Apa Itu Teknologi AI? Cara Kerja, Fungsi Dan Masa Depan

Jagad.id – Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu teknologi AI? Ini adalah salah satu bidang yang paling diminati dan kata kunci di seluruh industri. Cari tahu lebih lanjut tentang seperti apa masa depan di AI.

AI adalah singkatan dari artificial intelligence (kecerdasan buatan), yang merupakan simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin seperti sistem komputer. Anda dapat menemukan penggunaan kecerdasan buatan dalam perawatan kesehatan, industri otomotif, industri keuangan, dan lainnya.

Apa Itu Teknologi AI? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Inti dari AI adalah algoritma. Manusia mengatur algoritme dalam sistem terkomputerisasi, yang merupakan kumpulan instruksi yang jelas yang harus diikuti komputer untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan tugas. Algoritme itu cerdas dan kompleks karena setiap kali mereka menerima input dan memproses data, mereka mempelajari pola dan karakteristik yang membantu mereka membuat keputusan yang lebih cerdas seiring berjalannya waktu.

Salah satu contoh cara kerja AI adalah fitur koreksi otomatis yang mungkin Anda gunakan di ponsel cerdas saat mengetik teks. Karena keyboard smartphone berukuran kecil, maka mudah terjadi kesalahan. Jika Anda mengetik “i” tetapi bermaksud mengetikkan huruf di dekatnya, seperti “o” untuk menulis kata “cold”, ponsel Anda akan mengakses kamusnya dan kemungkinan mengoreksi “cild” menjadi “cold” secara otomatis.

Saran otomatis juga merupakan fitur AI yang digunakan ponsel cerdas Anda. Seiring waktu, ponsel Anda akan mempelajari kata-kata yang paling sering Anda ketik dan menyarankannya secara otomatis untuk Anda, termasuk nama keluarga dan teman atau jargon perusahaan yang sering Anda gunakan.

Jika itu menyarankan kata yang tidak Anda cari atau Anda mengubah apa yang telah dikoreksi secara otomatis, itu belajar dari pengalaman ini dan menjadi lebih akurat dalam sarannya di masa mendatang.

Dan apa itu teknologi AI, AI menggunakan berbagai teknologi untuk melakukan ini dan banyak tugas lainnya, seperti pengenalan ucapan, terjemahan kata, peta dan navigasi, pencarian gambar, dan banyak lagi. Teknologi ini termasuk pembelajaran mesin, pembelajaran mendalam, jaringan saraf, pemrosesan bahasa alami, visi komputer, dan komputasi kognitif.

Fungsi Dari AI

AI digunakan untuk merancang mesin yang akan melakukan tugas seperti manusia. Beberapa kegunaan umum yang mungkin Anda kenal termasuk mobil tanpa pengemudi, chatbot, pembayaran elektronik, perangkat lunak pengenal wajah yang digunakan pada ponsel cerdas, dan asisten cerdas seperti Siri atau Alexa. Ini semua adalah contoh aksi AI.

Perusahaan menggunakan AI untuk mengoptimalkan produktivitas dalam banyak cara seperti:

  • Menghilangkan tugas yang berulang bagi karyawan
  • Mengizinkan rantai pasokan yang lebih efisien
  • Meningkatkan keamanan siber
  • Menghasilkan tanggapan cepat terhadap kebutuhan atau pertanyaan pelanggan

Penggunaan ini terlihat sedikit berbeda berdasarkan industri. Beberapa contoh kecerdasan buatan dari aplikasi spesifik AI oleh industri meliputi:

  • Perawatan kesehatan: Operasi robotik berbantuan AI, pengobatan jarak jauh
  • Robotika: Kontrol penglihatan, kontrol motorik, pembelajaran, perilaku kooperatif
  • Teknik: Diagnosis kesalahan, pemeliharaan prediktif, sistem kontrol cerdas
  • Pemasaran: Perpesanan yang disesuaikan dan ditargetkan
  • Layanan pelanggan: Chatbots

Bekerja di AI: Contoh karir di AI

Banyak pilihan karir tersedia di bidang AI. Beberapa orang memulai pembelajaran mesin dan pindah ke pekerjaan yang lebih terspesialisasi. Karena begitu banyak industri yang menggunakan bentuk AI, Anda mungkin menemukan beberapa kemungkinan jika Anda mempertimbangkan untuk berkarir di bidang ini.

Beberapa contoh karir di AI meliputi:

  • Machine learning engineer
  • Robotics engineer
  • Computer vision engineer
  • Data scientist
  • Computer scientist
  • Director of analytics

Banyak karir di AI membayar dengan sangat baik. Bahkan posisi entry-level menghasilkan rata-rata $85.538 per tahun di AS, menurut ZipRecruiter. Namun, kalau di Indonesia mungkin pekerjaan dengan spesialis AI belum populer. Contoh beberapa jabatan tingkat pemula dalam AI adalah analis data junior, analis sistem informasi, dan analis citra junior.

