Download DirectX : Pengertian, Kelebihan, dan Cara Kerja

    Microsoft DirectX

    Sebagian besar pengguna perangkat Komputer/ Laptop tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya Directx berikut, dikarenakan memang ini salah satu komponen terpenting dalam pengaturan agar performa perangkat bisa berjalan maksimal untuk beberapa program tertentu. Apalagi masalah game, tentu ini menjadi salah satu faktor terpenting agar diperhatikan oleh pengguna.

    Para pemain game akan sangat memperhatikan faktor berikut, lantaran menjadi salah satu syarat standar yang harus dipenuhi pada perangkatnya agar permainan bisa berjalan maksimal sesuai dengan sistem operasi dan jenis perangkat yang digunakan. Ada banyak versi yang bisa dipilih, dan kalian perlu memahami terkait apa itu Directx.

    Mungkin kalian sudah banyak mendengar akan tetapi belum mengetahui apa sih sebenarnya dari Directx ini? Pengertiannya bagaimana, apa saja fungsinya, kelebihan dan kekurangan serta cara kerjanya. Kalau demikian, kalian bisa mengetahui secara detail terkait sistem berikut dalam pembahasan kali ini.

    A. Pengertian Directx

    Perlu diketahui bahwa Directx ini merupakan kumpulan antarmuka pemrograman aplikasi atau dalam bahasa inggrisnya yakni Applications Programming Interface (API), dimana ini memungkinkan para pengembang bisa membuat sebuah game yang cocok dengan banyak perangkat sekaligus dalam sistem operasi Windows.

    Seperti yang kita tahu bahwa di Dunia ini bukan cuman ASUS atau Acer saja yang menciptakan perangkat Laptop maupun Komputer. Dikarenakan banyak sekali vendor lain seperti IBM, Lenovo, HP, dan beberapa vendor ternama lainnya yang menawarkan perangkat Desktop dengan karakter juga kemampuan komponen masing-masing.

    Belum lagi bagi mereka yang menggunakan perangkat rakitan sendiri, dimana di dalam sebuah PC ada komponen yang berasal dari beberapa vendor sekaligus, mulai dari AMD, Intel, NVIDIA, Corsair, dan masih banyak komponen lainnya. Tentu masing-masing dari mereka tidak memiliki kesamaan dalam produksi.

    Nah, dengan adanya bantuan Directx ini bisa menjadikan semuanya saling terhubung dan dapat berjalan lebih optimal. Sehingga, developer game tidak perlu membuat dukungan permainannya satu-satu setiap vendor, melainkan bisa memanfaatkan sistem berikut untuk mengintegrasikan dengan seluruh perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi Windows.

    Baca Juga :  Download VideoScribe Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Akan tetapi penting untuk diperhatikan juga bahwa ada beberapa series Directx yang wajib untuk diketahui, karena tidak semua versi sama saja, lantaran developer juga membuatnya berdasarkan versi tertentu. Dengan demikian, kalau beda jelas tidak akan bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

    B. Komponen Directx

    Untuk sebuah Directx ini memiliki banyak API sekaligus di dalamnya, dimana programmer bisa menggunakannya untuk membuat aplikasi yang bisa dijalankan di banyak komponen sekaligus. Dan berikut ini beberapa komponen penyusun dari Directx.

    • Direct 3D (D3D): memungkinkan untuk menggambar grafik 3D
    • Direct 3D (D2D): memungkinkan untuk menggambar grafik 2D
    • DirectWrite: yang dimanfaatkan untuk mendukung font dalam game
    • DirectCompute: berguna sebagai memproses GPU dengan optimal
    • Xaudio2: digunakan untuk audio dengan API yang rendah
    • XACT3: digunakan untuk audio dengan API tinggi
    • Dan masih banyak lagi lainnya

    Pada intinya, para developer bisa memanfaatkan sederet API yang ada di dalam Directx untuk membuat sebuah game atau aplikasi agar bisa berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Melalui bantuan berikut, programmer juga tidak perlu lagi mengetahui jenis-jenis komponen perangkat keras, dimana cukup pengetahuan dasar komponen perangkat kerasnya saja sudah cukup, semisal kapasitas RAM yang dibutuhkan, CPU, kapasitas disk, GPU, dan beberapa komponen lain.

    C. Versi Directx

    Untuk Directx sendiri sebenarnya sudah ada sejak Windows 95 mulai beredar di pasaran, dimana pada saat tahun 1995 ini versi pertamanya telah resmi dirilis. Kemudian disusul oleh versi keduanya pada tahun yang sama, rilis bersamaan dengan Windows 95 yang baru.

    Lalu, ketika Microsoft meluncurkan Windows XP versi dari Directx ini sudah mencapai 9 saja. Dan sejak itu pembaruan terasa sangat lama untuk berpindah ke angka berikutnya, lantaran di belakangnya ada huruf yang tersematkan, mulai dari 9.0a, 9.0b, dan 9.0c.

    Dan kini yang banyak diandalkan dan mendukung Windows 10 dengan baik yakni Directx 12, dimana dengan membawa sejumlah fitur yang tentu saja jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya. Banyak permainan yang dapat didukung untuk menampilkan performa terbaiknya dari segi grafis ataupun dukungan komponen serba modern yang tenaganya mantap.

    Bahkan dengan adanya penggunaan Directx versi terbaru ini, diklaim telah terjadi beberapa peningkatan performa permainan yang didapatkan oleh pemain, sehingga mereka bisa bermain lebih lancar lagi dengan kebutuhan resource sedikit lebih rendah daripada sebelumnya sekalipun tidak masalah.

    Baca Juga :  Download Davinci Resolve Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Directx 12 ini yakni terkait penggunaan 2 atau lebih GPU dalam sebuah perangkat Komputer. Misalnya pada Laptop kalian, tentu chip processor memiliki grafis sendiri, namun ada juga GPU tambahan sebagai pendukung kinerja dari beberapa kebutuhan agar berjalan lebih maksimal.

    Melalui bantuan Directx 12 ini pengendaliannya bisa terjadi dengan baik, dimana ketika pengguna memakai untuk kebutuhan ringan seperti menulis, browsing, memindahkan file dan beberapa hal lain, akan difokuskan pada APU (GPU terintegrasi) yang ada pada chipset. Sedangkan saat kebutuhan berat seperti main game, nonton film, rendering video, dan beberapa kebutuhan lain akan mengaktifkan GPU untuk memberikan performa optimal.

    D. Kelebihan Directx

    1. Mendukung Banyak Komponen

    Jelas sekali ini merupakan fungsi utama daripada Directx itu sendiri, yang mana membuat seluruh komponen terhubung satu sama lain dalam sebuah sistem berikut, untuk memudahkan para developer game atau aplikasi yang ingin memberikan dukungan terbaik terhadap masing-masing komponen yang terpasang di perangkat pengguna.

    2. Memaksimalkan Kinerja

    Tidak cuman memberikan dukungan terhadap developer untuk membuat game atau aplikasi agar support dengan seluruh komponen yang dijalankan dengan sistem operasi Windows saja, melainkan dengan pemasangan Directx ini bisa memaksimalkan kinerja daripada perangkat kalian sendiri.

    Seperti yang sudah disinggung sedikit dalam versi Directx tadi, dimana untuk versi paling baru telah memiliki kemampuan mengatur penggunaan GPU atau APU dengan baik, agar perangkat tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daya, lantaran banyaknya komponen yang bekerja secara bersamaan.

    E. Kekurangan Directx

    Banyak Versi

    Memang sih dengan berjalannya perkembangan informasi dan teknologi, menjadikan versi dari Directx ini semakin banyak saja. Namun terkadang ini membuat penggua bingung harus memilih yang mana sebagai dukungan dari aplikasi atau game yang hendak dijalankan.

    Akan tetapi tidak perlu khawatir karena rata-rata aplikasi dan game terbaru sudah pada menggunakan Directx 12 versi baru, sehingga kalian tidak perlu memikirkan hal demikian. Dan kebanyakan developer akan menyertakan informasi versi Directx berapakah yang digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game besutannya, jadi tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

    Baca Juga :  Download VideoPad Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Dikarenakan menawarkan fitur dan fungsi yang terus berkembang setiap waktu, pihak Microsoft juga dengan rutin melakukan pembaruan. Sehingga hampir mustahil untuk mendapatkan celah atau mungkin kekurangan daripada Directx berikut.

    F. Cara Memeriksa Versi Directx

    Bagi kalian yang penasaran versi berapakah Directx yang terpasang di perangkat Komputer/ Laptop kalian, maka bisa menggunakan perintah sebagai berikut:

    • Pertama, kalian masuk ke run terlebih dahulu, cara mudahnya yakni tekan windows + R
    • Kemudian masukkan kata dxdiag dan tekan enter untuk mulai prosesnya

    Tunggu beberapa saat hingga kalian akan mendapati tampilan informasi terkait Directx. Bukan cuman itu saja, melainkan kalian juga akan mendapati informasi seputar spesifikasi dari komponen yang ada di dalam Desktop kalian. Mulai dari versi, sistem operasi, RAM, Layar, Render, Sound, dan sederet input komponen lainnya.

    G. Cara Update Directx

    Jika kalian baru saja melakukan pembaruan sistem operasi atau mungkin telah memasang OS Windows yang terbaru, maka jangan lupa untuk melakukan update terhadap Directx juga agar performa perangkat bisa lebih maksimal.

    Untuk caranya sendiri terbilang gampang, dimana kalian bisa menuju link https://bit.ly/34xOHYE untuk mendapatkan versi yang sesuai berdasarkan sistem operasi yang terpasang di perangkat kalian. Dikarenakan setiap versi dari sistem operasi tidaklah sama, ada batasan-batasan tertentu yang ditawarkan oleh Microsoft.

    H. Alternatif DirectX

    Perlu diketahui bahwa DirectX bukanlah satu-satunya sistem yang memberikan dukungan terhadap developer game atau aplikasi untuk seluruh komponen yang diproduksi di Dunia ini. Melainkan ada beberapa pesaingnya yang menawarkan hal serupa.

    Seperti OpenGL ini misalnya, dimana ini bahkan bukan cuman bisa digunakan untuk para pengguna Windows saja. Melainkan juga mendukung sistem operasi lain seperti MacOS dan juga Linux yang menjadi dua alternatif sistem operasi Desktop paling populer di Dunia sekarang ini.

    – Download DirectX Windows Last Version

    Download DirectX 12 for Windows

    Download DirectX 12 Offline Installer (572MB)Download
    Download DirectX 12 Online Installer (286KB)Download

    Download DirectX 11 for Windows

    Download DirectX 11 Offline Installer (572 MB)Download
    Download DirectX 11 Online Installer (286 KB)Download

    Download DirectX 10 for Windows

    Download DirectX 10 Offline Installer (80.3 mb)Download
    Download DirectX 10 Online Installer (286 kb)Download

    Download DirectX 9.0c for Windows

    Download DirectX 9 Offline Installer (95.6mb)Download
    Download DirectX 9 Online Installer (285kb)Download

    Kurang lebih seperti itulah pengertian dan pembahasan lengkap beserta cara dari DirectX yang bisa kalian ketahui dengan seksama. Semoga bisa menambah wawasan anda terkait DirectX.

    Previous articleDownload 7-Zip : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakan
    Next articleDownload .NET Framework : Pengertian, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja