Home artikel Ciri Ciri Phobia Sosial Dan Obat Alami Mengatasinya

Ciri Ciri Phobia Sosial Dan Obat Alami Mengatasinya

Ciri Ciri Orang Phobia Sosial Dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri Orang Phobia Sosial Dan Cara Mengatasinya – Phobia sosial (PobSos) atau dalam istilah latinnya Social Anxiety Disorder (SAD) merupakan gangguan mental yang cenderung selalu merasakan kecemasan yang berlebihan ketika berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat sosial. Umumnya, hal ini terjadi pada seseorang yang tiba-tiba mengalami rasa grogi, gugup, hingga tangan gemetaran ketika berhadapan dengan orang lain di lingkungan mereka.

Padahal, kita sebagai manusia telah diciptakan sebagai makhluk sosial, di mana kita perlu hidup bersosial dalam kehidupan sehari-hari. Karena di dunia ini kita hidup tidak sendirian, alias kita hidup bertetangga, di mana ada orang lain yang saling melengkapi kehidupan kita. Mungkin ini sebabnya, kenapa seseorang yang mengalami fobia sosial akan merasa rugi ketika harus menjalani kodratnya sebagai makhluk sosial.

Jika Anda merasakan hal tersebut, Anda tak perlu khawatir. Karena pada artikel kita kali ini, kita akan membahas dari faktor penyebab, ciri-ciri hingga bagaimana cara mengatasi phobia sosial. Mari kita simak artikel ini lebih lanjut.

Penyebab Phobia Sosial

Mungkin sebagian besar orang menganggap bahwa phobia sosial sama halnya dengan anti sosial. Padahal kedua istilah tersebut jelas berbeda. Karena orang yang memiliki sifat anti sosial ini adalah orang yang cenderung sendiri karena memiliki dunianya sendiri. Berbeda dengan phobia sosial yang cenderung mengalami rasa cemas ketika berhadapan dengan orang lain, khususnya pada orang yang belum kenal ketika bersosialisasi. Dan beberapa faktor penyebab dari phobia sosial ini di antaranya adalah sebagai berikut:

Genetik

Genetika ManusiaGenetik dari keluarga juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya phobia sosial. Sehingga, kebanyakan keturunan dari orang yang menderita phobia sosial ini juga cenderung mengalami phobia sosial. Sedang gen yang mempengaruhi phobia sosial ini disebut sebagai gen yang tidak stabil pada hormon 5-hidroxytryptamine, di mana hormon tersebut berfungsi dalam menyampaikan informasi ke sel-sel otak melalui saraf sensorik.

Baca Juga : Kelebihan Kekurangan Introvert – Arti Introvert Sebenarnya, Kamukah Itu ?

Karakter dan Sifat

Mood ChangerSelain genetik, phobia sosial juga bisa dipengaruhi karena adanya sifat atau karekter dalam diri seseorang. Karena sifat orang berbeda-beda, ada yang suka bersosial, ada juga yang cenderung mengurung diri dan tidak mau bersosial alias biasa disebut sebagai introvert. Cara mengetahu sifat karakter diri sendir yaitu dengan mulai menganalisa kebiasaan, minat dan meminta pendapat orang lain mengenai diri anda.

Baca Juga : Aku Lelah dengan Hidup ini – Merasa Menyerah Putus Asa

Psikologis Kejiwaan

Aku Lelah dengan Hidup ini - Merasa Menyerah Putus AsaPsikologis kejiwaan ini bisa disebut sebagai faktor utama penyebab terjadinya phobia sosial. Umumnya, mereka selalu merasa tidak percaya, sering ketakutan, mentalnya lemah, dan selalu mengalami penolakan akan sosial atau kehadrian masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga : Kehilangan Arah Tujuan Hidup Diri Sendiri

Lingkungan

Cara Menghadapi Ejekan di SekolahLingkungan atau prang-orang yang ada di sekitar kita juga dapat mempengaruhi kita untuk menjadi phobia sosial. Ditambah lagi, jika kita memiliki traumatik mendalam dalam bersosial dengan orang-orang di sekitar kita. Tentunya, hal ini bisa menyebabkan kita menderita phobia sosial. Traumatik sosial tersbeut di antaranya seperti seorang anak yang dibully oleh teman sekolah, dikucilkan, hingga dimusuhi oleh orang-orang nakal dan usil sekitar kita. Sehingga kita akan selalu merasa takut ketika berbicara dengan orang lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anak Cengeng dan Penakut

Ciri-Ciri Phobia Sosial

Ansos / anti sosialGejala, tanda, dan ciri-ciri dari phobia sosial itu berbeda-beda setiap orangnya, hal ini tentu tergantung dari si penderitanya. Karena, semua yang mengalami hal ini berbeda-beda. Ada yang mengalami saat masa anak-anak, ada juga yang mengalami saat masa remaja. Untuk memastikannya, simak ciri-ciri dan gejala dari phobia sosial berikut ini.
Tubuh sering gemetaran;

  • Keringat keluar berlebihan (hiperhidrosis);
  • Sering mengalami cemas berlebihan dan tiba-tiba;
  • Kulit tiba-tiba memerah saat di depan umum;
  • Bicara sering gagap, atau malah terlalu cepat; dan
  • Panik yang terlalu berlebihan.

