Cara Mengobati Mata Ikan Tanpa Operasi
Lapisan Kulit Mata Ikan Mulai Terklupas dan Terlihat Akarnya

Kembali lagi di situs jagad.id, seperti judul yang sudah kita lihat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyakit mata ikan. Dan bagi Anda yang belum mengenal seperti apa itu penyakit mata ikan, artikel ini akan menjelaskan secara singkat dan padat. Simak selengkapnya dibawah ini.

Apa itu Penyakit Mata Ikan?

Penyakit mata ikan adalah kondisi dimana terdapat area kulit yang menebal atau keras dan kasar yang umumnya muncul di area anggota tubuh seperti:

  • Telapak Kaki
  • Celah diantara jari kaki
  • Jari jemari kaki
  • Sisi samping telapak kaki

Note: Menurut hasil riset para ahli kesehatanmata ikan biasanya muncul atau tumbuh disekitar wilayah kulit yang sering mengalami tekanan secara berulang ulang.

Apakah Beda Antara Mata Ikan dengan Kapalan?

Meskipun sekilas sifat atau karakteristik penyakit mata ikan mirip dengan kapalan pada umumnya, namun bila diamati dengan seksama, kita akan menemukan bahwa penyakit mata ikan cenderung memiliki bentuk atau ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kapalan. Selain ukurannya yang berbeda, penyakit mata ikan ini juga bisa kita kenali dari bentuk fisiknya. Bagian tengah dari mata ikan, umumnya akan terasa keras bila disentuh, dan kulit yang berada disekeliling mata ikan, akan terasa perih bila disentuh karena mengalami peradangan. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi kapalan, dimana pada umumnya, kulit yang mengalami kapalan tidak mengalami peradangan atau perih saat disentuh, bahkan cenderung mengalami penurunan sensor perasa pada permukaan kulitnya.

Secara umum, kondisi penyakit mata ikan terbagi dalam dua keadaan, yaitu:

1. Heloma durums

Kata β€œHeloma” dari Heloma Durums berarti lapisan kulit yang menebal. Lapisan kulit ini tercipta atau muncul dikarenakan kulit sering berada di bawah tekanan. Kondisi Heloma Durums merupakan jenis yang paling sering dialami banyak orang, karena melibatkan bentuk aktivitas yang umum untuk dilakukan siapa saja, seperti: memakai sepatu yang sempit. Kita tahu, tidak sedikit orang yang memakai sepatu dalam keadaan sempit karena beberapa hal. Namun perlu diketahui, kebiasaan memakai sepatu sempit akan memicu jari jemari kaki membentuk melengkung, karena tekanan yang diberikan ruang sepatu terlalu sempit. Dan ketika tekanan terhadap jari jemari kaki tersebut terus berlanjut, hal tersebutlah yang akan memicu mata ikan di kaki yang akan terbentuk dan menjadi lebih keras.

2. Heloma molles

Berbeda kondisi dengan Heloma Durums yang dipicu akibat tekanan yang tinggi dan kontiniu pada lapisan kulit, penyakit mata ikan jenis Heloma Molles biasanya terjadi akibat bentuk dari ujung tulang kaki yang dimiliki tidak dalam keadaan normal, alias terlalu lebar. Bentuk struktur ujung tulang kaki ini, menyebabkan terjadinya gesekan antara jari jemari, yang memicu munculnya mata ikan di kaki. Kondisi ini biasanya akan diperparah saat kaki yang kita miliki terlalu lembab dan berkeringat.

Bukan Hanya Muncul di Telapak Kaki

Pada umumnya, penyakit mata ikan dikenal secara luas sebagai salah satu jenis penyakit kulit yang muncul di area telapak kaki saja. Namun, fakta membuktikan bahwa penyakit mata ikan ini juga bisa muncul di seluruh area kulit tubuh kita, tidak terkecuali wajah. Dalam istilah medis, penyakit mata ikan secara umum dikenal dengan sebutan verruca vulgaris. Namun untuk penyebutan secara spesifik, nama dari penyakit ini tergantung dari area mana mata ikan ini tumbuh. Bila mata ikan tumbuh di wilayah telapak, maka istilah medisnya adalah verruca plantaris. Sedangkan bila mata ikan muncul di area kulit wajah, disebut dengan verruca plana.

Siapa Saja yang Bisa Terkena Penyakit Mata Ikan ?

Tidak ada batasan usia maupun jenis kelamin mengenai siapa yang bisa terkena penyakit mata ikan. Hanya saja, terdapat beberapa faktor pemicu yang membuat penyakit mata ikan lebih mudah muncul pada seseorang, seperti:

  • Jarang menggunakan alas kaki
  • Kulit telapak kaki pecah pecah
  • Usia anak anak – Remaja
  • Daya tahan tubuh lemah
  • Sering menggunakan sepatu yang sempit
  • Sudah pernah terkena penyakit mata ikan
  • Tidak memakai Kaus Kaki
  • Kelainan bentuk kaki, baik itu pada sendi jempol atau jari jemari kaki.

Faktor Pemicu Lainnya

Selain faktor faktor diatas, kulit yang banyak mengeluarkan keringat juga cukup rentan terkena penyakit mata ikan ini. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila area telapak kaki sering mengalami penyakit mata ikan. Sebab kita semua tahu, bahwa saat memakai sepatu atau alas kaki, area telapak kaki kita sering mengeluarkan keringat berlebih dan membuatnya menjadi lembab. Kondisi lembab tersebutlah yang memicu pertumbuhan bakteri dan virus semakin subur, sehingga mempermudah munculnya penyakit mata ikan di wilayah telapak kaki.

Virus Apa yang Menyebabkan Penyakit Mata Ikan?

Mungkin dari awal para pembaca sudah bertanya Tanya, Sebab dari tadi kita menyebutkan, bahwa penyakit mata ikan ini muncul disebabkan adanya pertumbuhan bakteri dan virus. Lalu virus apa sebenarnya yang menjadi pemicu penyakit ini?

Jawabannya adalah HPV (Human papillomavirus). Mungkin sebagian kita sudah mengetahui, bahwa virus ini adalah virus yang cukup populer, sebagai salah satu virus pemicu dari penyakit kanker serviks. Namun perlu diketahui, Human papillomavirus tidak hanya satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis Human papillomavirus yang sudah diteliti oleh para pakar kesehatan. Dan Human papillomavirus yang menjadi penyebab penyakit mata ikan adalah jenis HPV yang berbeda, dengan HPV yang menjadi penyebab kanker serviks.

Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki Tanpa Operasi

Sebelum mengikuti cara dibawah ini sebaiknya pastikan dulu bahwa itu adalah mata ikan. Dalam bahasa inggris atau istilah medis mata ikan disebut juga sebagai Callus dan berbeda dengan Corns yang berupa benjolan di kulit. Mata ikan memang lebih baik diatasi dengan melakukan operasi karena bisa di bedah untuk mengeluarkan mata ikan tersebut.

Cara yang akan digunakan dibawah ini merupakan cara paling umum dan yang paling sering digunakan untuk menghilangkan dan mengobati mata ikan hingga sembuh tanpa bekas. Beberapa pendapat mengatakan bahaya penyakit Mata Ikan jika dibiarkan bisa menyebar menjadi banyak. Berikut ini merupakan langkah langkah lengkap cara menghilangkan mata ikan tanpa operasi :

1. Siapkan Callusol, Alkohol, Hansaplast, Tisu dan Air Panas. Anda bisa membeli beberapa perlengkapan tersebut dan obat mata ikan di apotik yaitu callusol berupa salep cair dengan harga sekitar Rp.25000 .

