Cara Menjadi Pengusaha Sukses, Bill Gates Mengatakan Ini!

Jagad.idCara Menjadi Pengusaha Sukses: Tanggung jawab seorang pengusaha melampaui pendirian bisnis untuk mewujudkan keuntungan. Ini melibatkan menjaga bisnis yang telah Anda dirikan tetap hidup dan menguntungkan secara konsisten bahkan ketika Anda tidak lagi dalam posisi untuk mengelolanya.

Mentalitas sukses ini harus ditanamkan dalam benak para pengusaha baik mereka yang memiliki niat untuk memulai bisnis maupun bagi mereka yang sudah menorehkan namanya di dunia bisnis.

Oleh karena itu seorang wirausahawan yang sukses tidak boleh terbatas pada mereka yang memiliki laba bersih yang stabil, tenaga kerja yang memadai atau berkembangnya pusat-pusat bisnis di seluruh dunia.

Apa yang membuat pengusaha sukses adalah keinginan yang tidak terpuaskan untuk meningkatkan bisnis seseorang baik dalam berurusan dengan produk / barang atau pengiriman layanan. Ini mencakup pengusaha yang berada di tahun pertama bisnis dan mereka yang telah mencapai definisi mayoritas “pengusaha sukses”.

8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Yang Efektif

cara menjadi pengusaha sukses

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi pengusaha bisnis yang sukses:

Jadilah unik

Menurut Elon Musk dalam salah satu wawancaranya, cara tercepat untuk mengembangkan bisnis adalah dengan mendatangkan sesuatu yang tidak dilakukan oleh perusahaan lain. Ini adalah rahasia yang gagal diingat oleh banyak pengusaha saat memulai bisnis baru dan ini adalah salah satu alasan mengapa banyak bisnis yang tumbang hingga saat ini.

Dalam dunia bisnis, pelanggan tidak tertarik dengan apa yang sudah ada di pasar. Dibutuhkan keunikan untuk menarik pelanggan besar di dunia saat ini. Sebenarnya, tidak ada yang mau mencoba perusahaan baru jika perusahaan atau bisnis baru itu sama seperti yang sudah ada sebelumnya. Orang ingin melihat penawaran baru, kreativitas, ide bisnis, dll.

Menjadi unik bukan berarti Anda tidak bisa memulai bisnis serupa atau perusahaan yang sudah ada. Intinya dalam cara menjadi pengusaha sukses ini adalah, jika Anda harus memulai bisnis dan sukses di dalamnya, Anda memerlukan rencana baru yang akan menarik pelanggan ke bisnis Anda dengan mengurangi perhatian mereka pada apa yang sudah mereka ketahui.

Sekarang pertanyaannya adalah, “Bagaimana bisnis bisa unik?”. Yah, itu sederhana. Untuk membuat bisnis Anda unik dan luar biasa, Anda dapat menurunkan harga layanan atau barang yang Anda jual, memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang membeli dari Anda, menawarkan layanan pelanggan yang baik, atau bahkan mengurus pengiriman gratis ke depan pintu pelanggan Anda.

Be Vision Driven

Seperti Peter Drucker (1909-2005), seorang pemikir manajemen yang terkenal dan berpengaruh pernah mengatakan “Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya“. Setiap wirausahawan harus menetapkan tujuannya pada masa depan terbesar dan layak dari bisnis yang telah didirikan saat ini.

Ada banyak bisnis yang bangkrut bukan karena modal awal yang buruk atau tenaga manusia yang tidak memadai, tetapi terutama karena orang yang diberi mandat tidak berinvestasi untuk masa depan. Bisnis yang gagal adalah akibat dari kurangnya orientasi diri yang tepat bahwa seseorang harus memiliki tujuan jangka panjang untuk memastikan kelangsungan bisnis.

Seorang pengusaha harus menjadi peramal masa depan bisnisnya sendiri. Demikian pula, jika saat ini tidak ada rencana material yang menunjukkan komitmen untuk masa depan, bisnis akan gagal terlepas dari seberapa megah rencana tersebut. Biarkan cara menjadi pengusaha sukses ini memandu Anda sebagai pengusaha.

Seperti Donald Trump, mantan Presiden AS pernah berkata: “Selama Anda tetap berpikir, berpikirlah besar”. Selain itu, ketika Anda sudah selesai berpikir besar, mulailah dengan yang kecil yang Anda miliki yang akan menjadi besar yang Anda inginkan.

