Jagad.id – Cara Menentukan Harga Dropship, Saat memilih untuk mengawali usaha online tanpa modal, kamu harus ketahui langkah tentukan nilai jual dropship supaya bisa memperoleh keuntungan optimal.
Walau usaha dropship perlu video dan foto produk dari vendor, kamu jangan mengukur harga secara asal.
Well, selainnya memerhatikan harga yang diberi vendor, kamu harus juga mempertimbangan beberapa faktor lain, seperti ongkos admin dan biaya kirim.
Nach, untuk menghindar resiko rugi, yok baca pembahasan komplet mengenai langkah tentukan nilai jual dropship berikut!
Apa Itu Dropship?
Saat sebelum ketahui langkah tentukan nilai jual dropship dengan tepat, juga penting untuk kamu untuk ketahui pengertiannya.
Dropship ialah usaha yang memungkinkannya kamu dapat jual beragam produk tak perlu keluarkan biaya dan menyetok barangnya.
Dropshipper berperanan sebagai mediator yang pasarkan produk dari vendor ke customer dengan memakai harga baru.
Lalu, saat pesanan masuk, proses pengepakan dan pengangkutan ke konsumen akan dilaksanakan oleh vendor dengan mengatasdirikan kamu sebagai penjual.
Bisa disebutkan jika sebagai dropshipper, kamu perlu lakukan promo ke calon customer dan semua proses pengangkutan akan diatasi vendor.
Cara Menentukan Harga Jual Dropship
Keuntungan yang didapat seorang dropshipper datang dari beda harga asli dan pemasaran produk.
Oleh karena itu, penting untuk kamu untuk ketahui langkah tentukan nilai jual dropship yang tepat.
Saat tentukan nilai jual, kamu tidak dapat memastikannya secara asal-asalan. Bila terlampau mahal, pemasaran produk akan susah karena konsumen jadi kurang tertarik.
Begitupun kebalikannya, memasangkan harga yang terlampau rendah bisa membuat usaha dropship kamu alami rugi.
Disamping itu, masih tetap ada beragam factor yang mempengaruhi nilai jual dropship, seperti biaya kirim, ongkos admin, dan yang lain.
5 Langkah Tentukan Harga Jual Dropship
Ada beragam langkah tentukan nilai jual dropship yang menjadi pemikiran saat kamu jadi dropshipper, salah satunya:
1. Taktik Psikologi dalam Tentukan Harga
Langkah tentukan nilai jual dropship yang pertama ialah berdasar taktik psikologi. Strategi psikologi ini lebih banyak diaplikasikan oleh beberapa pebisnis karena dipercayai bisa tingkatkan pemasaran produk.
Anda bisa juga mengaplikasikan langkah ini secara mudah. Cukup membuat nominal harga produk yang tidak genap, seperti Rp9.989.
Umumnya customer semakin lebih berminat untuk beli produk pada harga Rp9.898 dibanding Rp10.000 karena dipandang tambah murah. Walau sebenarnya, sebetulnya sama-sama.
2. Fixed Markup on Biaya (FMOC)
Fixed Markup on Biaya (FMOC) atau markup masih tetap pada ongkos sebagai langkah tentukan harga dropship dengan menambah margin keuntungan berdasar harga asli sesuai ketetapan kamu.
Misalkan, bila kamu ingin mendapat keuntungan dengan markup 10% dari harga asli produk Rp15.000. Karena itu besar keuntungan masih tetap tiap penjualannya ialah Rp15.000 x 10% = Rp1.500.
Karena itu, nilai jual produk dropship yang kamu tentukan ialah Rp15.000 + Rp1.500 = Rp16.500. Langkah markup harga dropship ini seharusnya memakai bentang yang tidak besar supaya pemasaran kamu masih tetap dapat dijangkau, misalkan 10% sampai 25%.
Bila jual produk dalam mata uang dollar, kamu dapat membuat margin keuntungan sejumlah 4 dollar untuk tiap barang.
3. Markup
Selainnya FMOC, ada pula taktik markup setahap yang direferensikan sebagai langkah tentukan nilai jual dropship bila produk kamu bervariatif.
Jual produk pada harga yang paling murah sampai termahal membuat kamu harus membuat markup berbeda, misalkan:
– Produk pada harga asli di bawah Rp50.000, hingga markup keuntungannya dapat diputuskan sampai 30%.
– Produk yang mempunyai harga asli Rp100.000 ke atas, markup keuntungannya dapat cukup sampai 15% saja.
Langkah markup harga dropship untuk tiap produk bisa juga kamu samakan sama yang berada di pasaran.
4. Manufacturer Suggested Ritel Price (MSRP)
Manufacturer Suggested Ritel Price atau MSRP ialah harga ketengan yang dianjurkan produsen atau vendor tempat kamu ambil barang pemasaran dropship.
Bila toko ritel memberi anjuran untuk jual produk dengan harga Rp45.000 karena itu kamu dapat tawarkan barang dengan nilai itu.
Langkah tentukan nilai jual dropship dengan sistem ini mempunyai beberapa faedah, yakni:
– Kesetimbangan harga pasar terbangun.
– Tidak ada kompetisi harga antara dropshipper.
– Customer mendapat harga yang tepat.
5. Mengaplikasikan Harga Potongan harga
Walau cuma untuk dropshipper, kamu bisa juga memberi potongan harga ke customer, lho. Potongan harga umumnya dihitung dari penentuan nilai paling tinggi, hingga kamu masih tetap dapat mendapat beberapa keuntungan walau berkesan memberi banyak diskon.
Misalkan, bila MSRP sebuah produk ialah Rp20.000 dan kamu ingin memberi potongan harga 15%.
Karena itu, kamu dapat memberi harga awalnya Rp23.000 dan menambah cap potongan harga 15% supaya margin keuntungan masih tetap tinggi.
Demikian ulasan cara menentukan harga jual di Dropship, semoga bermanfaat untuk bisnis anda.