Home Download Easus : Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakan

    Download Easus : Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakan

    Easeus

    Sebenarnya untuk Easus ini sendiri bukanlah nama dari satu aplikasi saja, melainkan seperti sebuah kelompok layaknya Microsoft Office, dimana ada beberapa cabang lainnya. Akan tetapi pada dasarnya memiliki fungsi dan peran sama, yakni bergelut dalam bidang kapasitas penyimpanan.

    Mungkin anda memiliki masalah dimana tiba-tiba data menghilang begitu saja, tanpa sengaja terhapus atau mungkin terkena sebuah virus. Tidak perlu panik terlebih dahulu dikarenakan ada Easus Data Recovery yang dapat mengembalikan setidaknya lebih dari 90% file tersebut. Sehingga berbagai macam data penting nantinya akan bisa di restore dan dikembalikan lagi.

    Akan tetapi kalau masalah pembagian partisi, penambahan, pengurangan, hingga perpindahan partisi, anda juga bisa menggunakan Easus Partition Master yang bisa melakukannya dengan handal. Anda bisa melakukan pengaturan dengan mudah melalui UI yang tentu saja mudah dipelajari, sehingga bagi pemula sekalipun tidak begitu kesulitan dalam melakukan pengaturan.

    A. Fitur Easus

    Dikarenakan memiliki banyak fungsi dan bagian, maka dalam kesempatan berikut akan digabungkan terkait beberapa fitur yang dimiliki oleh ekosistem Easus. Penasaran apa saja yang dimiliki? Bisa simak daftar lengkapnya berikut.

    1. Gratis Tapi Powerfull

    Untuk kalian yang ingin menggunakannya, tidak perlu khawatir harus membeli aplikasinya, dikarenakan Easus semuanya bisa didapatkan secara gratis. Namun tetap saja dalam masa trial selama beberapa hari, dan untuk menikmati performa yang tetap optimal, mereka harus membayar biaya untuk membuka beberapa fungsi yang cukup intim.

    Akan tetapi setidaknya anda bisa diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk menikmati layanan tersebut tanpa harus membayar dalam performa powerfull. Sehingga dapat mempertimbangkan apakah memang tools tersebut benar-benar berguna dalam kehidupan kalian atau tidak. Namun jika sebagai teknisi tentu ini penting banget.

    Disebabkan, ada beragam macam fungsi yang ditawarkan di versi premium, seperti pengembalian data yang lebih baik kualitasnya, bisa melakukan backup file dengan cepat tanpa batasan, dan melakukan pembagian perangkat penyimpanan tanpa limit.

    2. Mengembalikan Data

    Berbagai macam kejadian kehilangan data tentu bisa saja terjadi kapan saja dalam beragam kondisi, akan tetapi jangan keburu panik terlebih dahulu karena ada tools yang bisa mengembalikannya. Dan salah satu terbaik yakni Easus Data Recovery. Kalian dapat menggunakan tools berikut untuk melakukan recovery data yang terhapus, bahkan seluruh hardisk sekalipun bisa dikembalikan, meski ada beberapa yang nantinya akan corrupt.

    Baca Juga :  Download ABBYY : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Akan tetapi jangan khawatir, karena untuk data corrupt ini biasanya tidak terlalu banyak dan berkisar kurang dari 10% saja dari total data keseluruhan yang dilakukan recovery. Terlebih dengan penggunaannya yang mudah, menjadikan pengguna tidak butuh teknisi handal dalam membantu mengatasinya.

    3. Tidak Perlu Khawatir Kejadian Serupa Terulang

    Dan sebagai tindak pencegahan, kalian bisa melakukan backup file seperti dokumen, foto, atau video melalui layanan Easus Todo Backup. Dimana ini akan membantu mempermudah kalian dalam mencegah kehilangan file di bagian tertentu saja. Namun sebagai gantinya, kalian harus mempersiapkan kapasitas penyimpanan yang besar.

    Nantinya kalian bisa menggunakan Easus Todo Backup terhadap folder tertentu untuk diatur agar selalu terbackup secara otomatis dalam durasi waktu tertentu. Sehingga, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka kalian sudah memiliki file backup tersebut, dan dapat melakukan restore sewaktu-waktu.

    4. Pengaturan Ulang Partisi Hardisk

    Untuk kalian yang mungkin kurang sesuai dengan pengaturan partisi dari Komputer/ Laptop bawaan, maka bisa melakukan partisi ulang dan menyesuaikannya berdasarkan tingkat kebutuhan. Kalian bisa mengurangi dan menambah partisi dengan mudah menggunakan Easus Partition Master.

    Kalian bisa melakukan pengaturan dengan sangat mudah, cuman geser kiri atau kanan untuk memberikan free space lebih besar di partisi tertentu atau mengurangi partisi tertentu. Dan masalah kapasitasnya tetap sama, dikarenakan fungsi alat ini memindahkan free space dari partisi satu ke yang lainnya.

    5. Melakukan Kompresi File yang Lebih Baik

    Ini masih berkaitan dengan masalah backup tadi, dimana pengguna dapat melakukan backup dengan metode biasa saja, yang mana bisa melakukan proses yang lebih cepat. Akan tetapi sebagai gantinya, pengguna akan mengalami keborosan dalam kapasitas.

    Tidak perlu khawatir soal itu, dikarenakan kalau kalian memiliki kecepatan hardisk atau SSD yang mumpuni, bisa memilih high compression dimana ini akan melakukan kompres file dalam ukuran yang paling kecil, sehingga hasil backup nanti tidak akan terlalu memakan kapasitas penyimpanan yang tersedia.

    B. Kelebihan Easus

    1. Ada Versi Gratis yang Powerfull

    Walaupun gratis, akan tetapi kualitasnya tetap bisa powerfull untuk kebutuhan tertentu. Dengan demikian, pengguna bisa mencobanya tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Akan tetapi tetap saja dalam batasan tertentu, mengingat ini versi gratisnya.

    Baca Juga :  Download Realtek HD Audio Drivers Terbaru Gratis

    2. Mendukung Lebih dari 600 Jenis File

    Kalau masalah melakukan restore data ini, pengguna bisa mengembalikan hampir semua jenis format data yang sudah familiar di Dunia, dikarenakan Easus telah memiliki dukungan terhadap ratusan format file yang biasa tersimpan di perangkat pengguna.

    3. UI yang Sederhana

    Berkat adanya UI yang sederhana ini menjadikan pengguna tidak perlu keahlian khusus dalam mempelajari atau menggunakan aplikasi tersebut. Terlebih dengan fitur dan sistem kendali yang mudah, menjadikan mereka bisa dengan cepat mempelajarinya.

    4. Fitur Lengkap

    Selain memiliki banyak dukungan forma file di Recovery, pada layanan yang lainnya juga menawarkan fitur yang lengkap, seperti melakukan partisi dengan beragam metode atau jenis hardisk, hingga pemilihan format backup file yang bisa disesuaikan berdasarkan kemampuan juga kebutuhan dari perangkat tersebut.

    C. Kekurangan Easus

    1. Harga Mahal

    Meski sudah ada versi gratisnya, akan tetapi untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik tentu harus menggunakan versi Pro atau Pro + WinPE, dimana ini harganya juga tidaklah murah. Anda harus mempersiapkan budget yang cukup besar untuk membayar biaya berlangganan per tahunnya. Namun sebagai imbalan juga ada system support yang akan membantu kalian dalam menghadapi setiap masalah.

    2. Batasan yang Kecil

    Powerful sih masalah recovery data tersebut, akan tetapi untuk versi gratisnya ini memiliki batasan yang sangat kecil, yakni hanya 2GB saja. Jelas kalau untuk melakukan recovery data satu hardisk penuh tidak memadai, atau bahkan flashdisk saja mungkin tidak mencukupi untuk itu.

    D. Cara Menggunakan

    Easus Data Recovery

    1. Pertama kalian harus mengunduh program dan memasangnya di Komputer/ Laptop kalian, dan jangan memasang pada disk yang mana kalian kehilangan data tadi. Jangan masukkan data apapun dalam disk yang hendak dilakukan recovery.
    2. Berikutnya, kalian pilih lokasi untuk mulai mencari data pada disk yang ingin dipulihkan, misal pada bagian Desktop, Libraries, dan lain sebagainya.
    3. Kemudian di bagian atas akan muncul proses bar, dimana akan tampilkan status pemulihan. Di sebelah bar ada tombol Stop dan Pause. Sedangkan di bagian bawahnya ada waktu estimasi selesai melakukan pemulihan.
    4. Di awal proses kalian akan mendapati loading yang cepat, karena sistem akan mendeteksi recycle bin terlebih dahulu. Namun, kalau sudah permanently deleted ya harus melakukan deep scan, dimana bisa dilakukan dengan mengkonfirmasi tampilan pop-up yang muncul.
    5. Tunggu dan jangan otak atik perangkat, biarkan proses berjalan dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih kalian memiliki file video yang tentunya membutuhkan proses rendering ulang untuk pemulihannya.
    6. Dan hasil akan muncul, kalian bisa klik file untuk melihat preview, dan bisa memulihkan beberapa file tertentu atau mungkin seluruhnya sekalian untuk dikembalikan ke disk yang sama atau mungkin tempat baru.
    Baca Juga :  Download Any Video Converter Free

    Easus Partition Master

    1. Untuk menjalankannya, tentu kalian harus memiliki programnya terlebih dahulu. Download melalui situs resminya dan pasang pada perangkat Komputer/ Laptop kalian.
    2. Setelah itu, pastikan aplikasi sudah berjalan di layar utama ataupun latar belakang sama saja. kemudian klik kanan pada partisi D:, dimana kalian ingin melakukan perubahan space untuk dipindahkan ke bagian C: yang sering kali kekurangan free space lantaran banyaknya sistem yang terpasang.
    3. Kemudian kalian pilih Resize/ Move Partition, dan berikutnya posisikan pointer pada handel sebelah kiri dari partisi. Geser bagian tersebut pada jumlah partisi yang diinginkan, nantinya pointer akan berubah menjadi panah kanan dan kiri.
    4. Dengan begini, kalian mendapatkan free space di partisi C, posisikan pointer mouse di handle bagian kanan, dan geser hingga menutupi seluruh free space hingga handle tidak lagi bisa digeser lagi. Ketika pointer mouse berubah menjadi gambar panah kanan dan kiri.
    5. Kalau memang sudah merasa puas dengan pengaturan partisi tersebut, maka kalian akan melihat status pending operation. Nah, klik Apply untuk menerapkan pengaturan tersebut. Tunggu beberapa saat hingga seluruh prosesnya selesai dilakukan.

    * Free Download Easus – Trial Gratis

    EasUS WinDownload
    EasUS MacDownload

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, kelebihan dan kekurangan, hingga cara menggunakan layanan Easus yang berperan penting dalam pengaturan penyimpanan data juga manajemen partisi perangkat penyimpanan dari Komputer/ Laptop kalian. Bagaimana, mungkin kalian punya masalah dengan pengaturan penyimpanan file? Coba saja gunakan Easus ini untuk mengatasi beragam problem yang tengah kalian hadapi tersebut.