2. Basuh dan cuci kaki menggunakan air bersih kemudian keringkan menggunakan handuk atau tisue.

Gambar Mata Ikan
Mata Ikan – Callus

3. Oleskan Callusol pada kulit telapak kaki yang terkena mata ikan, tunggu hingga kering dan tutup dengan Hansaplast.

Cara Mengatasi Mata Ikan Dengan Callusol
Penggunaan Callusol Hari ke 2

4. Setelah 24 Jam buka Hansaplast dan rendam menggunakan air panas, kemudian bersihkan mata ikan dari Callusol.

  • Jika lapisan kulit luar terklupas maka klupas secara perlahan dengan syarat saat diklupas terasa tanpa rasa sakit atau perih.
  • Jika tidak terklupas maka bersihkan dengan alkohol kemudian keringkan dan olesi lagi dengan callusol pada mata ikan tersebut dan tunggu dihari berikutnya.

5. Ulangi cara nomor 4 hingga lapisan kulit sudah mencapai akar mata ikan dan bisa dibersihkan hingga bersih.

Cara Mengobati Mata Ikan Tanpa Operasi
Lapisan Kulit Mata Ikan Mulai Terklupas dan Terlihat Bentuk Akar Mata Ikan

6. Pada lapisan terakhir biasanya akan terlihat serabut yang merupakan akar mata ikan, bersihkan kaki dari serabut itu. Jika masih sakit saat dikupas maka gunakan callusol lagi dan lakukan dihari berikutnya sampai proses pembersihan akar mata ikan tidak terasa perih atau sakit.

Cara Menghilangkan Mata Ikan
Akar di Bersihkan dan Kulit Kaki Nampak bolong

7. Setelah kaki bersih dari akar mata ikan maka kulit telapak kaki yang terkena mata ikan akan nampak bolong setelah terkelupas berkali kali. Untuk sementara waktu bisa menggunakan Hansaplast atau plester luka untuk menutupi bekas lubang tersebut supaya tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan lingkungan kotor disekitar yang memungkinkan menyebabkan infeksi. Biasanya kulit akan tumbuh dan bekas akan hilang sama sekali selama 2 minggu ataupun 1 bulan.

Sembuh Dari Mata Ikan Tanpa Bekas
Kulit Kaki Mulai Tumbuh dan Bekas Luka Tertutup Kulit Baru

Biasanya proses menggunakan callusol berlangsung selama 5-7 hari dengan rutin membersihkan mata ikan tersebut. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan alkohol sehingga tidak terjadi infeksi pada luka. Proses ini saya praktikan sendiri tanpa mengalami rasa sakit ataupun perih, jika anda tidak berhasil menggunakan cara di atas maka bisa langsung menghubungi dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan perawatan yang lebih tepat. Beberapa orang memiliki versi berbeda beda tentang biaya operasi mata ikan.

Pengalaman saya pribadi mengalami 2 mata ikan, masing masing di kaki kanan dan kiri. Saat saya mengunjungi puksemas, dokter menyarankan saya untuk menggunakan callusol terlebih dulu, dan hanya memberikan pain killer untuk meredakan rasa sakit saat berjalan. Beberapa orang juga ada yang merekomendasikan menggunakan plester cina untuk mengatasi mata ikan, tentunya sebelum menggunakannya ada baiknya untuk menanyakan terlebih dulu kepada dokter yang ahli. Bentuk akar mata ikan yang seperti serabut setelah dihilangkan maka kaki akan kembali normal.

Mungkin itu saja uraian kita mengenai penyakit mata ikan, semoga bermanfaat dan memperluas khazanah keilmuwan kita terkait dunia kesehatan. Terima kasih, dan jangan lupa, bantu share artikel ini di sosial media Anda, mari kita sebar informasi bermanfaat lainnya ke seluruh Indonesia, untuk membangun bangsa yang cerdas dan berwawasan luas. Sampai jumpa!




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.