Download Adobe Media Encoder : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    Adobe Media Encoder

    Dalam membuat sebuah video, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan namanya rendering. Yakni sebuah proses untuk mengubah file video yang sudah kita edit sebelumnya, nantinya menjadi  sebuah bentuk file video baru yang bisa kita putar dengan menggunakan video player.

    Rendering merupakan proses akhir yang harus dilalui dalam pembuatan video. Berbeda dengan Save as yang menyimpan β€˜file mentah’ dan prosesnya cenderung singkat, kalau rendering ini bisa membutuhkan waktu yang lama, tergantung daripada durasi dan spek PC.

    Ada berbagai macam aplikasi yang bisa ditawarkan untuk melakukan editing video ataupun diserahkan untuk melakukan tindakan rendering secara massal, sehingga berbagai masalah yang dihadapi oleh pengguna bisa terselesaikan dengan lebih cepat, seperti Adobe Media Encoder ini misalnya.

    A. Pengertian Adobe Media Encoder

    Perusahaan Adobe ini memiliki sebuah aplikasi semacam encorder untuk memproses file video, nama aplikasi tersebut adalah Adobe Media Encoder. Adobe Media Encoder ini adalah sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk kompres hasil rendering video, dengan begini file video yang telah dirender bisa memiliki ukuran yang tidak terlalu besar nantinya.

    Selain itu, dengan Adobe Media Encoder ini anda pun juga dimudahkan dalam menentukan hasil rendering video yang di inginkan. Semua pengaturan yang anda butuhkan pun sudah tersedia didalam Adobe Media Encoder ini, jadi anda pun tidak perlu lagi mengotak-atik pengaturan video lainnya yang kurang anda pahami.

    Nah sebelum anda menggunakan Adobe Media Encoder ini, maka harus memasangnya terlebih dahulu didalam komputer/laptop. Biasanya aplikasi ini sudah satu paket dengan Adobe Master Collection, lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?

    B. Cara Merender Video dengan Adobe Media Encoder

    • Langkah pertama, pastikan jika video yang akan anda render sudah selesai di edit dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro
    • Jika sudah, selanjutnya silahkan anda klik menu File >> Export >> Media
    • Lalu, akan muncul sebuah jendela baru, dimana anda akan diminta melakukan pengaturan rendering pada file video tersebut. Nah pada bagian ini, silahkan anda langsung klik saja bagian β€˜Queue’
    • Setelah itu, Adobe Media Encoder ini bakalan terbuka secara otomatis
    • Setelah jendela Adobe Media Encoder ini muncul, maka silahkan anda pilih format video yang anda inginkan. Seperti contohnya untuk video dengan kualitas 720p serta untuk diposting di Youtube, silahkan anda pilih menu Web Video >> Youtube >> Youtube 720HD atau Youtube 1080 HD.
    • Lalu silahkan anda drag video yang baru dipilih barusan pada bagian kiri atau bagian video anda. Jika mengikuti contoh diatas tadi, maka format dibagian kiri akan berubah menjadi β€˜H.264 Youtube 720 HD’
    • Setelah itu, silahkan anda klik β€˜Start’ dan tunggu proses rendering ini sampai selesai
    Baca Juga :  Download Chromium Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Nah cukup mudah bukan cara menggunakan Adobe Media Encoder ini? Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda pun tidak perlu khawatir lagi dalam membuat video dengan ukuran besar nantinya.

    Sekedar kita ingatkan, jika dalam proses merender ini alangkah baiknya anda tidak mengoperasikan aplikasi apapun selain Adobe Media Encoder jika PC yang anda gunakan kelas low – mid end. Hal ini dimaksudkan agar nantinya proses rendering ini tidak akan terganggu, dan pekerjaan pun menjadi lebih cepat selesai nantinya.

    Namun jika PC atau laptop yang anda gunakan ini masih kedalam kategori high end, maka anda tidak masalah jika ingin membuak aplikasi lain, karena hal ini dikarenakan dalam proses rendering membutuhkan konsumsi memori yang cukup besar dari unit PC atau laptop anda, pasti akan menimbulkan sedikit lag nantinya.

    C. Masalah di Adobe Media Encoder dan Cara Mengatasinya

    1. Adobe Media Encoder Not Installed di After Effect

    Jika ada notifikasi diatas, itu artinya jika aplikasi tersebut tidak sedang terpasang. Dan ada beberapa orang yang menganggap jika program tersebut merupakan bawaan dari After Effect, padahal sebenarnya itu tidak.

    Nah jadi untuk mengatasi masalah ini, silahkan anda pasang terlebih dahulu program Adobe Media Encoder ini. Hal ini dikarenakan, program tersebut memang telah terpisah dengan After Effect, jadi anda perlu menginstallnya lagi. Namun aplikasi ini tidak gratis, tapi anda diberikan masa uji coba selama beberapa hari untuk bisa mencobanya. Dan jika tertarik, maka anda pun bisa membeli lisensi untuk bisa menggunakannya terus.

    2. Adobe Media Encoder Sudah Di Install Tapi Tetap Ada Notif Muncul ?

    Sama halnya dengan aplikasi lain, dimana kegagalan system pada sebuah aplikasi ini memang terkadang bisa datang secara tiba-tiba. Dan jika anda sudah menginstall Adobe Media Encoder namun notif tetap muncul, itu berarti Adobe After Effect tidak mendeteksi adanya Media Encorder yang terpasang.

    Baca Juga :  Download Tor Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Untuk mengatasi hal ini, silahkan install ulang aplikasi Adobe Media Encoder ini dan, pastikan anda menginstallnya pada Drive C di dalam computer anda. Setelah proses install ulang selesai, jangan lupa untuk merestart computer agar proses install selesai. Lalu silahkan anda coba untuk merender project yang anda kerjakan tadi di Adobe Media Encoder.

    3. Project Tidak Muncul Didalam Adobe Media Encoder

    Jika anda mengalami masalah ini, maka bersabarlah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, biasanya dalam proses merender ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memunculkan project kedalam daftar Queue. Batas waktu maksimalnya bisa sampai sekitar 3 menit, namun jika masih lebih dari waktu tersebut dan tidak muncul, berati bisa jadi ada kesalahan internal dalam program Adobe Media Encoder anda tadi.

    Untuk mempercepat waktu prosesnya, maka anda bisa membuka terlebih dahulu program Adobe Media Encoder ini secara manual sebelum anda menambahkan project kedalam daftar Queue. Sebagai tambahan untuk perangkat anda yang masih menggunakan HDD, ada baiknya anda melakukan upgrade ke SSD guna memaksimalkan kinerja perangkat saat menjalankan Adobe Media Encoder ini, sehingga tidak akan ada proses yang lama nantinya.

    4. Dynamic Link Server Tak Mau Terhubung

    Bisa jadi masalah ini sama halnya dengan kasus diatas tadi, dimana adanya kegagalan system yang harus segera diatasi.  Namun jika anda mengalami masalah ini, maka tidak perlu melakukan install ulang pada Adobe Media Encoder. Anda cukup membatalkan proses rendering, dan menghentikan seluruh program adobe yang kebetulan sedang berjalan. Tapi jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu project yang anda buat tadi.

    Untuk menghentikan program adobe yang sedang berjalan tadi, anda bisa menggunakan fitur Task Manager yang ada didalam PC atau laptop anda. Namun ada juga cara lain yang lebih mudah untuk anda lakukan, yakni dengan cara melakukan restart pada PC atau laptop anda, setelah itu silahkan anda coba jalankan proses render tadi.

    Baca Juga :  Download Sony Vegas Pro Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Dalam proses menghubungkan dynamic link server ini seharusnya bisa berjalan dengan sangat cepat asalkan project video yang akan anda render ini sudah muncul kedalam daftar queue. Maka dari itu, sangat penting untuk memunculkan video ini kedalam daftar queue sebelum melakukan eksekusi rendering.

    D. Kelebihan Adobe Media Encoder

    1. Cocok digunakan pada para pengguna Adobe Premiere pro
    2. Sangat mudah digunakan, karena beberapa menu yang ada didalamnya memiliki tampilan yang sederhana
    3. Kualitas rendering dari video sangat maksimal, sehingga pengguna pun tidak akan kecewa nantinya
    4. Aplikasi Adobe Media Encoder ini bisa jadi lebih efektif jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis untuk melakukan edit video
    5. Dapat melakukan rendering terhadap beberapa file edit video sekaligus, sehingga mempercepat proses dan bisa ditinggal dalam waktu lama

    E. Kelemahan Adobe Media Encoder

    1. Ukurannya yang cukup besar, membuat Adobe Media Encoder ini mengkonsumsi banyak memori dan harddisk pada PC atau laptop. Maka dari itu, dibutuhkan perangkat yang mumpuni agar bisa menjalankan aplikasi ini secara maksimal
    2. Dalam proses rendering, bisa ditinggal untuk buka aplikasi lainnya. Hal ini berlaku jika PC anda memiliki spesifikasi yang mumpuni. Tapi jika anda menggunakan PC yang standar, sebaiknya jangan mencoba menjalankan aplikasi lain jika tidak ingin proses rendering terganggu
    3. Adobe Media Encoder ini merupakan aplikasi berbayar, sehingga anda harus membayar sejumlah untuk bisa menggunakannya secara penuh dalam waktu yang lama

    – Download Adobe Media Encoder Last Version

    Download Adobe Media EncoderDownload
    Unduh Gratis Adobe Media Encoder Versi Terbaru

    Nah itu tadi sedikit ulasan tentang Adobe Media Encoder. Memang aplikasi ini sangat memudahkan anda yang bekerja dibidang editing video, jadi tidak ada salahnya membayar sejumlah uang untuk membeli lisensinya dari adobe nanti.

    Previous articleDownload UC Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru
    Next articleDownload Microsoft Edge Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru