Download Adobe After Effects : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Free Download Adobe After Effect Last Version for Windows Linux MacOS PC Laptop Komputer Gratis Unduh Versi Terbaru

    Adobe Systems merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Mereka ini menjadi salah satu developer yang memang begitu membantu sekali para kreatif dalam menyelesaikan pekerjaannya, mulai dari grafis, animasi, hingga konten video yang memiliki beragam efek menarik.

    Perusahaan Adobe ini memiliki banyak sekali aplikasi yang sudah membantu pekerjaan banyak orang, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe Ligthroom, hingga Adobe After Effects yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing.

    Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi tersebut, entah itu sekedar tau dari orang lain atau mungkin pernah mencobanya untuk melakukan sesuatu. Nah, dalam kesempatan berikut akan disampaikan mengenai Adobe After Effects, yang berperan dalam editing video.

    A. Pengertian Adobe After Effects

    Perlu diketahui bahwasanya aplikasi Adobe After Effects ini secara garis besar memang sama dengan Premiere sebagai editing video, hanya saja ada beberapa fungsi yang berbeda dengan saudaranya itu. Aplikasi ini menawarkan fungsi prosesing gambar digital grafik gerak.

    Untuk Adobe After Effects ini ditujukan untuk pengeditan video dalam tingkat lanjut, dimana membutuhkan lebih banyak sekali fitur dan kemampuan didalamnya untuk membuat konten lebih menarik dan menjual lagi nantinya.

    Adobe After Effects ini sebelumnya adalah aplikasi yang dikerjakan oleh Macromedia, setelah itu diakuisisi oleh perusahaan Adobe dan menjadi bagian dari aplikasi grafis miliknya. Setelah itu oleh Adobe mengembangkan lagi dan menyempurnakan aplikasi tersebut lali diberikan nama sebagai Adobe After Effects.

    Adobe After Effects ini merupakan aplikasi yang cukup kuat di kelasnya, dimana mereka menyelipkan banyak sekali efek-efek keren dan siap untuk diaplikasikan oleh para pengguna. Adobe After Effect ini memiliki kemampuan untuk  mengubah animasi melalui objek. Selain itu, aplikasi ini juga sudah didukung dengan scripting dan ekspresi dukungan guna mendapatkan animasi yang lebih dinamis nantinya.

    B. Fitur Adobe After Effect

    1. Resolution

    Fitur ini berguna untuk menentukan hasil gambar yang akan dikerjakan nantinya. Didalam fitur ini terdapat beberapa pilihan yang bisa anda gunakan, mulai dari Full, Hals, Third, Quarter, serta Custom.

    2. Frame Rate

    Perhitungan frame per second dalam pembuatan sebuah video di Adobe After Effect agar terlihat lebih jelas seberapa halus laju video yang dibuat.

    Baca Juga :  Download WPS Office : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    3. Preset

    Fitur ini adalah ukuran yang baka digunakan pada project yang sedang anda kerjakan, jika anda memilih preset maka akan mempengaruhi β€œWidth And Height” secara otomatis, dan bakalan muncul sesuai yang anda pilih.

    4. Start Time Code

    jika anda mengakses file video dengan menulis 0.00.01.00, maka nantinya pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.

    5. Opacity

    Fitur ini berguna untuk mengatur image menjadi transparan, mungkin untuk masalah tindih menindih ini dapat kalian atur opacity guna mengatur tampilannya.

    6. Scala

    Fitur ini berguna untuk memperbesar atau mengecilkan image, agar tampilan gambar bisa terlihat dengan lebih jelas lagi.

    7. Position

    Fitur ini berguna untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah agar tepat dari perkiraan awal.

    8. Anchor Point

    Fitur Adobe After Effect selanjutnya ini berguna untuk menggeser image tetapi tidak berjalan, sehingga posisi gambar bisa lebih pas.

    9. Rotation

    Jika kalian masih kurang sesuai dengan posisi daripada gambar tersebut, maka kalian bisa pakai Rotation untuk posisikan image dalam project berputar sesuai keinginan anda.

    10. Duration

    Fungsi dari fitur berikut bisa dimanfaatkan untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan.

    C. Kelebihan Adobe After Effect

    1. Memiliki Dukungan Efek yang Sangat Melimpah

    Sejalan dengan namanya ya, jika kunci penting yang dimiliki oleh Adobe After Effect ini adalah banyak sekali efek video yang sangat keren dan mungkin tidak akan anda dapatkan dari aplikasi lain.  Ada banyak sekali efek yang sudah siap pakai, lalu siap diproses untuk diterapkan pada video atau grafis yang sedang anda kerjakan.

    2. Memiliki Dukungan Native untuk Arsitektur CPU 64-Bit

    Yang tidak kalah kerennya lagi, Adobe After Effect ini juga mendukung pada basis prosesor 64-bit, dimana hal ini akan membuat aplikasi bisa berjalan dengan lebih cepat, responsive, serta mendukung computer yang mendukung kapasitas RAM lebih besar.

    Dengan kelebihannya tersebut, maka tidak heran jika banyak sekali orang yang bekerja dibagian seni grafis mengandalkan Adobe After Effect ini mempercantik konten visual miliknya. Dimana mereka bisa bekerja secara professional dengan hasil yang sangat memuaskan.

    3. Memiliki Dukungan Keyframe dan Scripting

    Keyframe merupakan fitur utama dalam sebuah animasi dan video, sementara untuk Scripting ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa membuat erakan dinamis dari pemicu animasi serta event-driven yang terdapat didalam animasi maupun video dijalankan saat runtime.

    Tentu ini menjadi salah satu keunggulan dari Adobe After Effect, sehingga kita tidak hanya bisa membuat video dengan efek grafik bergerak yang bagus saja, namun juga video tersebut juga dinamis karena telah didukung dengan fitur Scripting tadi. Maka dari itu, untuk bekerja menggunakan Adobe After Effect ini anda diharuskan memiliki pemahaman dasar mengenai pemrograman serta algortima terlebih dahulu.

    Baca Juga :  Download Speccy - Deteksi Spec PC Komputer

    4. Populer Dikalangan Profesional untuk Β Aplikasi Edit Video

    Adobe After Effect ini merupakan aplikasi yang berskala besar dan telah digunakan oleh banyak para professional di seluruh dunia. Dimana aplikasi banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan animasi, mengedit film, menambahkan efek grafis gerak sederhana ke kompleks, serta pelatihan media melalui alat visual audio yang bisa dijalankan oleh Adobe After Effect ini. Tentu hal ini membuktikan kredibilitas dari aplikasi tersebut sebagai software edit video yang sangat menjanjikan dalam industry perangkat lunak besar sekarang ini.

    5. Bisa Melakukan Konversi file Vektor ke Shape

    Keuntungan lain menggunakan Adobe After Effect ini adalah, karena aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk membuat file dalam bentuk Vektor dengan import file yang akan dimuat kedalam workshape. Untuk vector yang akan diketahui ini merupakan jenis grafis yang memakai titik koordinat sebagai unit terkecil yang bisa membentuk garis bantu gambar.

    6. Menjaga Kualitas Gambar

    Dan yang tak kalah pentingnya, dimana Adobe After Effect ini bisa menjaga kualitas grafis video yang diedit tadi tetap halus dan presisi ketika dikompres, dengan begini untuk rasio kompresi serta kualitasnya pun seimbang. Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah bagi perusahaan aplikasi, mengingat fitur kompresi ini pada umumnya bakal mengurangi detail grafis tekstur sebuah file sehingga hasilnya tidak semulus pada saat dikerjakan atau file aslinya.

    D. Kekurangan Adobe After Effect

    1. Butuh Waktu Lama Untuk Belajar

    Karena kerumitan serta banyak efek yang tersedia pada aplikasi ini, maka membuat para pengguna Adobe After Effect membutuhkan waktu yang lama untuk belajar menggunakannya. Dukungan Scripting plus membuat kita harus memiliki waktu lebih untuk belajar berbagai konsep pemrograman skrip ini di Adobe After Effect jika anda menggunakannya.

    2. Membutuhkan Ketelitian Dalam Penggunaannya

    Untuk melakukan pengeditan video d Adobe After Effect ini dibutuhkan ketelitian yang sangat komplek untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai fitur teknis, pemilihan, keyframing, dan lain sebagainya ini membutuhkan keterampilan teknis dalam operasi guna mendapatkan hasil video yang maksimal. Jadi bagi anda yang tidak benar-benar mood untuk mengerjakan editing video, sebaiknya jangan membuka aplikasi ini jika tidak ingin dibuat pusing olehnya.

    Baca Juga :  Download Any Video Converter Free

    3. Membutuhkan PC Spesifikasi Dewa

    Tak bisa dipungkiri, jika Adobe dalam membuat sebuah aplikasi ini tidak setengah-setengah, dimana mereka pasti akan menciptakan aplikasi dengan full fitur. Maka tidak heran, jika anda ingin menggunakan Adobe After Effect ini membutuhkan PC atau laptop dengan spesifikasi dewa, khususnya pada sektor CPU dan RAM.

    Hal ini dikarenakan, kedua komponen tersebut yang bakalan bekerja keras untuk membuat kinerja dari Adobe After Effect ini bisa berjalan lancar ketika digunakan nantinya. Namun jika anda memaksa perangkat yang low-end untuk menjalankan Adobe After Effect ini, maka bisa nanti ditengah pekerjaan bakal terjadi crash dan Freeze, dan hal inilah yang paling ditakutkan oleh para pengedit video karena bisa saja hasil pekerjaan mereka hilang nantinya.

    4. Adobe After Effect Bukan Program Animasi 3D

    Perlu ditegaskan lagi ya, jika Adobe After Effect ini bukanlah sebuah aplikasi animasi yang berbasis 3D. Dengan begini, maka berbagai fungsi animasi 3D tidak akan anda temukan didalam aplikasi milik Adobe ini. Hal ini menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki Adobe After Effect, dimana aplikasi berbasis Open Source seperti Blender sudah menerapkan fitur 3D didalamnya, meskipun untuk fitur maupun kinerjanya bisa dikatakan belum bisa mengalahkan aplikasi Adobe After Effect secara keseluruhan.

    5. Fungsi Rendering Teks Kurang Optimal

    Salah satu kekurangan dari Adobe After Effect yang cukup disayangkan ini adalah fungsi penanganan teks serta pemformatan yang masih belum optimal. Hal ini dikarenakan, aplikasi Adobe After Effect ini memiliki basis atau menerapkan fungsi rendering teks serta aplikasi pengolah kata. Tapi belakangan ini sejak versi terakhir dan pembaruan versi sindikasi, untuk aplikasi Adobe After Effect sudah bisa mengatasi masalah perenderan teks dengan lebih baik.

    6. Tidak Mendukung OS Linux

    Meskipun pengguna OS Linux ini tidak sebanyak Windows, namun mereka tidak bisa diabaikan begitu saja. Nah sayangnya Adobe selaku pemilik lisensi tidak memberikan Linux izin untuk bisa menjalankan Adobe After Effect ini. Maka dari itu, banyak sekali yang menyayangkannya dan membuat para pengguna OS Linux harus gigit jari karena tidak bisa menjalankan aplikasi sekeren ini.

    – Free Download Adobe After Effect Last Version

    Adobe After Effect FreeDownload
    Unduh Gratis Adobe After Effect Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah  sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang Adobe After Effect, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya.

    Previous articleDownload Tor Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru
    Next articleDownload Internet Explorer Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru