Download Bluestacks : Pengertian, Fitur, Cara, Kelebihan dan Kekurangan

    BlueStacks

    Dengan adanya emulator android, tentunya menjadi jembatan bagi para pengguna PC yang ingin memainkan game atau aplikasi android tanpa harus menggunakan Smartphone. Dengan adanya emulator ini memang sangat membantu pekerjaan banyak orang, khususnya mereka para developer.

    Jika membahas yang namanya emulator android, pasti bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia PC sudah tak asing lagi dengan yang namanya Bluestacks. Dimana aplikasi tersebut memang sudah banyak sekali digunakan saat ini, dan bahkan mengalahkan emulator pesaing.

    Bahkan beberapa pengguna yang cukup awam akan menganggap kalau aplikasi Bluestack ini merupakan satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk sistem operasi smartphone pada perangkat komputer. Jika anda penasaran lebih jauh terkait BS ini bisa simak pembahasan sebagai berikut.

    A. Pengertian Bluestacks

    Bluestacks adalah sebuah aplikasi atau emulator android yang datang dengan menggunakan sistem operasi Nougat (v7.1.2) yang bisa dijalankan pada PC atau laptop yang berbasis Windows. Dan dengan adanya Bluestacks ini, memungkinkan anda bisa memakai mouse dan keyboard dari perangkat anda untuk menjalankan aplikasi android nantinya.

    Berbeda saat menjalankan aplikasi android di smartphone dengan ukuran tetap, adanya Bluestacks ini maka anda bisa mengubah tampilan layar / jendela aplikasi yang berukuran lebih besar atau mode layar penuh pada PC. Bluestacks ini menjadi akses untuk memudahkan anda menjalankan aplikasi android di computer Windows, karena tidak semua aplikasi android bisa dinikmati di PC.

    Yang menarik, aplikasi Bluestacks ini memungkinkan anda bisa menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan yang dipisah dalam bentuk tab. Jadi dengan begini anda pun bisa berpindah-pindah aplikasi dengan mudah, cukup dengan melakukan klik pada tab yang telah tersedia di layar.

    Selain itu, Bluestacks ini juga menawarkan mode multi-instance sehingga memungkinkan pengguna bisa menjalankam banyak instance dari alikasi yang sama, yang pasti hal ini sangat menarik bagi mereka penggemar produktivitas maupun gamer. Selain itu, Bluestacks ini juga menawarkan layanan streaming gameplay android secara langsung di kanal Twitch.

    Baca Juga :  Adobe Flash Player: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    B. Fitur-fitur Bluestacks

    Aplikasi Bluestacks ini pasting memiliki sejumlah fitur menarik jika dibandingkan dengan emulator android lainnya, dan hal itu membuat banyak orang kepincut untuk memainkannya. Sejumlah fitur menarik tersebut diantaranya:

    1. Ramah Pengembang

    Jika anda merupakan seorang developer / pengembang aplikasi android yang ingin mengecek kinerja dari aplikasi android yang dikerjakan, maka anda bisa melakukannya di aplikasi Bluestacks tersebut. Emulator android ini memiliki dukungan Developer Test Support yang akan membantu anda menyelesaikan pengujian proyek yang dikerjakan lebih mudah dan lancar.

    2. Ramah Integrasi

    Bluestacks ini memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan mouse, mikrofon, kamera, sensor, semuanya dan akan memudahkan anda saat menjalankan berbagai aplikasi maupun game android di perangkat Windows.

    Perlu anda ketahui, jika layanan integrasi ini sangatlah penting khususnya bagi mereka para gamer, karena memungkinkan mereka bisa menjalankan satu aplikasi, satu akun, didalam dua perangkat berbeda, yakni smartphone dan PC.

    3. Ramah Gamer

    Para gamer yang memakai Bluestacks ini bisa melakukan live streaming langsung di layanan Twitch atapun Facebook tanpa membutuhkan proses yang ribet dan pengaturan yang rumit. Tentu dengan adanya Bluestacks ini, para gamer akan lebih praktis dan efisien jika ingin melakukan live streaming sepanjang permainan nantinya.

    4. Tampilan Mirip Perangkat Android

    Layar beranda pada aplikasi Bluestacks ini memiliki kesamaan dengan perangkat android, dan bagkan untuk menu dan ikonnya juga serupa. Tentu ini sangatlah menyenangkan dan memudahkan pengguna, setiap kali ada aplikasi baru yang dipasang maka ikon yang muncul di beranda Bluestacks ini akan sama dengan seperti yang ada di smartphone.

    5. Install Aplikasi Sangat Mudah

    Ada dua cara berbeda untuk menginstall aplikasi di Bluestacks ini. Untuk cara pertama, langsung unduh saja aplikasi menggunakan layanan  Google Play Store yang ada didalam Bluestacks tersebut. Lalu untuk cara kedua anda bisa mendownload terlebih dahulu download aplikasi android dengan format (.APK), setelah itu silahkan install menggunakan Bluestacks tersebut.

    C. Cara Download dan Install Bluestacks

    Bagi anda yang tertarik untuk menginstall aplikasi Bluestacks ini, maka harus memiliki aplikasi Bluestacks tersebut. Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut langsung dengan mengunjungi situs resmi dari aplikasi tersebut. Untuk caranya anda bisa menyimak di bawah ini:

    1. Silahkan anda buka aplikasi browser yang ada didalam PC atau laptop anda
    2. Setelah itu silahkan anda kunjungi situs resmi Bluestacks di : www.bluestack.com
    3. Pilih menu Unduh Bluestacks, tunggu prosesnya hingga selesai
    4. Setelah aplikasi Bluestacks ini sudah di downlad, maka biasanya secara otomatis aplikasi ini bakal di install ke dalam PC atau laptop anda. Biasanya dalam proses ini membutuhkan waktu beberapa saat, tergantung dengan kecepatan internet anda
    5. Setelah proses install selesai, maka Bluestacks ini akan memberikan anda kesempatan untuk memasukkan akun Google Play anda. Sama halnya dengan smartphone android, anda diharuskan untuk memasukkan akun Gmail / Google Play untuk bisa mengakses, memasang, maupun menggunakan aplikasi dan game di Bluestacks nantinya
    6. Setelah proses diatas selesai, maka kini Bluestacks sudah bisa anda pakai nantinya.
    Baca Juga :  Download Kate’s Video Toolkit Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    D. Cara Menginstall Aplikasi di Dalam Bluestacks

    Setelah anda berhasil menginstall Bluestacks di PC, maka kini saatnya anda mengunduh dan menginstall aplikasi android kedalam emuator android tersebut. Bagi anda yang masih belum tahu caranya, bisa simak di bawah ini:

    1. Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi Bluestacks tadi
    2. Setelah itu silahkan pilih aplikasi Google Play Store
    3. Silahkan jelajahi atau cari aplikasi android sesuai dengan yang anda inginkan
    4. Buka aplikasi tersebut, lalu klik menu install
    5. Jika aplikasi sudah berhasil di install, maka ikon dari aplikasi tersebut bakalan muncul di beranda aplikasi Bluestacks tersebut
    6. Selanjutnya silahkan klik  dua kali pada icon aplikasi tadi, lalu akan muncul tab baru dan anda sudah bisa memainkannya

    Untuk cara menginstall game di Bluestacks ini memang sangat mudah, bahkan sama seperti menginstall aplikasi di dalam smartphone. Yang membedakannya, pada saat anda membuka aplikasi atau game tersebut akan muncul dalam sebuah tab, dan nantinya jika anda ingin menjalankan aplikasi lain juga bisa karena akan muncul tab baru lagi di sebelahnya.

    E. Kelebihan Bluestacks

    1. Bluestacks ini tidak membutuhkan aplikasi lain agar bisa berjalan secara mulus nantinya. Jelas hal ini berbeda dengan Genymotion yang membutuhkan adanya Eclipse maupun Oracle Virtual Box untuk bisa digunakan
    2. Bluestacks ini memiliki dukungan instalasi dari penyedia aplikasi android ternama, mulai dari Play Store, Amazon Store, maupaun 1Ready. Tentu hal ini sangatlah membantu untuk para pengguna karena mereka tidak perlu bingung mencari file APK di situs lain yang soal keamanannya masih belum teruji.
    3. Untuk tampilan dari Bluestacks ini juga sangat sederhana, sehingga akan memudahkan pengguna dalam menjalankan berbagai fitur didalamnya
    Baca Juga :  Download Sony Vegas Pro Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    F. Kekurangan Bluestacks

    1. Untuk bisa berjalan stabil, Bluestacks ini membutuhkan syarat minimal RAM 4 Gb untuk PC maupun laptop yang digunakan
    2. Sebagai emulator android, maka Bluestacks ini sangat boros baterai jika anda menggunakannya di laptop.
    3. Tidak semua aplikasi maupun game android ini bisa dijalankan pada Bluestacks, umumnya beberapa permainan yang bisa digunakan pada Bluestacks ini adalah game yang mengandalkan klik. Sementara untuk game atau aplikasi yang mengandalkan getaran atau kemiringan, maka tidak bisa dipakai, karena tidak mungkin juga anda melakukannya pada perangkat PC atau laptop.

    G. Kesimpulan

    Bluestacks ini merupakan emulator android yang banyak sekali fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh emulator lain pada penggunanya, selain itu Bluestacks ini juga memiliki komunitas yang sangat kuat dan saling mendukung pengembanganya. Para pengguna yang mengalami masalah pada Bluestacks miliknya, pasti akan menemukan jawabannya pada forum pengguna Bluestacks di dunia.

    Pihak pengembang dari Bluestacks ini sendiri juga terus-menerus mencoba hal baru untuk meningkat performa dan kualitas dari aplikasi tersebut agar bisa memanjakan para pengguna. Tentu hal ini tidak terlepas dari keinginan para pengguna setia dari Bluestacks tersebut.

    – Free Download Bluestacks Last Version

    Bluestacks for Windows 32BitDownload
    Bluestacks for Windows 64BitDownload
    Bluestacks for MacOSDownload
    Unduh Gratis Bluestacks Versi Terbaru

    Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Bluestacks, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya. Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan atau mungkin ingin mencari tau perbandingannya terlebih dahulu dengan aplikasi emulator android lainnya yang juga rekomendasi banget, dan tidak kalah menariknya ketimbang Bluestack.

    Previous articleDownload VirtualBox : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan
    Next articleDownload MirrorGo : Pengertian, Cara, Kelebihan dan Kelemahan