Contoh Marketing Mix 7P

Jagad.idContoh Marketing Mix 7P, Taukah kamu bagaimana cara menerapkan marketing mix 7P ? berikut akan kami ulas untuk anda bagaimana contoh dan implementasinya dalam dunia marketing.

Contoh Implementasi Taktik Marketing 7P 

Bagaimana jalinan di antara taktik bauran marketing 7p dengan perubahan perusahaan di pasar global? Untuk menyaksikan implementasi taktik bauran marketing 7P di pasar global, silahkan baca aplikasinya pada McDonald’s.

1. Product (Produk)

McDonald’s ialah restaurant yang tawarkan beragam makanan cepat sajian. Dari sisi produk, McDonald’s populer dengan beragam burger seperti cheese burger, Big Mac, dan kentang goreng.

Selainnya menu original-nya, McDonald’s tawarkan beragam minuman dingin dan panas seperti teh, kopi, dan milkshake.

Dan untuk menu pembersih mulut, mereka mempunyai Apple Pie yang populer, es cream McFlurry dan banyak.

Makanan kekinian ini sebagai perubahan dari menu sebelumnya yang cuma meliputi beberapa poin.

2. Price (Harga)

Karena mempunyai cabang di penjuru dunia, karena itu McDonald’s bekerja dengan beberapa mata uang.

Dalam masalah ini, McDonald’s memakai taktik penentuan harga secara psikis. Ini sebagai tehnik penetapan harga produk yang lebih rendah dari bilangan bundar.

Misalnya, bukannya memutuskan harga £4, mereka semakin lebih pilih menuliskan dalam nominal £3,99.

Tehnik ini dipercayai bisa membuat customer berasa jika produk itu mempunyai harga tambah murah.

Selainnya memakai taktik penentuan harga psikis, mereka mengimplementasikan tehnik bundel dengan tawarkan potongan harga untuk pembelian makanan paket. Dengan tehnik ini, customer dipercayai bisa tergerak untuk belanjakan semakin banyak uang.

3. Place (Tempat)

Riwayat McDonald’s diawali di tahun 1940 saat McDonald’s bersaudara buka restaurant barbeque kecil di California.

Di tahun 1948, mereka memusatkan pemasaran pada burger, keripik, minuman enteng dan kopi. Mulai sejak itu, McDonald’s jadi perusahaan yang semakin berkembang sampai sekarang ini. Sekarang, McDonald’s sudah mempunyai lebih dari 37.000 restaurant di lebih dari 100 negara.

Walau design restaurant McDonald’s berlainan dari 1 negara ke negara lain, tetapi simbol huruf M meliuk warna kuning masih sama di penjuru dunia.

4. Promotion (Promo)

Dari faktor promo, McDonald’s memakai TV dan media online sebagai salah satunya taktik advertensi intinya. Disamping itu, mereka lakukan promo dalam toko.

Misalnya seperti menu irit, penawaran waktu terbatas dan Bahagia Meal yang meliputi mainan untuk menarik keluarga dengan anak kecil.

5. People (Orang)

McDonald’s jadi franchise di tahun 1955. Sekarang ini, sekitar 93% restaurant McDonald’s di penjuru dunia dipunyai dan dioperasionalkan oleh franchise.

McDonald’s tidak tumbuh jadi perusahaan internasional besar tanpa pemilik usaha franchise yang kapabel.

McDonald’s menyebutkan staff-nya sebagai anggota crew. Anggota crew bertanggungjawab atas penyiapan makanan, service konsumen setia, kebersihan dan kebersihan.

Sekarang ini, restaurant McDonald’s mengaryakan lebih dari 2 juta orang di penjuru dunia. Jumlah ini pasti jadikan McDonald’s sebagai salah satunya perusahaan yang memberi lapangan pekerjaan paling besar di dunia.

6. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Kehadiran restaurant McDonald’s yang lengkap di penjuru dunia menjadi bukti riil kesuksesan perusahaan ini.

Disamping itu, branding McDonald’s pada paket produk mereka, seperti cangkir minuman dan kotak kentang goreng sebagai bukti lain dari keberhasilan restaurant itu.

7. Process (Proses)

Sejauh ini, McDonald’s sudah mengaplikasikan proses yang efisien untuk pesan, mempersiapkan, menyuguhkan dan mengantar makanan sepanjang tahun.

McDonald’s selalu pastikan jika konsumen setia memperoleh servis sebagus dan sekencang mungkin.

Apa customer beli makanan di restaurant franchise memakai drive-thru atau melalui McDelivery, semua harus ditangani dengan cepat dan efisien.

Faedah Implementasi Taktik Marketing 7P

Lalu, apa yang membuat banyak beberapa perusahaan seperti McDonald’s memakai taktik bauran marketing 7P? Adapun beberapa argumennya ialah seperti berikut:

1. Simpel

Taktik bauran marketing membuat semua aktivitas pemasaran jadi satu. Dengan ini, prosesnya semakin lebih gampang untuk dilaksanakan dan diatur.

2. Peruntukan Sumber Daya

Selainnya simpel, taktik pemasaran ini membuat usaha lebih gampang dalam atur dan membagikan sumber daya sesuai keperluannya.

3. Proses Komunikasi

Karena semua faktor dalam ide taktik bauran marketing 7P sama-sama terkait keduanya, karena itu kamu akan belajar untuk menjadikan satu komunikasi di antara semua anggota team.

Nach, tersebut rincian sekitar taktik bauran marketing 7P dan contoh aplikasinya di usaha global.

Bila kamu ingin lebih konsentrasi pada management dan taktik usaha, memercayakan masalah operasional pada pihak ke-3 ialah opsi pintar.

Demikian ulasan mengenai contoh marketing mix 7p, semoga bermanfaat untuk meningkatkan usaha anda.