Ketika Anda merasakan gejala-gejala atau ciri-ciri di atas, Anda bisa segera konsultasi ke psikoterapi. Di sana Anda akan mendapatkan solusi baik penangan medis, atau bahkan penanganan terapi psikis. Tetapi jika anda memiliki sahabat dimana anda normal dan santai untuk berbincang dengan dia maka jadikan sebagai sarana latihan untuk berbicara dengan orang lain.

Cara Mengatasi Phobia Sosial

Mudah berteman dengan siapa sajaSalah satu faktor penyebab phobia sosial adalah ganguan psikis, sehingga cara mengatasinya bisa melakukan terapi sosial. Terapi ini biasa disebut sebagai Terapi Anti Sosial, di mana Anda akan menemukan sendiri titik permasalahan mendalam di dalam diri Anda yang menyebabkan Anda menjadi phobia sosial.

Dengan mengetahui titik permasalahan dalam diri Anda, maka Anda bisa atasi dengan menolak dan melawan titik permasalahan tersebut melalui Terapi Anti Sosial. Tentunya, hal ini perlu pikiran-pikiran positif untuk mendukung Anda dalam melakukan pengobatan terapi. Selain itu, Anda perlu dalam keadaan rileks atau santai tanpa beban apapun. Di sini memang Anda sedang mengalami beban, namun seorang psikiater akan membantu Anda melepas beban-beban tersebut sejenak, sehingga anda bisa berfokus untuk menghilangkan phobia sosial yang terjadi dalam diri Anda.

Baca Juga : Cara Menjadi Teman Yang Baik Dan Disukai

Terapi Anti Sosial umumnya dilakukan melalui audio, visual, hingga audio dan visual yang diterapkan dalam CD. Tentunya, setalah Anda melakukan Terapi Anti Sosial, maka Anda bisa menghilangkan phobia sosial dalam diri Anda secara perlahan, dan Anda bisa bersosial tanpa ada rasa cemas, was-was, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Selain menggunakan jasa psikolog anda juga bisa mencoba teknik Hipnoterapi dan Self Hipnotis yang tentunya akan membantu untuk bisa memberikan sugesti postif kepada alam bawah sadar untuk menghilangkan phobia dalam diri sendiri yang bisa berbaur dengan masyarakat sosial. Biasanya Hipnoterapi atau Pelatihan Hipnotis dan juga Psikolog akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam satu kali sesi pertemua sehingga sangat hampir tidak mungkin bagi masyarakat menengah kebawah untuk menggunakan cara tersebut.

Obat Alami Terampuh ( Trust / Percaya )

Alternatif selain Psikiater ataupun Hipnoterapis adalah kesadaran pada diri sendiri untuk menghilangkan Phobia Sosial. Berikut ini akan saya berikan contoh sebuah Phobia yang dapat di atasi tanpa menggunakan jasa orang lain :

Membuka Kunci GembokThe Key Of TrustΒ (My True Story)

Saya adalah seorang yang sudah menginjak usia 21 Tahun dan belum bisa naik motor. Teman-teman saya banyak yang tidak mendukung dan membuat keadaan semakin buruk dengann mengatakan umur sudah terlalu tua untuk berlatih Sepeda Motor yang ada nanti hanya kaku (Tegang) saat mengendarainya. Pada dasarnya saya juga memiliki Phobia untuk mencoba mengendarai Sepeda Motor sendiri, setiap kali saya akan mencoba sudah gugup berkeringat, terbayang hal yang buruk dan sebagainya. Pernah saya mencoba, tentunya dengan perasaan yang takut dan gugup tetapi saya paksakan dan akhirnya sering kali saya jatuh 2-3 kali selama berlatih sepeda motor. Tetapi tidak mengapa, yang saya Phobiakan adalah Mengendarai Sepeda Motor dalam arti tidak phobia jatuh walapun juga takut jatuh. Hal itu saya lakukan karena ada Motivasi bahwa saya harus bisa karena ini untuk sarana Bertahan Hidup, yang akan saya gunakan dalam mencari nafkah.

Tidak tau kapan saya sudah lancar naik motor, dan tidak ada pengesahan untuk itu yang pasti saya sudah terbiasa saat ini dan menggunakannya sehari-hari. Kesimpulanya jika Phobia Sosial maka jangan percayai itu, katakan pada diri anda sendiri “Saya baik-baik saja, kehidupan ini berjalan dengan Normal dan ketakutan saya hanyalah ilusi yang saya buat.” Kunci kepercayaan itu ada pada diri anda sendiri, jika anda mengikuti perasaan anda saya Phobia Sosial maka hal tersebut akan membawa diri anda di situ. Sedangkan jika anda percaya bahwa anda baik-baik saja, dan hal tersebut membawa perasaan anda kepada kedamaian yang sejahtera tanpa Phobia.

Nah itulah cara alami untuk mengatasi Phobia tanpa psikolog dan hipnoterapis yaitu dengan percaya bahwa Phobia Sosial hanya ilusi diri sendiri, sementara orang yang belum kenal anda beranggapan kalau anda Normal-normal saja hanya anda membuat ilusi seolah-olah diri anda adalah seorang yang takut Bersosialisasi.

No ratings yet.

Please rate this