Belanja Online Pngertian Dan Pertumbuhannya

jagad.id – Belanja online adalah proses meneliti dan membeli produk atau layanan melalui Internet. Toko online paling awal masuk ke bisnis pada tahun 1992, dan ritel online mengambil alih segmen pasar ritel yang signifikan selama dekade pertama abad kedua puluh satu, karena kepemilikan komputer pribadi meningkat dan pengecer mapan mulai menawarkan produk mereka melalui Internet.

Pernahkah Anda mencoba berbelanja dengan bayi yang menjerit-jerit, balita yang mengamuk, atau di tengah hujan? Tidak punya mobil? Tidak punya energi untuk mencoba mengatasi toko yang penuh sesak.

Atau kekurangan staf? Bosan berlari ke toko setiap hari untuk beberapa barang atau harus memasukkan tas dan tas belanjaan dari mobil? Belanja online bisa menjadi jawaban untuk semua kekhawatiran Anda.

Pertumbuhan Belanja Online

Mayoritas pembelanja online paling awal adalah laki-laki muda berpendidikan yang akrab dengan teknologi komputer, namun pada tahun 2001 wanita mencapai 52,8 persen dari populasi online.

Belanja online telah menarik perhatian masyarakat umum pada tahun 1999, dan baik perusahaan rintisan Internet maupun pengecer terkenal meluncurkan situs Web yang menawarkan produk mereka.

Selama musim belanja Natal tahun 1999, ketika banyak konsumen mencoba melakukan belanja online untuk pertama kalinya, pengecer mendapati diri mereka tidak siap untuk memproses dan mengirimkan pesanan mereka secara efisien.

Kegembiraan atas potensi ritel online menyebabkan ekspektasi bisnis yang tidak realistis selama  tahun 1999-2001. Perusahaan rintisan mencoba menjual produk seperti bahan makanan dan barang barang tersier lainnya.

Melalui Internet tanpa memperhitungkan biaya pemeliharaan gudang dan sistem pengiriman yang mahal. Namun, perusahaan dengan toko ritel dan penjual barang-barang khusus yang mapan dapat memperluas basis pelanggan mereka menggunakan infrastruktur yang sudah mereka miliki.

Pengecer online meningkatkan layanan pelanggan mereka dan perusahaan pengiriman seperti toko toko online memperluas operasi mereka untuk mengakomodasi peningkatan lalu lintas. Pada bulan Desember 2008, banyak pengecer online mampu meningkatkan penjualan mereka dengan menawarkan jaminan pengiriman semalam untuk pembeli menit terakhir pada hari – hari biasa.

Pelanggan Online

Belanja online memerlukan akses ke komputer, dan beberapa bentuk pembayaran seperti rekening bank dan kartu debit, kartu kredit, atau akun Paypal. Menurut penelitian yang ditemukan dalam Journal of Electronic Commerce.

Semakin tinggi tingkat pendidikan, pendapatan, dan pekerjaan kepala rumah tangga, semakin baik persepsi belanja non-toko. Peningkatan paparan teknologi meningkatkan kemungkinan mengembangkan sikap yang menguntungkan terhadap saluran belanja baru. Pembeli online kemungkinan besar adalah milik kemudahan yang banyak.

Belanja online melibatkan pembelian produk atau layanan melalui Internet. Belanja online dilakukan melalui online shop, e-shop, e-store, virtual store, webshop, internet shop atau online store.

Semua produk di toko online dijelaskan melalui teks, dengan foto dan file multimedia. Banyak toko online akan memberikan tautan untuk informasi tambahan tentang produk mereka. Mereka sering menyediakan, prosedur keselamatan, instruksi, spesifikasi pembuatan dan demonstrasi.

Beberapa akan memberikan saran atau panduan cara. Karena Anda sudah berada di Internet, Anda dapat mencari ulasan produk yang mungkin telah diposting oleh konsumen lain. Beberapa toko online memiliki tempat untuk ulasan ini di situs mereka sendiri.

Banyak yang memungkinkan pengguna untuk menilai produk mereka. Nasihat seperti ini dari konsumen lain, tentang suatu produk, tidak akan tersedia di toko konvensional. Ada banyak keuntungan yang terlibat dengan belanja online, yang paling jelas adalah kenyamanan.

Selama Anda memiliki komputer ataupun h[ yang bisa mengakses internet , belanja online bisa dilakukan dari rumah atau dari kantor. Tidak perlu meluangkan waktu untuk bepergian ke toko konvensional. Selain itu, toko online biasanya beroperasi 24 jam sehari sehingga Anda tidak perlu terburu-buru ke sana selama jam kerja. Khususnya jika Anda memiliki koneksi Internet broadband, menjelajah online dapat dilakukan dengan sangat cepat – bahkan, bisa lebih cepat daripada menjelajah lorong-lorong toko fisik.

Dengan belanja online, tidak perlu mengantri saat check-out setelah Anda memiliki barang. Anda tidak diharuskan mengangkat paket yang berat atau berukuran aneh dan berbentuk. Belanjaan Anda dikumpulkan dengan mengklik tombol dan “disimpan” ke troli belanja Anda tanpa upaya fisik dari pihak Anda.

Anda akan sering diberikan pilihan bagaimana menerima barang dagangan yang telah Anda beli – apakah barang itu dapat dikirimkan kepada Anda atau Anda dapat pergi ke toko untuk mengambilnya. Fleksibilitas ini bisa sangat berguna tergantung seberapa cepat Anda membutuhkan barang tersebut atau kapan Anda akan berada di rumah.

Mesin pencari dan layanan perbandingan harga online berguna untuk menemukan penjual produk tertentu. Anda juga dapat, dengan sangat cepat, menemukan penawaran bagus untuk berbagai item.

Beberapa item umumnya akan lebih murah jika dibeli melalui Internet karena ukuran toko “brick-and-mortar” yang lebih kecil, mengurangi biaya persediaan untuk penjual dan biaya overhead kepegawaian yang jauh lebih rendah.

Untuk pesanan dalam jumlah besar (sebagaimana ditentukan oleh retailer), biaya pengiriman dapat diabaikan. Ada juga banyak situs web yang mengumpulkan informasi tentang kupon dan diskon.

Dengan pengambilalihan pasar oleh rantai ritel besar; berbagai item khusus terus berkurangsejalan dengan itu juga merupakan pilihan dari perspektif konsumen. Namun, toko internet telah mengambil alih ceruk ini karena banyak yang dioperasikan oleh pengecer  kecil .

Yang memahami kebutuhan ini. Ini berarti Anda dapat mencari di Internet dan sangat mungkin seseorang menjual barang khusus yang Anda cari dan yang lebih penting tanpa perlu berkeliling kota atau menelepon siapa pun. Belanja online menjadi semakin meluas dan diterima karena banyak kemudahan ini.