Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri – Psikologi

Cara Mengetahui Karakter Diri Sendiri – Psikologi, Beberapa tes psikologi bisa memberikan kamu gambaran mengenai kepribadian diri sendiri. Biasanya tes psikologi dilakukan dengan memberikan beberapa soal yang menuntut kamu untuk menjawab Ya atau tidak. Beberapa psikotes tidak menuntut kamu menjawab benar atau salah. Dengan memilih dua diantara pertanyaan tersebut seorang ahli akan menilai kepribadianmu.

Kepribadian seseorang dibagi menjadi  Sembilan kepribadian. Nah, apa saja kepribadian itu ? Silakan terus disimak.

Sembilan kepribadian orang yang dapat dilihat dari psikotes Enneagram

1. Reformer

Kepribadian ini memiliki sifat sangat kuat dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Biasanya dimiliki oleh seorang guru dan agen perubahan.

2. Helper

Berjiwa melindungi dan peduli terhadap sesamanya.

3. Motivator

Seseorang yang berorientasi pada prestasi. Suka bersaing untuk memenangkan sesuatu.

4. Romantic

Seseorang yang kurang nyaman berada di tengah kerumunan orang. Orang yang intropektif dan kreatif.

5. Investigator

Mempunyai rasa penasaran yang tinggi.

6. Loyalist

Orang yang sering meragukan diri sendiri. Memiliki komitmen dan bertanggung jawab.

7. Generalist

Memiliki sifat yang selalu optimis dan yakin pada diri sendiri.

8. Leader

Berjiwa pemimpin dan berjiwa melindungi kepada orang disekitarnya.

9. Peacemaker

Orang yang biasa menghindari konflik dan tidak suka berselisih. Orang ini biasanya mengajak teman untuk pergi agar merasa aman.

Nah, kesembilan karakter tersebut bisa kamu ketahui dengan melakukan tes enneagram. Tes enneagram adalah tes yang paling banyak digunakan di dunia dalam melihat kepribadian sesorang.

Pada dasarnya karakter bisa berubah tergantung kondisi yang dialami seseorang, misalnya dari miskin menjadi kaya ataupun sebaliknya yang mampu merubah sifat seseorang secara tiba tiba. Pendalaman pembelajaran agama karena pengalaman yang berarti pada seseorang juga bisa merubah sifat hampir secara keseluruhan. Namun ada juga seorang yang memiliki karakter tetap karena memang tidak mau merubah karakter tersebut ataupun nyaman dalam karakter dia saat itu.

Bila anda masih penasaran dengan karakter diri anda maka dapat mencoba test untuk mengungkap seperti apa sebenarnya diri anda : MULAI TEST KEPRIBADIAN

Lalu tes enneagram itu apa bentuknya ? Tes ennegram itu dalam bentuk soal yang dilakukan dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan dari seorang ahli psikolog. Untuk soalnya kamu bisa mencari di internet.

Contoh soal tes enneagram sebagai berikut :

  1. Yang terbaik menurutmu adalah..
  2. Menjadi pemimpin
  3. Dilindungi
  4. Betindak menurut cara sendiri

Kamu disuruh untuk memilih salah satu jawaban antara A, B, dan C. Jumlah soal biasanya hanya 14 dan dibagi menjadi 2 sesi ( sesi A dan sesi B ). Setelah menjawab, silakan menghitung jawaban apa yang paling banyak kamu pilih. Nanti akan ketemu kepribadian kamu.