Download Adobe Photoshop : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Adobe Photoshop

    Bisa dibilang dunia digital itu penuh manipulasi dan cukup gampang untuk menipu mata yang memang tidak mengerti terkait penjelajahan secara mendetail terkait suatu objek. Ini dikarenakan memang perkembangan dunia teknologi sudah semakin liar dan bebas, jauh lebih canggih daripada generasi sebelumnya.

    Itu dikarenakan banyak hal yang bisa dilakukan editing menggunakan beberapa alat tertentu untuk mengelabuhi mata. Salah satu alat yang paling sering dimanfaatkan yakni Adobe Photoshop, dimana software berikut digunakan sebagai edit foto dengan hasil yang sangat mulus, sehingga orang lain yang melihatnya saja dapat meyakini bahwa itu foto asli, alias bukan hasil editing.

    Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi editing dari Adobe ini? Hampir semua orang tentu mengetahuinya bukan? Kalau memang kalian salah satunya, dan ingin lebih mendalami terkait Adobe Photoshop bisa langsung ketahui dalam pembahasan sebagai berikut.

    A. Pengertian Adobe Photoshop

    Adobe Photoshop atau biasa disingkat dengan Photosop ini merupakan software yang merupakan hasil ciptaan dari Adobe Systems yang ditujukan khusus kepada mereka yang ingin melakukan editing foto serta pembuatan efek tertentu untuk mendapatkan hasil jepretan mengesankan.

    Karena tingkat kemudahan dan juga banyaknya fitur di dalam software tersebut, menjadikan banyak fotografer digital dan perusahaan iklan pada mengandalkan layanan berikut untuk menggarap proyek miliknya. Dengan demikian, bukan sesuatu yang aneh kalau sekarang ini Photosop telah berhasil menjadi pemimpin pasar dalam editor foto.

    Disamping itu, Photosop sekarang ini bisa dibilang menjadi salah satu hasil produk Adobe paling baik di pasaran. Walaupun demikian, ada juga pengolah gambar lainnya yang berasal dari Adobe Systems juga, yakni Acrobat. Hanya saja beberapa kalangan masih asing dan merasakan tidak begitu membutuhkan software tersebut sebagai pemenuhan kebutuhannya.

    Perlu diketahui bahwa pada versi kedelapan, Adobe Photoshop memiliki nama tambahan Creative Suite yang disingkat menjadi CS. Sedangkan untuk Photoshop kesembilan menggunakan nama CS dan seterusnya menggunakan nama demikian.

    Versi CS ini sendiri bisa didapatkan oleh pengguna dengan cara membeli lisensinya yang harganya cukup fantastis. Akan tetapi anda bisa menggunakan lisensi tersebut untuk selamanya dengan maksimal penggunaan di dua buah perangkat, Komputer ataupun Laptop. Akan tetapi ada juga versi CC yang dibanderol lebih murah, namun bedanya yakni lisensi yang kita dapat berbatas pada waktu, sehingga kalau habis ya sudah, aplikasi tidak bisa digunakan lagi.

    Baca Juga :  Download Davinci Resolve Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Adobe Photoshop CC alias Creative Cloud ini seolah kita menyewa dari sebuah layanan yang ditawarkan oleh Adobe Systems, dimana pengguna bisa melakukan penyewaan selama 4 bulan, 6 bulan atau bahkan 1 tahun. Ketika lisensi ini sudah habis, maka pengguna perlu melakukan perpanjangan lagi agar bisa tetap menggunakannya, dan ada pilihan paket untuk desain, bisnis, hingga institusi pendidikan.

    B. Fungsi Adobe Photoshop

    Pada dasarnya fungsi utama daripada aplikasi pengolah gambar ini adalah untuk melakukan editing foto atau gambar dengan tipe raster atau bitmap. Akan tetapi sebagai aplikasi edit gambar ini, fungsinya bisa lebih dikhususkan lagi seperti memperbaiki hasil gambar, merekayasa, hingga menciptakan desain gambar baru sesuai dengan permintaan.

    Untuk mempercantik sendiri ada beragam hal yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, diantaranya yakni seperti memperbaiki saturasi warna, menghaluskan objek, menarik bagian tertentu, menambahkan efek visualisasi, dan masih banyak lagi lainnya. Dikarenakan kemahiran seseorang dalam menciptakan sebuah foto dengan Photoshop, orang lain bisa dibuat kagum dengan karyanya tersebut.

    Selain itu, tidak menutup kemungkinan aplikasi ini digunakan untuk menciptakan objek baru seperti brosur, logo, banner, spanduk, poster, atau lain sebagainya. Sedangkan fungsinya secara teknik diantaranya yakni sebagai berikut:

    • Mengkombinasikan 2 gambar atau lebih menjadi sebuah gambar baru yang ciamik
    • Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar
    • Memberikan atau merubah warna pada gambar
    • Melakukan perubahan ukuran gambar dengan tetap mempertahankan kualitasnya
    • Mempertajam warna juga kualitas gambar
    • Memotong gambar sesuai dengan keinginan
    • Membersihkan dan menambah kesan menarik dari gambar
    • Memberikan efek blur pada objek tertentu agar terlihat samar-samar
    • Meningkatkan intensitas cahaya agar gambar terlihat lebih cerah

    C. Fitur Adobe Photoshop

    1. Format yang Khas

    Memang sih untuk aplikasi Adobe Photoshop ini dapat membuka format gambar seperti PNG, JPG, GIF, atau lainnya, atau mungkin menciptakan gambar dengan hasil format seperti itu juga. Akan tetapi ada juga beberapa format khas yang mesti diketahui oleh pengguna lain, bahwa itu dihasilkan oleh Photoshop. Diantaranya yakni:

    • .PSD – Ini merupakan singkatan dari Photoshop Document yang berfungsi sebagai file penyimpanan hasil kerja kita yang dapat diteruskan kembali di lain waktu. Seluruh kejadian seperti penambahan layer, teks, mask, dan lainnya dapat dilakukan perubahan dengan lebih mudah, tanpa harus memulai lagi dari awal.
    • .PSB – Bisa dikatakan ini merupakan format lain dari .PSD, hanya saja untuk format ini bisa digunakan untuk ukuran gambar yang lebih besar, yakni membutuhkan kapasitas lebih dari 2GB. Ini biasanya disebabkan banyaknya input gambar dengan tingkat detail tinggi yang masuk dalam satu format editing.
    • .PDD – Ini merupakan format .PSD yang cuman bisa digunakan untuk Photoshop Deluxe saja.
    Baca Juga :  Download CineFX Jahshaka Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    2. Layers

    Bisa dikatakan kalau fitur ini menjadi yang paling penting dalam sebuah aplikasi editor seperti Adobe Photoshop ini. Dikarenakan seluruh proses editing ini akan terpaku pada layers, yang mana kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti lapisan.

    Dalam ilmu Photoshop, layer ini merupakan lapisan-lapisan yang berguna untuk menempatkan suatu objek. Dimana pengguna bisa melakukan perubahan dengan bebas tanpa takut kehilangan format asli dari suatu gambar. Jadi bisa dibilang, editing foto disini cuman mengandalkan proses tempel menempel dengan meletakkan objek di tempat paling sesuai untuk hasilkan karya yang luar biasa.

    3. Warna

    Sudah sewajarnya sih ini, dimana aplikasi pengolah gambar juga harus menyertakan pilihan warna untuk diterapkan pada olahan gambar yang diproses tersebut untuk menciptakan hasil terbaik. Beberapa model warna yang bisa dipilih di Photoshop ini diantaranya yakni seperti RGB, CMYK, Grayscale, dan beberapa lainnya.

    4. Tools

    Selain beberapa alat di atas, ada beberapa tools yang membuat pengguna bisa memanfaatkan aplikasi editing ini dengan baik lagi, diantaranya yakni sebagai berikut:

    • Selection Tools – Berguna untuk menyeleksi objek yang terdiri dari beberapa tools seperti Move, Rectangular Marquee, Magic Wand, dan semacamnya
    • Crop & Slice Tools – Digunakan untuk memotong bagian objek, terdiri dari Crop Tools dan Slice Tools
    • Annotation, Measuring and Navigation Tools – Berguna memberikan catatan, mengukur, dan untuk navigasi. Ini terdiri dari beberapa tools seperti Eyedropper, Note, dan semacamnya
    • Painting Tools – Memberikan warna pada objek dengan tools seperti Paint Bucket, Gradient, Brush dan lainnya
    • Drawing and Type Tools – Untuk menggambar ataupun membuat teks disematkan dalam sebuah gambar dasar
    • Retouching Tools – Melakukan re-touch atau edit suatu gambar agar hasilnya lebih menarik
    Baca Juga :  Download Freemake Video Converter

    D. Kelebihan Adobe Photoshop

    1. Mampu menghasilkan gambar lebih memuaskan
    2. Memiliki fitur yang lengkap dan berkualitas
    3. Bisa membuat tulisan dengan efek sesuai keinginan, dan tampil beda daripada bentuk tulisan pada umumnya
    4. Dapat digunakan untuk desain ataupun edit gambar
    5. Bisa dimanfaatkan untuk mengolah materi web. Entah itu pemetaan dasar dari suatu website, iklan banner, atau bahkan hal-hal kecil seperti pengelolaan gambar yang ingin dijadikan sebagai feature image dalam sebuah web, bisa dikelola terlebih dahulu dengan aplikasi berikut
    6. Sudah tidak asing lagi, dan selalu menjadi andalan oleh beberapa kalangan
    7. Fasilitas editing yang lebih lengkap daripada lainnya
    8. Hasil rekayasa nampak seperti asli tanpa editan
    9. Mampu menciptakan efek yang lebih berkualitas, meski sebelumnya sudah terlalu banyak efek sekalipun
    10. Kompatibel dengan beberapa jenis format gambar

    E. Kekurangan Adobe Photoshop

    1. Butuh belajar cukup lama untuk mahir menguasai seluruh fitur yang ada dalam aplikasi pengolah gambar
    2. Layer hanya bisa dimengerti oleh si pembuat, dikarenakan kalau jumlahnya banyak sekali, tentu orang lain yang akan meneruskan kerjaan kalian ini akan cukup kebingungan. Meski sudah diberikan nama yang sesuai sekalipun, tetap harus membiasakan diri terlebih dahulu selama beberapa waktu untuk mempelajarinya
    3. Kurang sesuai dalam pembuatan majalah atau brosur, dikarenakan kurang handal dalam pembuatan paragraf dengan jumlah kata yang banyak
    4. Ukuran yang dibutuhkan terlalu besar juga, apalagi banyak layer yang diinput dalam project tertentu dengan kualitas tinggi. File penyimpanan yang dibutuhkan bisa sampai GB an
    5. Ketika digunakan untuk mencetak hasil, kertas yang dipakai relatif sulit
    6. Resource yang dibutuhkan cukup tinggi, sehingga tidak semua kalangan dapat menggunakan software berikut dengan lancar, karena batasan CPU, RAM, hingga VGA dan GPU yang dipakai

    – Download Adobe Photoshop for Windows

    Download Adobe PhotoshopDownload

    Kurang lebih seperti itulah pembahasan kali ini mengenai pengertian, fungsi, fitur, hingga kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Adobe Photoshop. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham tentang salah satu aplikasi unggulan dari Adobe System ini bukan?

    Previous articleDownload Speccy – Deteksi Spec PC Komputer
    Next articleDownload NetSpeed Monitor Windows PC Free