Faktor Kegagalan

Banyak pengusaha memulai bisnis dengan satu pikiran: Menjadi sukses dan kaya. Mereka tidak memberi tempat untuk kegagalan dan sikap itu sendiri adalah awal dari kegagalan yang sebenarnya. Tidak ada pengusaha sukses yang akan memberi tahu siapa pun bahwa sebagai pengusaha, seperti halnya dalam hidup, Anda tidak akan mengalami kegagalan dalam banyak hal.

Apa yang membuat seorang pelaku bisnis sukses bukanlah rangkaian kisah sukses tetapi berapa kali orang tersebut gagal dan berhasil. Menurut Bill Gates, pemilik dan pendiri Microsoft, boleh saja merayakan kesuksesan tetapi lebih penting memperhatikan pelajaran dari kegagalan.

Thomas Edison adalah contoh klasik. Sebelum dia menghasilkan listrik bola lampu pertama, dia mencoba berkali-kali untuk membuatnya bekerja tanpa hasil. Namun dalam menghadapi keadaan yang memprihatinkan, dia mengumpulkan keberanian, kekuatan dan kerja ekstra untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Memang, seseorang menjadi lebih kuat ketika orang tersebut menghadapi tantangan terberat dalam hidup. Gagasan tentang Microsoft ditolak oleh banyak firma teknis terkemuka pada saat itu, tetapi Bill Gates tidak membiarkan hal-hal negatif memengaruhi pola pikirnya. Sekarang tidak ada organisasi di belahan dunia mana pun yang tidak menggunakan perangkat lunak Gate.

Kegagalan selalu menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam segala urusan kehidupan dan tidak terkecuali Bisnis. Apa yang dilakukan seseorang dengan faktor kegagalan itulah yang membuat orang tersebut dipersiapkan untuk sukses atau sebaliknya. Winston Churchill pernah berkata bahwa: “Sukses berjalan dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan semangat”.

Apa yang akan terjadi jika proyek yang Anda kerjakan selama bertahun-tahun gagal setelah Anda menghabiskan semua sumber daya Anda untuk mengiklankannya ke seluruh dunia? Atau apa tanggapan Anda terhadap stagnasi keuangan dalam bisnis Anda? Seorang pengusaha yang ingin usahanya mendunia harus bersedia menghadapi dunia yang penuh kesulitan dan tantangan.

Melalui percobaan berulang dan gagal itu adalah awal. Anda harus menunjukkan bahwa Anda bersedia gagal seribu kali dan berhasil seribu kali lebih banyak. Bagi mereka yang tumbuh dalam pemahaman bisnis, itu hanyalah kegagalan tetapi bagi yang lain, itu adalah kesuksesan yang menunggu untuk diungkapkan.

Thomas Eddison pernah membuat pernyataan ini: “Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil”. Ketika seorang pengusaha menghadapi tantangan bisnis, dia harus melihat tantangan sebagai bahan bakar api untuk menjadi sukses.

Pengusaha tidak boleh takut mengambil risiko, membuat kesalahan bisnis, dan gagal. Dia harus melihat peristiwa kegagalan sebagai kesempatan untuk menelusuri kembali langkah-langkah dan mencari tahu apa yang tidak dilakukan dengan benar.

Dengan begitu jika masalah yang sama atau berbeda muncul kembali, orang tersebut diperlengkapi sepenuhnya dan cukup berpengalaman untuk memahami proses dalam mengetahui bagaimana menangani masalah tersebut.

Percayai Naluri Anda

Belajar mempercayai pengetahuan dan intuisi Anda sambil membuat penilaian adalah salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Dengan percaya diri dan yakin atas apa yang anda lakukan akan membimbing dan membuat skema bisnis anda mantab dalam perjalanannya.

Anda harus menjadi orang yang memercayai insting Anda. Tidak ada yang mendidik Anda tentang bagaimana memercayai firasat Anda tentang memulai bisnis yang sukses. Namun, tidak ada manual yang menjelaskan bagaimana mengikuti arus atau bagaimana memercayai insting Anda untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Lebih penting untuk mengikuti insting Anda dengan gigih sambil tetap bisa beradaptasi.

