCD

    1. Harus Mengerti Soal Booting

    Untuk menggunakan EasyBCD ini tidak bisa sembarangan, dikarenakan pengaturan yang cukup intim menjadikan pengguna harus mengerti setidaknya dasar daripada proses booting itu sendiri. Ada beberapa istilah penting yang harus benar-benar dipahami oleh pengguna, dikarenakan kalau sampai salah pengaturan, bisa menjadikan perangkat malah tidak bisa melakukan booting sama sekali.

    Baca Juga :  Download VLC Media Player Windows PC

    Akan tetapi permasalahan seperti ini bisa diatasi dengan mengikuti beberapa panduan yang sudah ditawarkan di media internet secara mudah. Sehingga kalian tidak perlu khawatir adanya kejadian error atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

    2. Tampilan Cukup Rumit

    Dikarenakan banyaknya fitur, menjadikan tampilannya tidak bisa sederhana begitu saja, banyak opsi yang harus diperhatikan oleh pengguna untuk melakukan pengaturan terhadap masalah tertentu. Ini bukan menjadi masalah yang besar, kalau kalian sudah terbiasa untuk menggunakannya.

    E. Cara Menggunakan EasyBCD

    1. Dasar

    • Pertama, kalian unduh dan pasang aplikasi EasyBCD, kalian bisa mengunduhnya melalui situs resminya secara gratis
    • Kemudian, kalian buka aplikasi yang sudah berhasil terpasang ini, dan klik β€œAdd/Remove Entries” pada bagian menu EasyBCD Toolbox yang ada di sebelah kiri
    • Setelah itu, pada tampilan kanan kalian akan mendapati sistem apa saja yang ada di Komputer/ Laptop kalian

    2. Menghapus OS dari Daftar Boot

    • Silahkan masuk pada menu Manage Existing Entries, dan kalian akan melihat operating sistem yang ada pada perangkat
    • Pilih OS yang ingin dihapus dan klik tombol Delete
    • Setelah proses penghapusan selesai, diminta untuk melakukan restart. Kalian nanti akan melihat cuman ada satu OS saja yang terpasang, dan kalian akan langsung diarahkan masuk ke OS tersebut

    3. Tambahkan OS ke Daftar Boot

    • Kalian bisa masuk ke dalam menu Manage Existing Entries, kemudian pilih Add an Entry
    • Dan untuk menambahkan sistem operasi Linux, klik pada tab yang sesuai. Kalian bisa menambahkan sistem operasi selain Linux juga, tinggal menyesuaikan dari kebutuhan masing-masing
    • Untuk opsi Linux, silahkan pilih Grub pada input type, dan silahkan beri nama OS agar gampang dikenali melalui input name. Kalian bisa menggunakan nama versi dari OS tersebut
    • Lalu di bagian Drive, silahkan pilih partisi yang sudah terpasang oleh sistem operasi Linux
    • Berikutnya kalian klik tombol Add Entry, dan kalian nantinya akan melihat OS Linux terpasang atau muncul pada daftar Manage Existing Entries.

    – Free Download EasyBCD Last Version

    EasyBCD (GoogleDrive/DirectLink)Download
    EasyBCD (Alternative Link)Download
    EasyBCD (Official Link)Download
    Unduh Gratis EasyBCD Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, kelebihan dan juga kekurangan hingga cara menggunakan EasyBCD yang bisa kalian ketahui dan pelajari. Semoga membantu!!!.

    Previous articleDownload Kaspersky Antivirus Windows
    Next articleDownload Realtek HD Audio Drivers Terbaru Gratis