Karier tingkat menengah ke atas dalam AI mencakup pekerjaan khusus untuk pembelajaran mesin, seperti teknik pembelajaran mesin atau rekayasa perangkat lunak pembelajaran mesin. Harapkan kisaran $89.000 hingga $181.000 setahun, bergantung pada lokasi dan industri Anda, sebagai insinyur pembelajaran mesin.

Jalur Pendidikan Untuk Karir di AI

Karena AI adalah bidang yang berkembang pesat, belum tentu ada jalur yang sulit dan cepat. Ada banyak, banyak cara untuk masuk ke AI.

Dalam kecerdasan buatan atau AI, kualifikasi akan bervariasi berdasarkan pekerjaan. Karena ada banyak cabang AI, diharapkan beberapa variasi keterampilan yang dibutuhkan. Namun, sebagian besar pekerjaan di AI membutuhkan gelar sarjana untuk memulai di lapangan.

Dapatkan gelar

Meskipun Anda tidak selalu membutuhkan gelar untuk bekerja di bidang AI, banyak karier tingkat awal hingga menengah di industri ini meminta Anda memiliki gelar sarjana dalam bidang ilmu komputer atau bidang terkait seperti matematika, statistik, atau teknologi informasi. Gelar associate atau kamp pelatihan teknis mungkin cukup untuk mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur perangkat lunak yang bekerja di AI. Namun, posisi tingkat atas kemungkinan akan membutuhkan gelar master atau bahkan doktoral.

Anda mungkin memilih untuk mengejar gelar AI atau bidang terkait, karena ada banyak orang yang bekerja di AI dengan latar belakang berbeda dengan berbagai gelar.

Namun, Anda akan melihat beberapa kursus umum untuk siswa yang tahu bahwa mereka ingin mendapatkan gelar yang mungkin mengarahkan mereka menuju karir di AI. Beberapa konsep inti yang kemungkinan akan Anda pelajari sambil mendapatkan gelar untuk bekerja di bidang AI meliputi:

  • Machine learning
  • Deep learning
  • Natural language processes
  • AI representation and problem-solving
  • Computer vision and image analysis

Dapatkan sertifikasi

Sertifikasi menawarkan jalur potensial lain untuk berkarir di AI. Beberapa sertifikasi yang berguna bagi siapa saja yang mencari karir di bidang kecerdasan buatan adalah sertifikasi yang mengajarkan bahasa pemrograman. Banyak pemberi kerja di bidang AI meminta agar pelamar menunjukkan kemahiran hingga lima bahasa pemrograman.

Jika Anda memiliki gelar sarjana, atau tidak memiliki gelar sama sekali, Anda mungkin ingin mendapatkan sertifikasi di bidang khusus kecerdasan buatan, seperti pembelajaran mesin atau pembelajaran mendalam, untuk membantu Anda melangkah lebih jauh ke bidang AI. Contoh sertifikasi AI meliputi:

  • Certified Artificial Intelligence Engineer (CAIE™)
  • Certified Artificial Intelligence Consultant (CAIC™)
  • Certified Artificial Intelligence Scientist (CAIS™)
  • Artificial Intelligence Engineer (AIE™)

Temukan masa depan AI

Kebutuhan akan kecerdasan buatan semakin meningkat dari hari ke hari. Semakin banyak industri mengadopsi AI untuk menyelesaikan tugas-tugas penting dan menjaga keamanan sistem. Bahkan dikatakan berkali-kali bahwa kecerdasan buatan akan mengubah dunia.

Para ahli setuju bahwa dalam dekade berikutnya, kita dapat melihat mobil otonom, robot bertenaga AI bekerja bersama manusia, buku teks digital, dan asisten perawat virtual, hanya untuk beberapa contoh.

Ambil langkah selanjutnya

Jika bidang kecerdasan buatan terdengar seperti petualangan baru yang mengasyikkan, mulailah hari ini dengan meneliti beberapa pekerjaan dalam bidang yang ingin Anda kejar.

Mendaftar di universitas untuk mendapatkan gelar sarjana Anda dalam ilmu komputer atau bidang terkait, mendapatkan beberapa sertifikasi di bidang khusus, atau mempelajari dasar-dasar cara kerja AI. Masuk ke industri ini sekarang adalah cara potensial untuk mempersiapkan diri Anda untuk sukses dalam karier yang bisa bertahan seumur hidup.

Untuk menemukan kursus online yang dirancang khusus untuk individu yang tertarik bekerja dalam kecerdasan buatan, lihat banyak penawaran di Coursera. Anda akan menemukan kursus dasar seperti Pengantar Kecerdasan Buatan dan AI untuk Semua Orang, serta opsi lebih lanjut.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu teknologi AI dan bagaimana peluang di masa depan. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda memahami perkembangan teknologi yang saat ini sedang populer.