Hati-hati Atur Anggaran Anda

Tidak ada keraguan bahwa Anda tidak dapat menjalankan bisnis tanpa bantuan keuangan yang cukup. Akibatnya cara menjadi pengusaha sukses adalah, Anda harus hati-hati merencanakan sumber daya keuangan perusahaan Anda. Selalu berusaha untuk mencapai lebih banyak dengan lebih sedikit dan mencari cara untuk menghemat biaya. Agar berhasil, pisahkan keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Luangkan waktu Anda sebelum melakukan pembelian atau melakukan sewa. Mengacu pada strategi perusahaan Anda dapat membantu Anda menentukan apakah pengeluaran diperlukan dan investasi yang masuk akal. Anda juga harus memeriksa kemungkinan biaya tambahan, seperti penyusutan dan pemeliharaan, serta bagaimana akuisisi Anda akan membantu perusahaan berkembang.

Kenali Pasar Anda

Sungguh menakjubkan betapa banyak pengusaha terjun ke lingkaran bisnis tanpa menyusun strategi dengan baik bagaimana mempersiapkan diri untuk sifat dinamis bisnis pada umumnya. Wirausahawan yang baik adalah yang memahami bahwa tidak mungkin menikmati arus kas masuk tanpa henti hanya karena jenis bisnis yang Anda jalankan populer.

Anda harus bersiap menghadapi persaingan, kebijakan pemerintah, resesi ekonomi dan faktor lain yang akan mempengaruhi kebangkitan bisnis Anda. Memiliki restoran besar di tengah jalan tidak akan menghentikan terjadinya keadaan yang akan mempengaruhi bisnis dalam hal produksi makanan, harga beli dll.

Hanya sedikit yang memahami pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan agar pasar mereka tetap berjalan. Pasar terdiri dari semua bentuk bisnis dan tidak ada pengusaha yang bisa masuk ke semuanya. Demikian pula tidak boleh ada pengusaha yang berpikir bahwa tidak ada bisnis yang bisa gagal hanya karena ada orang yang sudah mapan di bisnis yang sama.

Masalah dengan sebagian besar pebisnis adalah bahwa mereka tidak sepenuhnya memahami kemungkinan negatif sehingga mereka lebih meyakinkan diri mereka sendiri bahwa setiap orang akan menggurui mereka tidak peduli seperti apa pasar saat ini. Anda harus melihat bisnis dari perspektif futuristik.

Apakah permintaan akan setinggi pasokan dalam sudut pandang jangka panjang? Apakah ada ancaman terhadap pendirian saya? Bisnis adalah tentang membeli dan menjual. Dan terkadang orang mungkin tertarik pada suatu produk tetapi bukan produk Anda.

Ada alasan untuk itu seperti yang disebutkan. Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus belajar bagaimana bertindak cerdas dengan situasi yang nyaman dan mengharapkan situasi yang tidak nyaman. Misalnya, jika A adalah satu-satunya orang yang memproduksi pembersih tangan di suatu tempat, dia harus berharap bahwa dalam beberapa bulan ke depan akan ada orang lain yang tertarik untuk memulai bisnis tersebut di tempat yang sama.

Dia harus siap menghadapi persaingan dengan memastikan bahwa dia membedakan produknya dari saingannya hingga basis pelanggannya akan tetap tumbuh. Hampir tidak ada monopoli bisnis di dunia saat ini. Bisnis terus berkembang setiap hari dengan strategi baru dan terkini tentang cara meningkatkan permintaan barang atau jasa.

Tidak ada pengusaha yang memiliki pulau bisnis sehingga sangat penting bagi orang tersebut untuk mengetahui struktur dan sifat sistem pasar sejauh menyangkut bisnis.

Layanan adalah Segalanya

Seorang pengusaha dengan pola pikir sukses akan selalu berusaha untuk satu tujuan akhir yaitu memuaskan pelanggannya. Ini tampaknya mudah untuk dikatakan tetapi sangat sulit bagi beberapa pelaku bisnis untuk melakukannya dalam kenyataan.

Sangat mudah untuk mengiklankan bisnis Anda dan membuat orang mendukung tujuan Anda dengan menggurui Anda, tetapi jika pengirimannya tidak sebaik yang diiklankan, mereka kehilangan minat. Sangat umum melihat bisnis hebat kehilangan banyak pengikut dan pelanggan yang tertarik karena pemilik mengalihkan fokus mereka dari memuaskan pelanggan menjadi hanya menghasilkan uang dengan mengorbankan siapa pun.

Ini bukanlah sikap yang menggembirakan bagi mereka yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam bisnis tersebut. Terkadang seorang wirausahawan harus berusaha sekuat tenaga untuk memberikan yang lebih baik daripada yang dibayar pelanggan. Biarkan mereka melihat keinginan tulus yang Anda miliki untuk melihat mereka puas. Tanyakan siapa saja yang pernah masuk atau melanjutkan bisnis dengan mentalitas ini, mereka tidak akan kecewa.

Merupakan pengorbanan untuk benar-benar bekerja lebih dari yang dituntut secara profesional dari seorang guru yang membimbing seorang siswa hingga larut malam ketika bayarannya kurang dari usaha.

Dalam jangka panjang guru akan mendapatkan rasa hormat dari siswa dan orang tua yang akan menjadi jendela kesempatan untuk tanggung jawab yang lebih besar dan gaji yang lebih baik. Begitulah cara sebagian besar pengusaha sukses mencapai puncak begitu cepat sementara yang lain yang memulai dengan mereka masih berjuang.

Intinya di sini adalah kepuasan pelanggan lebih penting daripada uang yang akan mereka bayarkan. Jika penjual makanan tidak menyajikan makanan terbaik yang bisa dia lakukan, dia tidak akan mempertahankan pembeli sebanyak yang dia bisa. Orang-orang harus dilihat lebih berharga daripada uang tunai yang diterima. Itulah mentalitas yang tepat untuk menghindari sikap biasa-biasa saja dan reputasi buruk sebagai pengusaha.

Akuntabilitas

Akuntabilitas sangat signifikan terhadap pertumbuhan setiap orang atau bisnis. Dibutuhkan upaya pribadi untuk memiliki tanggung jawab atas apa pun yang dilakukan yang seharusnya tidak dilakukan. Pengusaha harus selalu tetap transparan dalam berurusan dengan pemangku kepentingan dan karyawan mereka. Bisnis ini bukan urusan satu orang.

Ini melibatkan lebih dari satu orang dan masuknya orang tambahan menuntut pertanggungjawaban. Ambil contoh perusahaan; direksi suatu perusahaan terikat secara hukum untuk berdiri dalam hubungan fidusia dengan perusahaan itu sendiri untuk menghindari segala tindakan yang bertentangan dengan kepentingan perusahaan. Hal ini juga berlaku untuk semua pemilik usaha baik skala kecil, menengah maupun besar.

Akuntabilitas melibatkan tanggung jawab keuangan. Itu berarti catatan keuangan bisnis tidak boleh dirusak oleh staf mana pun termasuk manajer untuk tujuan audit eksternal jika diperlukan. Ini juga berarti bahwa pengusaha harus tulus kepada karyawannya tentang situasi keuangan yang dapat mempengaruhi keputusan mereka untuk tetap bekerja di bawahnya.

Ini juga berarti tidak membayar terlalu rendah atau menolak membayar staf Anda bila tidak ada pembenaran dan/atau kesepakatan konsensual untuk melakukannya.

Akuntabilitas juga melibatkan berdiri di celah untuk produk yang gagal atau penyampaian layanan yang tidak tepat sebagai pengusaha. Ada kasus beberapa pengusaha berpengalaman yang dengan rela mengembalikan uang pelanggan yang tidak puas terlepas dari kesalahan anggota staf.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus menghindari menuding semua orang. Anda harus menunjukkan sikap kepemimpinan dengan mengaitkan kekurangan dengan pengawasan Anda atas isu-isu tertentu sementara Anda mendisiplinkan katalisator masalahnya.

Ini adalah salah satu kualitas yang tidak dimiliki sebagian besar pengusaha dan itulah alasan mengapa staf tidak memiliki hubungan yang baik dengan mereka. Itu tidak membuat Anda mudah dimanipulasi tetapi mengungkapkan kecerdasan tingkat tinggi ketika sebagai pengusaha, Anda menempatkan kepuasan setiap pelanggan di atas ego Anda sendiri. Ini layak dipelajari.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulsan tentang cara menjadi pengusaha sukses yang dapat anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda menambah wawasan anda di dunia usaha menjadi lebih baik. Terima kasih!