Adobe Flash Player: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    Adobe Flash Player

    Untuk perangkat Desktop akan terasa lebih gampang, mudah dipelajari dan cepat dimengerti kalau ada tampilan dan gambar-gambar bergerak yang bisa didapatkan oleh pengguna. Akan tetapi terlepas dari itu, ada kalanya dimana kita memikirkan untuk menciptakan sebuah video animasi dengan jalan cerita dan aksi-aksi berdasarkan keinginan kita sendiri, rasanya seru untuk dilakukan.

    Apalagi seorang anak yang kreatif tentu ini bisa dikembangkan lagi dan diusung dalam dunia digital dimana memiliki cakupan yang sangat luas. Dan untuk membantu menciptakan video-video animasi keren dan lucu, maka kalian membutuhkan beberapa bantuan aplikasi seperti Adobe Flash Player salah satu yang paling diandalkan oleh banyak kalangan.

    Bukan cuman pembuatan animasi gambar saja, melainkan menciptakan video dan juga file presentasi dengan baik, bisa juga menggunakan software berikut. Mungkin beberapa dari kalian masih belum mengetahui apakah itu Adobe Flash Player. Untuk itu, bisa simak keterangannya lebih lanjut dalam pembahasan sebagai berikut.

    A. Pengertian Adobe Flash

    Penting untuk diketahui bahwa Adobe Flash ini awalnya tidak dikenal demikian, melainkan cenderung lebih disebut sebagai Macromedia Flash. Ini merupakan sebuah perangkat lunak Komputer yang merupakan produk unggulan milik Adobe System, dimana ini dimanfaatkan untuk membuat gambar vektor ataupun menciptakan animasi gambar.

    Berkas yang dihasilkan dari proyek pembuatan menggunakan Adobe Flash ini nantinya akan memiliki format swf, dan bisa diputar melalui peramban web yang telah terpasangi Adobe Flash Player. Dan untuk Flash ini sendiri merupakan salah satu program yang dimanfaatkan untuk membuat animasi yang sangat handal dibandingkan dengan program lainnya, itu dikarenakan dalam hal ukuran file dari hasil animasinya sendiri lebih kecil, sehingga menghemat ruang dan kecepatan transfer data ketika mau diunggah atau dipindahkan.

    Biasanya, untuk hasil animasi Flash yang banyak digunakan untuk membuat sebuah web supaya tampilannya ini menjadi lebih interaktif. Sedangkan Flash sendiri memanfaatkan bahasa pemrograman bernama Action Script, yang mana ini telah muncul pertama kalinya pada Flash 5.

    Baca Juga :  Download YouWave : Pengertian, Fitur, Cara, Kelebihan dan Kekurangan

    Untuk Adobe Flash ini sendiri merupakan program yang telah mengalami penyesuaian desain secara khusus oleh Adobe untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan juga dinamis, sehingga sangat cocok untuk pembuatan animasi dan bitmap yang sangat menarik.

    Flash ini sendiri di desain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan guna membangun dan menciptakan efek animasi pada sebuah website, CD Interaktif dan lain sebagainya. Selain itu, fungsinya sendiri lebih kompleks, karena dapat menciptakan beberapa hal seru lainnya juga.

    Misalnya saja ketika kalian ingin menciptakan logo ataupun game sederhana, maka bisa juga memanfaatkan aplikasi ini untuk membuatnya, dan menggunakan Adobe Flash Player untuk memutarnya. Kemudian bisa juga menciptakan movie, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, dan pembuatan aplikasi web lainnya.

    Akan tetapi sekarang ini Flash bukan sekedar software saja, melainkan sudah menjadi teknologi animasi di web. Dengan demikian, untuk format Flash SWF ini sendiri juga tidak perlu dibuka menggunakan Adobe Flash Player, melainkan juga bisa dibuka dengan software lainnya seperti SwishMax, Swift 3D, Amara, Vecta 3D Moves, dan masih banyak lagi lainnya.

    B. Fungsi Adobe Flash

    • Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membuat logo, banner, movie, game, navigasi pada website, menu interaktif, screen server, interaktif form, e-card, dan beberapa hal lainnya
    • Bisa digunakan untuk memutar video dengan format umum juga
    • Menggunakan Adobe Flash Player, maka kita harus memiliki yahoomail, Facebook, dan beberapa akun sosial media lainnya untuk proses penautan
    • Mampu menampilkan video live streaming
    • Mengunduh video dari YouTube juga bisa
    • Mengunggah foto di Facebook juga sangat memungkinkan menggunakan flash player

    C. Kelebihan Adobe Flash

    1. Paling populer

    Tidak bisa dipungkiri lagi kalau memang Adobe Flash Player ini merupakan yang paling populer sampai sekarang ini, karena dengan kemampuannya yang banyak untuk berbagai macam hal, dan mudah untuk melakukan pemasangan. Menjadikan aplikasi ini juga menjadi andalan banyak kalangan.

    Baca Juga :  Download Davinci Resolve Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Terlebih untuk konten-konten yang ditawarkan menggunakan Adobe Flash ini juga seru untuk dinikmati, sehingga menjadikan pengguna bisa betah dan berlama-lama dalam memakainya. Itu tidak lain, karena developer profesional juga pada mengandalkan software berikut.

    2. Ukuran File

    Terkadang untuk menciptakan file video atau animasi yang keren, membutuhkan kapasitas yang besar untuk menyimpannya. Akan tetapi ini tidak berlaku bagi Adobe Flash yang bisa menawarkan kapasitas minimum banget, namun dengan kualitas yang masih tetap mengagumkan untuk dinikmati kembali.

    3. Tidak Terlalu Berat

    Rata-rata pemutaran ini membutuhkan resource yang cukup tinggi untuk menikmatinya dengan lancar, akan tetapi terkadang kualitas dan penggunaan software juga berpengaruh terhadap kebutuhan resource untuk menjalankannya.

    Bagi pengguna Adobe Flash Player ini tidak perlu khawatir, dikarenakan spesifikasi Desktop yang dibutuhkan untuk memutar file tersebut tidaklah berat, sehingga pengguna tetap bisa melakukan multi-tasking dengan lancar tanpa terganggu.

    4. Banyak Hal Bisa Dibuatnya

    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dimana bukan cuman sebagai pembantu pemutar media di website saja, melainkan Adobe Flash ini memiliki banyak kegunaan dan bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal lain. Diantaranya yakni seperti kartu elektronik, iklan TV, animasi web, animasi kartun, banner web, permainan, aplikasi web dan handphone, presentasi interaktif, dan masih banyak lagi lainnya.

    5. Bisa Ditampilkan di Berbagai Media

    Bukan cuman di web saja melalui aplikasi browser Desktop, melainkan untuk adobe flash seperti ini juga dapat ditampilkan di berbagai media lain seperti CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone, dan juga PDA.

    6. Punya Action Script

    Dengan adanya Action Script ini, memungkinkan Adobe Flash bisa digunakan untuk menciptakan animasi dengan menggunakan kode, sehingga ini dapat membantu pengguna dalam menekan kapasitas file hasil akhir karya nantinya.

    Melalui actionscript ini nantinya, Flash juga bisa digunakan untuk membuat game, lantaran script ini juga akan menyimpan variable dan nilai, melakukan perhitungan, dan lain sebagainya. Dimana ini bermanfaatkan dalam sebuah game. Sedangkan flash sendiri merupakan program berbasis vektor, sehingga cocok untuk masalah demikian.

    D. Kekurangan Adobe Flash

    Memang sih ada cukup banyak kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Flash, akan tetapi itu juga berlaku untuk kekurangannya yang masih cukup banyak pula. Beberapa diantaranya kelemahan yang perlu dipertimbangkan yakni seperti:

    1. Grafisnya kurang lengkap.
    2. Lambat login.
    3. Kurang Simpel.
    4. Menunya tidak user friendly.
    5. Perlu banyak referensi tutorial.
    6. Kurang dalam 3D. Pembuatan animasi 3D cukup sulit.
    7. Bahasanya pemrogramannya agak susah.
    8. Belum ada template di dalamnya.
    Baca Juga :  Download AVS Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    E. Cara Menggunakan Adobe Flash Player

    1. Memberikan Izin

    Jangan memberikan izin terhadap seluruh situs yang memang membutuhkan flash player, dikarenakan ini malah bisa beresiko untuk keamanan perangkat kalian. Cuman berikan izin pada situs yang benar-benar kalian percayai saja.

    Ketika kalian menggunakan Chrome, maka Flash ini tidak akan tersimpan, sehingga ketika kalian keluar atau menutup aplikasi ini, maka ketika membukanya kembali akan dilakukan reset dan kalian harus memberikan persetujuan lagi.

    Untuk memberikan izin ini sangatlah mudah, dimana pengguna ketika membuka halaman yang dipercayai dengan konten flash, klik bagian tersebut untuk mengaktifkan Adobe Flash Player. Setelah itu kasih izin dalam pop-up yang muncul.

    2. Situs Memerlukan Flash Agar Bisa Berfungsi

    Beberapa situs terkadang malah tidak dapat berfungsi sama sekali ketika tidak ada izin Adobe Flash Player. Dan kalian bisa mengaktifkannya dengan cara:

    • Pada sebelah kiri alamat web, ada ikon kunci atau klik ikon info juga tidak masalah
    • Lalu, bawahnya ada setelan situs, klik tombol tersebut
    • Dan pada bagian tab baru, di sebelah kanan Flash ada panah kebawah, berikutnya izinkan
    • Kembali ke laman dan muat ulang

    3. Perbaiki masalah Adobe Flash

    Kalau kalian memiliki Adobe Flash Player, akan tetapi tidak bisa berfungsi dengan baik dan ada pesan error. Berikut beberapa teknik memecahkan masalah tersebut:

    • Adobe Flash telah diblokir karena tidak melakukan pembaruan
    • Tidak bisa memuat plug in
    • Plug in diblokir pada halaman tersebut
    • Plug in tidak didukung

    – Free Download Adobe Flash Player Windows

    Download Adobe Flash PlayerDownload
    Unduh Gratis Adobe Flash Player Versi Terbaru

    Itulah berbagai macam pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan, hingga cara menggunakan Adobe Flash Player yang bisa kalian pahami dan pelajari untuk mengetahui lebih jauh terkait pembuatan animasi dan juga pemutarnya tersebut.

    Previous articleFree Download CCleaner Windows PC
    Next articleDownload HandBrake Video Converter – Compress Size