Home Download ABBYY : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Download ABBYY : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    ABBYY

    Perangkat keras seperti Laptop ataupun Komputer hanyalah gabungan komponen elektronik yang tidak berguna kalau tanpa dilengkapi dengan sebuah aplikasi. Hardware bisa berjalan dan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kalau ada aplikasi yang sesuai juga terpasang di dalam perangkat tersebut.

    Oleh karenanya, banyak sekali jenis aplikasi yang ditawarkan oleh para developer di luar sana. Bahkan untuk menjalankan perintah atau fungsi sama, ada beberapa jenis aplikasi yang bisa kalian pilih. Seperti misalnya pengelolaan dokumen, dimana ini cenderung terhadap Microsoft Office kalau masalah perkantoran.

    Namun bisa dikatakan fungsinya sendiri cuman sebagai pembuat dan pengelolaan saja, ada beberapa fungsi yang tidak dapat dilakukannya. Oleh karena itu aplikasi seperti ABBYY seperti ini bisa dikombinasikan untuk mendapatkan fungsi lebih beragam. Sehingga kalian bisa lebih mudah dan semakin banyak kebutuhan yang dapat terpenuhi oleh Laptop/ Komputer kalian.

    A. Pengertian ABBYY

    Bisa dikatakan ABBYY sendiri merupakan platform yang dapat melakukan beberapa hal melalui 3 produk unggulannya. Akan tetapi yang paling terkenal yakni ABBYY FineReader dimana ini memungkinkan pengguna mengubah tulisan fisik menjadi digital dalam format bukan foto.

    Jadi aplikasi ini akan memanfaatkan teknologi pengenalan karakter optik atau biasa dikenal dengan OCR, yang mana teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan pemindaian terhadap kertas atau tulisan dalam benda lainnya dengan jelas, dan mengubahnya menjadi tulisan digital dalam format seperti Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint, Rich Text Format, HTML, PDF/ A, PDF, CSC, hingga txt.

    Untuk jenis bahasa yang bisa dikenali oleh ABBYY ini sendiri terbilang banyak, dimana ada lebih dari 192 bahasa yang dapat dikenali oleh teknologi OCR dari aplikasi tersebut. Kemudian juga memiliki pemeriksaan ejaan built-in untuk 48 bahasa, yang memungkinkan pengguna bisa melakukan pemindaian lebih maksimal dengan penulisan yang tepat.

    Dikarenakan kemampuannya, sekarang ini sudah ada lebih dari 20 juta pengguna ABBYY FineReader di seluruh Dunia. Dan berdasarkan pengenalan karakter optik FineReader, ABBYY telah berhasil melisensikan teknologi ini ke beberapa perusahaan, diantaranya yakni seperti Fujitsu, Panasonic, Xerox, Samsung, dan sederet brand ternama lainnya.

    Baca Juga :  Download Smadav Windows PC

    B. Fitur ABBYY

    1. OCR Scanning

    Ini merupakan kemampuan utama yang dimiliki oleh ABBYY FineReader Engine dan banyak digunakan oleh umum. Biasanya ini membantu para pengguna untuk melakukan pengubahan dari teks fisik ke format digital. Menggunakan tulisan hasil printing ataupun tulisan tangan dengan gaya dan bentuk penulisan yang jelas akan bisa dikenali dengan baik oleh aplikasi berikut.

    Akan tetapi kalau memang dibaca dengan kasat mata saja sudah sulit, maka akan menjadikan mesin pemindaian ini juga tidak akan mudah bahkan gagal melakukan digitalisasi terhadap tulisan tersebut. Salah satunya yakni seperti tulisan dokter yang terkenal akan kesulitannya untuk dibaca, dan hanya para apoteker yang mengerti terhadap gaya tulisan seperti itu.

    2. ICR Scanning

    Untuk proses scanning berikut kurang lebih sama seperti OCR, dimana mengubah tulisan yang ada pada benda nyata ke dalam digital. Hanya saja jenisnya yang berbeda, dikarenakan ICR ini lebih sering dimanfaatkan oleh lembaga tertentu dengan format atau jenis tulisan yang ditulis/ dicetak dengan menggunakan bahan khusus.

    ICR sendiri merupakan teknologi pembaca pengenalan karakter untuk hasil cetakan dari tinta Magnetik, yang mana ini biasanya digunakan oleh pihak Bank sebagai proses pemeriksaan terhadap uang, cek, atau lainnya yang memiliki kode nomor dengan cetakan tinta magnetik.

    Biasanya untuk nomor ini berada di tepi kiri bawah, dan itu merupakan nomor cek, nomor bank, dan juga nomor rekening. Dan tentu saja teknologi berikut biasanya akan dikombinasikan dengan sistem buatan dari lembaga itu sendiri, untuk memudahkan melakukan pekerjaan dari para karyawan dan meminimalisir human error.

    3. OMR Scanning

    Kemudian ada Optical Mark Recognition alias OMR, atau biasa disebut juga dengan perangkat pengenal mark. Untuk mesin dan software OMR ini sendiri akan digunakan mengenali sebuah tanda yang diberikan terhadap kode atau point tertentu. Perangkat ini akan memanfaatkan Light Beam untuk melakukan pemindaian terhadap data secara fisik.

    Nantinya tanda tersebut akan dikenali dan diproses untuk diubah menjadi sinyal digital yang dikirimkan ke sistem tertentu untuk dilakukan pemeriksaan. Dan di Indonesia sendiri mungkin sudah familiar dengan sistem LJK yang digunakan pada saat ujian sekolah. Dimana para siswa diminta untuk melakukan penandaan terhadap jawaban yang dianggap benar, dengan cara memenuhi lingkaran dari pilihan yang sudah disediakan.

    Baca Juga :  Download Kaspersky Antivirus Windows

    Nah, tanda seperti itulah yang nantinya akan dipindai dan dikirim ke perangkat Komputer untuk pemrosesan lebih lanjut, dimana bukan tanda lingkaran saja, melainkan menggunakan bentuk lain juga bisa dimana ini menyesuaikan daripada kebutuhan. Dan tentu saja harus dihubungkan dengan sistem yang sudah dikustomisasi agar bisa mendapatkan fungsi maksimal, yang mana jelas metode seperti ini akan memudahkan orang dalam melakukan penilaian terhadap suatu hal.

    4. Document Imaging

    Biasanya teknologi ini digunakan dalam bidang bisnis, dikarenakan document imaging memiliki kemampuan untuk membuat replika dari sebuah dokumen. Bukan cuman dari hasil cetakan saja, melainkan dari mesin faksimil hingga mikrofilm keluaran Komputer (COM) dan penulisan arsip dapat dilakukan penyalinan dengan baik.

    Dan teknologi ini memungkinkan salinan dokumen bisa dilakukan dengan baik dengan tampilan yang benar-benar serupa. Akan tetapi ini tergantung daripada prosesnya, semakin lambat kecepatan pemindaian, maka akan semakin baik pula hasil yang akan dimunculkan.

    5. Pengolahan File PDF

    Fungsi berikutnya yakni bisa melakukan pengolahan terhadap file PDF yang dimiliki oleh pengguna, menggunakan aplikasi ABBYY FineReader PDF. Aplikasi ini tidak cuman memungkinkan pengguna membaca file PDF saja, melainkan juga bisa melakukan edit, convert, hingga perbandingan file PDF. Dan dengan ekosistem ABBYY, memungkinkan pengguna bisa mendapatkan fungsi yang lebih komplit bersama file PDF, mulai dari pemindaian dengan OCR, hingga editing dalam bentuk PDF.

    C. Kelebihan ABBYY

    1. Menjadi Andalan Banyak Lembaga Besar

    Seperti yang sudah dijelaskan tadi, dimana banyak lembaga atau perusahaan besar telah mempercayakan hal terkait pemindaian dan pengolahan berkas fisik menjadi digital  menggunakan ekosistem ABBYY.

    Melalui sistem canggih yang dimiliki, menjadikan mereka semakin yakin untuk mengandalkannya. Apalagi berkat dukungan support yang diberikan dengan baik terhadap pelanggan premium, membuat pengguna bisa mendapatkan apa yang diminta atau mungkin dukungan terhadap beberapa fungsi tertentu.

    2. Fungsi Pemindaian yang Canggih

    Dari sekian banyak sistem aplikasi pemindaian dari berkas dokumen fisik ke dalam bentuk digital, ekosistem ABBYY bisa dikatakan memiliki teknologi paling canggih dan akurat dalam melakukan pemindaian. Dengan begitu, hasil bisa tercipta dengan baik serta dengan kesalahan yang bisa diminimalisir.

    Baca Juga :  Download FormatFactory - Media Video Audio Pic Converter

    Bukan cuman berkas fisik berupa tulisan saja, melainkan kode-kode tertentu yang dibuat dengan bahan khusus juga bisa dilakukan pemindaian dengan baik oleh ekosistem ABBYY, mulai dari tinta magnetik hingga fungsi pemindaian terhadap tanda untuk memberikan kode tertentu supaya diproses oleh sistem guna memberikan hasil yang dibutuhkan.

    3. Mendukung Sistem Operasi Populer

    Kemudahan penggunaan bukan cuman berkat banyaknya fungsi yang diberikan saja, melainkan berkat dukungan daripada sistem operasi yang paling populer di Dunia. Ada 3 OS yang menjadi andalan bagi para pengguna Laptop/ Komputer di seluruh Dunia, diantaranya yakni Linux, Windows, dan juga Mac OS.

    Pengguna dapat mengunduh dan memasang aplikasi ABBYY ini di perangkatnya secara kompatibel, pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi di perangkat kalian, agar dapat berjalan dengan baik. Karena ketika format OS tidak sebanding, mungkin ada beberapa hal yang tentunya akan mengalami crash dan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

    D. Kekurangan ABBYY

    1. Dukungan Bahasa Untuk Support

    Mungkin sebagian dari kalian akan kesulitan mendapatkan dukungan support dari pihak resmi ABBYY, dikarenakan akan menggunakan bahasa internasional, English. Akan tetapi sebagai teknisi dari suatu lembaga perusahaan ataupun organisasi tertentu, kemampuan bahasa Inggris harus dikuasai dengan benar, lantaran dirinya akan dihadapkan dengan berbagai macam bahasa internasional dalam pengerjaannya.

    2. Harga Relatif Mahal

    Ada banyak produk pilihan yang ditawarkan oleh ABBYY, dan jelasnya ada versi trial yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam beberapa waktu tertentu ataupun dengan fungsi yang jelasnya telah dibatasi.

    Untuk mendapatkan versi penuh, pengguna harus berlangganan premium terlebih dahulu, untuk membuka seluruh fitur atau pembatasan waktu yang diberikan. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan dukungan support dari pihak ABBYY, ketika anda mengalami masalah tertentu dalam menggunakan produk tersebut.

    – Free Download ABBYY Last Version

    Download ABBYYDownload
    Unduh Gratis ABBYY Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, hingga kelebihan dan kekurangan ABBYY yang penting untuk anda ketahui. Sebenarnya bukan cuman pemindaian saja, melainkan masih ada banyak dukungan yang ditawarkan termasuk penyimpanan cloud juga.