Download Adobe Illustrator : Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan

    Adobe Illustrator

    Kalau membahas perangkat Laptop/ Komputer ini memang ada banyak sekali fungsinya, tergantung daripada setiap orang itu sendiri bagaimana meposisikan alat elektronik ini dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satu yang paling banyak yakni bisa digunakan untuk membuat desain grafis yang menakjubkan.

    Berbagai macam desain digital, kebanyakan dibuat oleh perangkat Komputer yang handal juga. Dimana perangkat tersebut juga membutuhkan beberapa aplikasi desain grafis yang memadai juga, kebanyakan menggunakan Adobe Illustrator. Ini merupakan salah satu software yang berasal dari Adobe System.

    Untuk kalian yang berkecimpung dalam bidang desainer atau mungkin gemar koleksi aplikasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Dikarenakan memang Ilustrator menjadi salah satu paling kaya fitur dan menjadi andalan karena kualitas hasil yang diberikan. Dan bagi kalian yang ingin mengetahui lebih terkait aplikasi ini, bisa simak pembahasan lengkap berikut.

    Pengertian Adobe Illustrator

    Adobe Illustrator ini merupakan sebuah program aplikasi editor desain grafis vektor yang telah dikembangkan dan diedarkan di pasaran oleh Adobe Systems dengan sukses. Para desainer grafis, tentu sudah tidak asing lagi dengan software satu ini dikarenakan memang tingkat popularitasnya yang sudah mendunia.

    Untuk program ini telah terkenal di kalangan desainer grafis, apalagi kalangan profesional. Hal itu dikarenakan warna dari hasil file output yang ditawarkan ini luar biasa banget memang. Perangkat lunak berikut mampu menampilkan parameter warna cetak CMYK pada layar monitor RGB dengan baik, bahkan hampir 100% presisi dengan hasil cetaknya.

    Sedangkan untuk aplikasi vektor lain pada umumnya, para desainer perlu melakukan konfigurasi manajemen warna terhadap monitor yang mereka gunakan terlebih dahulu untuk menghasilkan tampilan warna CMYK yang pas, dan hampir presisi dengan hasil cetakannya.

    Dan bagi kalian yang belum mengerti dengan vektor, ini memiliki tampilan yang berbeda daripada gambar biasa. Dikarenakan untuk vektor ini merupakan jenis gambar yang mana kalau kita melakukan perbesaran alias zoom, maka hasilnya tidak akan pecah dan tetap dalam kondisi aslinya.

    Jika ingin mencobanya, bisa kalian gunakan aplikasi editing tertentu, dan melakukan perbesaran minimal 10x untuk mengetahui hasilnya. Kalian dapat membandingkannya dengan hasil gambar biasa untuk mengetahui perbedaan antara vektor dengan gambar biasa.

    Baca Juga :  Download Droid4X : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Dikarenakan hasil gambar yang tidak bisa pecah inilah, menjadikan software berikut menjadi tujuan utama yang bisa membantu para desainer grafis maupun ilustrator, dalam menciptakan sebuah karya dalam bentuk digital dengan hasil yang maksimal. Ditampilkan dalam mode layar ukuran berapapun, hasil yang didapatkan akan tetap sama saja.

    Fungsi Adobe Illustrator

    Dari segi pandang desainer grafis ini untuk Illustrator bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan berbagai macam produk desain grafis yang diminta oleh para client. Illustrator sendiri sering digunakan untuk keperluan desain iklan produk, politik, perusahaan, jasa, dan masih banyak lagi lainnya dengan lebih efektif. Walaupun terkadang ada beberapa kalangan juga yang masih mengandalkan Adobe Photoshop sebagai alat utamanya.

    Dan illustrator sekarang ini juga telah mendukung dalam membuat objek serta komponen animasi flash, sehingga lebih banyak karya yang dapat dihasilkan. Itu dikarenakan sejak Flash diakuisisi oleh Adobe Systems, sehingga perangkat lunak ini juga dapat terintegrasi dengan mudah dengan program Illustrator. Berkat adanya integrasi ini, menjadikan objek vektor berkualitas ini bisa diberikan efek animasi dengan tools pada flash.

    Untuk setiap aplikasi yang ada dalam paket pemasangan Adobe Creative Suite ini telah diberikan akses interaksi dengan aplikasi lainnya. Misalnya saja seperti Photoshop ataupun InDesign. Dan untuk cara interaksinya sendiri pengguna cukup melalui tombol shortcut yang diletakkan pada menu edit.

    Sebagai contoh interaksi menu edit, yakni panel pengelola tautan gambar yang ada dalam aplikasi InDesign. Dimana ketika salah satu gambar pada panel Link ini di klik kanan, maka nantinya akan muncul pada salah satu baris di menu perintahnya Edit with, serta muncul sederet nama aplikasi eksternal yang bisa melakukan perubahan terhadap file tersebut.

    Kemudian pada desain grafis khususnya untuk bagian digital imaging ini ada teknik menggambar digital, yang dikenal dengan istilah tracing dan WPAP (Wedha’s Pop Art Portrait). Software pengolah gambar ini juga memiliki alat untuk tracing yang bernama Live Trace, dimana memungkinkan pengguna lebih mudah melakukan tracing meski tidak seluruh gambar dapat langsung di trace dengan baik, akan tetapi setidaknya alat ini cukup membantu.

    Sedangkan untuk desain grafis yang dicetak, Illustrator ini sangat berguna untuk menghasilkan bentuk-bentuk bangun geometris, kurva, pola/pattern, background, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk bagian desain grafis web juga, desainer dapat memanfaatkan Illustrator untuk menciptakan gambar yang menarik.

    Bukan cuman itu, admin sosial media terkadang juga melakukan perubahan terlebih dahulu dengan Adobe Illustrator untuk menciptakan hasil gambar yang sempurna, dan menarik perhatian dari pengguna lainnya. Frame, tema, dan juga background terasa halus, sehingga wajar saja kalu banyak diandalkan.

    Baca Juga :  Download Kaspersky Antivirus Windows

    Fitur Adobe Illustrator

    Pada bagian sisi kiri jendela aplikasi terdapat sidebar yang disebut Panel Tools, dimana disana ada banyak alat untuk menyeleksi, membuat, dan melakukan manipulasi terhadap objek terpilih yang telah dimasukkan dalam Artboard. Dan sebagai pengguna, jelas harus paham dari setiap alat yang tersedia tersebut, agar bisa menghasilkan karya yang menarik.

    1. Toolbox (Tools)

    Secara default, bagian ini akan diletakkan di sidebar sebelah kiri, dimana dalam bagian berikut ada peralatan yang sering kali digunakan oleh pengguna. Ada sekitar 50 lebih alat yang bisa dipakai, dan beberapa diantaranya juga tersembunyi.

    2. Color Palette

    Untuk alat berikut dimanfaatkan sebagai menentukan warna Fill (isi) dan Stroke (garis). Yang mana color palette ini bakal menampilkan parameter yang berbeda, tergantung apakah pengguna menginginkan tampilan RGB atau CMYK.

    3. Transparency Palette

    Dimana ini bermanfaat untuk mengubah Blending mode dan juga Opacity pada bagian objek secara individual, grup maupun layer. Ada beberapa opsi lebih spesifik yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memilih bagian lebih khusus.

    4. Stroke Palette

    Alat ini bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengatur ketebalan garis pada bagian objek vektor. Ini bisa diterapkan untuk beberapa garis tertentu ataupun secara keseluruhan.

    5. Gradient Palette

    Ini membantu pengguna untuk mengatur gradasi warna dari sebuah objek vektor yang terpilih. Dimana secara default alat ini akan berada pada warna hitam dan putih.

    6. Layers Palette

    Untuk alat berikut sudah tidak asing lagi bagi desainer, dikarenakan memang ini merupakan bagian paling dasar yang diterapkan oleh Adobe Systems pada seluruh aplikasi pengolah gambarnya, salah satunya yang paling ternama yakni Photoshop.

    Beda Adobe Illustrator dengan Photoshop

    Kedua aplikasi ini sering kali disamakan, namun sebenarnya jelas sekali perbedaan dan penggunaannya untuk apa. Dari kesimpulan penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa Illustrator ini lebih cocok untuk digunakan membuat desain gambar tertentu yang diunggah ke website, pembuatan banner, atau gambar animasi dengan tingkat detail tinggi. Sehingga saat ukurannya diperbesar tidak akan pecah hasilnya.

    Beda dengan Adobe Photoshop yang mungkin memang bisa menciptakan karya manipulasi dan efek animasi luar biasa. Namun tingkat detail gambar tidak begitu bisa dirasakan, sehingga kurang rekomendasi kalau diperbesar.

    Baca Juga :  Download K-Lite Codec Pack Windows PC Free Gratis

    Kelebihan Adobe Illustrator

    1. Memiliki fitur gabungan dari Photoshop dan Coreldraw dengan sajian tampilan yang sederhana
    2. Tingkat detail sangat tinggi
    3. Cocok untuk digunakan membuat ilustrasi, logo, vektor image yang lain
    4. Garis bisa terlihat lebih jelas dengan dibantu guide rules
    5. Mampu load file di atas 50MB dengan baik
    6. Hasil cetakan resolusi tinggi sekalipun bukan jadi persoalan
    7. Menyajikan warna yang lengkap dan halus
    8. Ukuran save file tidak terlalu besar meski hasil yang didapat luar biasa
    9. Memiliki integrasi dengan aplikasi Adobe Systems yang lainnya

    Kekurangan Adobe Illustrator

    1. Meski sudah sederhana, layout Illustrator masih dirasa cukup ribet dalam penggunaan sebenarnya
    2. Hasil terlihat datar kalau pengguna tidak melakukan pengolahan dengan baik
    3. Gambar tidak bisa terlihat realistis seperti saudaranya
    4. Tidak terlalu baik dalam penggunaan fitur power clip

    Cara Menggunakan Adobe Illustrator

    • Pertama kalian harus memiliki gambarannya terlebih dahulu, seperti apakah animasi atau gambar yang akan kalian buat nantinya
    • Kemudian masuk ke aplikasi Adobe Illustrator yang terpasang di Komputer/ Laptop kalian
    • Pilih opsi New atau kalian bisa langsung ctrl+N untuk membuat halaman project baru
    • Pada bagian new document, kalian bisa klik opsi A4 dan sematkan nama file untitled-1 atau bisa ubah nama sesuai dengan keinginan, dan klik create
    • Kemudian buka file dari hasil jepretan gambar fisik yang sudah kalian buat sebelumnya
    • setelah tersematkan pada lembar kerja, kalian klik β€œPen Tool”, dimana ini kalian bisa tinggal mengikuti garis yang ada di gambaran kalian tadi
    • pilih Stroke atau X pada keyboard untuk mengatur pen tool biar lebih terarah.
      Dan kalau menginginkan garis di bagian dalam yang berwarna, maka stroke yang ada di bagian bawah ini kalian klik hingga muncul garis merah.
      Jika cuman garis luar saja, maka stroke yang atas di klik hingga muncul garis merah
    • Setelah itu kalian bisa pilih color picker atau di shortcut bisa langsung klik β€œI” saja
    • Dan setelah semua proses selesai, maka kalian bisa simpan deh hasil tersebut untuk dijadikan dalam format PNG atau JPEG, sesuai dengan keinginan

    – Download Adobe Illustrator Last Version

    Download Adobe Illustrator (Free)Download
    Download Adobe Illustrator (Full Version)Download
    Unduh Gratis Adobe Illustrator Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, kelebihan dan kekurangan hingga cara menggunakan Adobe Illustrator Windows PC Laptop yang bisa kalian ketahui dan pelajari lebih lanjut. Untuk hasil gambar yang memuaskan dari segi visual, memang aplikasi ini bisa menjadi andalan banget.

    Previous articleDownload GPU-Z Windows PC Free
    Next articleDownload Adobe Premiere : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan