12 Aplikasi Kesehatan Terbaik untuk Pasien

Jagad.id12 Aplikasi Kesehatan Terbaik untuk Pasien. Teknologi telah memungkinkan konsumen untuk lebih terlibat dalam keputusan perawatan kesehatan mereka sendiri selama bertahun-tahun, dan tidak ada tempat yang lebih terlihat daripada aplikasi. Apple Store dan aplikasi Google PlayStore memiliki rata-rata hampir 50.000 aplikasi kesehatan yang tersedia di marketplaces masing-masing, dan adopsi atau penggunaan aplikasi kesehatan oleh pengguna juga telah tumbuh secara signifikan.

Dengan banyaknya aplikasi kesehatan yang tersedia, manakah yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan kesehatan Anda? Berikut adalah pilihan teratas di antara aplikasi perawatan kesehatan terbaik yang tersedia saat ini.

Apa itu Aplikasi Kesehatan?

Meskipun banyak aplikasi yang termasuk dalam kategori “kesehatan”, tidak semuanya dianggap sebagai aplikasi “perawatan kesehatan”. Mereka yang mengajari Anda cara melakukan yoga, misalnya, mungkin sangat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda, tetapi mereka tidak terikat dengan rutinitas perawatan Anda yang dipimpin dokter. Untuk membaca tentang aplikasi kebugaran terbaik, lihat artikel Jagad.id tentang aplikasi latihan terbaik kami di sini.

Baca Juga : Apa yang Akan Hadir di Aplikasi Kesehatan Nantinya? Prediksi Tren dan Penggunaan

Untuk artikel ini, kami fokus pada aplikasi yang dapat Anda gunakan bersama dengan rejimen (Protokol pengobatan yang spesifik, termasuk apa obat yang diambil dan berapa dosis) kesehatan berbasis penyedianya. Mereka menawarkan pelacakan dan pelaporan kesehatan, pengingat medis, dan komunikasi dengan penyedia Anda, serta beberapa benar-benar berfungsi sebagai platform untuk kunjungan virtual.

Manfaat Aplikasi

Meskipun harga aplikasi berkisar dari beberapa dolar untuk unduhan satu kali hingga $10 atau lebih untuk manfaat langganan bulanan, nilai dan manfaatnya dapat mencakup pengelolaan diri yang lebih baik untuk kesehatan, dokumentasi, dan komunikasi dengan penyedia Anda. Aplikasi ini dapat memberdayakan pasien untuk lebih proaktif tentang kesehatan mereka dan bahkan mengurangi biaya perawatan kesehatan dalam jangka panjang.

Banyak aplikasi seluler gratis, jadi bagaimana Anda memutuskan apakah aplikasi berbayar atau “premium” sepadan dengan biayanya? Anda mungkin ingin mencobanya untuk test drive, lalu catat pemutakhiran mana yang hilang dari pengalaman Anda. Bahkan aplikasi gratis, bagaimanapun, dapat memberi Anda catatan terperinci tentang kebiasaan harian Anda, yang dapat mendorong pilihan yang lebih baik di masa mendatang.

Aplikasi Perawatan Kesehatan Teratas untuk Pasien

Dengan begitu banyak aplikasi untuk dipilih, sulit untuk memisahkan opsi yang menjanjikan dari yang lain. Namun, aplikasi kesehatan terbaik dalam daftar kami telah teruji waktu dan memiliki reputasi kuat yang dibangun di atas ratusan, terkadang ribuan ulasan positif untuk mendukungnya.

Pertimbangkan bagaimana setiap aplikasi dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang kesehatan Anda sambil memberi Anda pelacakan data yang Anda butuhkan selama pembicaraan penting berikutnya dengan dokter Anda.

1. Medisafe Pill & Med Reminder

Aplikasi Kesehatan

Medisafe Pill & Med Reminder and Tracker membantu Anda tetap di atas obat Anda. Ini tersedia di Android dan iOS, dan dilengkapi dengan fitur manajemen kunjungan dokter dan peringatan janji temu. Ia bahkan memiliki pelacak pengukuran kesehatan. Dengan sedikit biaya, Anda dapat meningkatkan ke pengalaman bebas iklan dengan suara notifikasi tambahan dan alat pengukuran.

2. Medical ID

aplikasi kesehatan

Bagaimana jika seseorang menemukan Anda dan ponsel Anda saat Anda mengalami keadaan darurat medis, tetapi Anda tidak dapat mengomunikasikan masalah kesehatan Anda? Medical ID adalah aplikasi Android gratis dengan opsi premium opsional yang memungkinkan Anda membuat beberapa profil medis untuk disimpan di ponsel Anda.

Ini mudah diakses dari layar beranda Anda dan memberi pemirsa tampilan data medis terpenting Anda, termasuk kontak medis, golongan darah, dan alergi. Petugas medis atau staf gawat darurat dapat melihat hal-hal penting secara sekilas sebelum merawat Anda. Aplikasi kesehatan seluler juga akan membagikan lokasi GPS Anda dengan kontak darurat Anda, bahkan setelah aplikasi ditutup.

3. Dminder

aplikasi kesehatan - deminder

Vitamin D telah dipuji karena perannya dalam membangun sistem kekebalan tubuh dan bahkan membantu Anda tidur. Namun, sebagian besar dari kita tidak merasa cukup, dan aplikasi dminder berupaya mengubahnya. Aplikasi menghitung waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari, sesuai dengan lokasi Anda, dan mengirimkan peringatan saat tiba waktunya untuk pergi keluar.

Saat Anda melacak waktu Anda, aplikasi akan benar-benar memberi tahu Anda kapan Anda harus keluar dari matahari untuk menghindari sengatan matahari. Ini akan memperkirakan total IU (Unit Internasional Units) D Anda untuk Anda. Aplikasi gratis ini tersedia di Google PlayStore dan Apple Store dan hadir dengan peningkatan premium, seperti riwayat asupan vitamin D Anda, yang mungkin berguna saat berbicara dengan dokter Anda.

Baca Juga : 10 Aplikasi Fitnes Terbaik untuk Jam Tangan Apple

4. MyFitnessPal

myFitness Pall

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi pelacakan kesehatan terbaik di store Android dan iOS. Dan versi desktop juga tersedia. Ini adalah pelacak lengkap untuk aktivitas, kesadaran, pencatatan makanan, tidur, kesuburan, dan banyak lagi. Anda dapat menetapkan sasaran berat atau aktivitas, membuat rencana makan, dan menyinkronkan aplikasi dengan sebagian besar perangkat dan jam tangan pelacak kebugaran.

Jika Anda membayar untuk meningkatkannya (Upgrade Premium), Anda akan mendapatkan fitur premium seperti pelaporan yang lebih mendetail, termasuk makro dan log makanan yang dapat Anda unduh atau email ke penyedia layanan kesehatan Anda. Aplikasi ini juga menampilkan komunitas online yang kuat untuk dukungan dan saran penurunan berat badan.

5. Diabetes:M

Diabetes M

Diabetes:M adalah aplikasi kesehatan yang dirancang untuk membantu penderita diabetes agar tidak perlu mengira-ngira dalam mengelola kadar glukosa mereka, dan aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. Ini memungkinkan Anda melacak dan memantau makanan Anda, sambil juga mengawasi kadar glukosa dan insulin Anda serta tempat suntikan. Simpan data dan dapatkan laporan komprehensif yang kemudian dapat Anda bagikan dengan dokter Anda. Versi pro juga memiliki ruang untuk profil tambahan dan terhubung ke perangkat pemantauan berkemampuan Bluetooth Anda.

6. Apple Health

Apple Health

Apple Health adalah “otak” kesehatan iOS dan aplikasi pelacak kesehatan yang menjadi standar di semua perangkat Apple. Ini memonitor tidur, makanan, aktivitas, gejala, detak jantung, dan pernapasan. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan mulus dengan lebih dari 1.000 aplikasi lain dan dapat memberi Anda laporan mendetail tentang seluruh kategori kesehatan.

Apple Health berpasangan dengan institusi kesehatan yang berpartisipasi untuk menyimpan hasil lab dan catatan medis Anda setiap saat dan dilengkapi dengan profil ID Medis untuk penggunaan darurat juga. Donor medis bahkan dapat menunjuk diri mereka sendiri dan mengomunikasikan keinginan mereka melalui aplikasi. Jika Anda menggunakan Apple Watch, ini harus dimiliki.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Efek Samping

7. Heal

Aplikasi kesehatan Heal

Dapatkan akses ke dokter yang berkualifikasi dan bersertifikat di berbagai bidang tanpa harus meninggalkan rumah saat Anda menggunakan Heal. Ini menawarkan janji temu profesional melalui kunjungan langsung, di rumah atau sebagai opsi telemedicine (virtual) untuk 11 negara bagian, dengan lebih banyak lagi yang akan datang. Aplikasi ini bekerja dengan asuransi kesehatan Anda dan memberikan harga transparan di muka untuk sejumlah layanan, termasuk perawatan rutin, perawatan pencegahan, perawatan darurat, dan perawatan kesehatan mental.

8. EyeCare Live

EyeQue

Aplikasi dokter online Eyecare Live membantu perawatan terkait kesehatan mata dengan menghubungkan Anda ke dokter mata virtual dalam waktu satu jam. Ini juga memungkinkan Anda memperbarui resep secara online, selama resep tersebut berusia kurang dari 2 tahun. Aplikasi medis ini gratis dan tersedia untuk Android dan iOS, meskipun Anda harus membayar biaya tambahan untuk tes mata dan kunjungan dokter virtual.

 

9. AliveCor

aplikasi kesehatan

Pasangkan aplikasi AliveCor dengan salah satu perangkat medis pengukur jantung Kardia yang didukung, dan Anda akan mendapatkan akses ke rekaman EKG yang disetujui FDA ke mana pun Anda pergi. Aplikasi ini mendeteksi fibrilasi atrium, bradikardia, dan takikardia secara real-time, serta aktivitas jantung normal. Lacak data Anda dan bagikan dengan dokter Anda selama janji temu berikutnya. Aplikasi kesehatan gratis tersedia untuk perangkat Android dan iOS; Perangkat Kardia mulai dari $90 ke atas.

10. Drugs.com Medication Guide

aplikasi kesehatan

Pelajari tentang efek samping, interaksi obat, pedoman dosis, dan lainnya dengan aplikasi gratis Drugs.com untuk perangkat Android dan iOS. Versi pro membutuhkan biaya tambahan dan menampilkan informasi identifikasi pil tambahan dan fitur pelacakan.

11. WebMD Baby

aplikasi kesehatan

Tetap di atas semua tugas perawatan bayi dengan aplikasi gratis WebMD Baby, tersedia untuk Android dan iOS. Ini mencakup empat bidang perawatan – memberi makan, tidur, popok, dan pertumbuhan. Dari mencatat berat badan bayi hingga menjadwalkan pemberian makan berikutnya, aplikasi ini memiliki semuanya, termasuk buku bayi virtual dan video dari dokter top untuk membantu menjawab semua pertanyaan Anda. Anda dapat berbagi data dengan pengasuh dan dokter, dan menyinkronkan semua perangkat Anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Efek Samping

12. MySymptoms Food Diary & Symptom Tracker

aplikasi kesehatan - mySymtoms

Apakah itu sesuatu yang Anda makan? Cari tahu dengan aplikasi pelacak mySymptoms tracker app, yang melacak apa yang Anda makan bersama dengan buang air besar dan berbagai gejala. Ini membantu Anda menemukan petunjuk dalam riwayat data, dan berguna bagi mereka yang mencurigai alergi atau penyakit pencernaan. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android, serta dapat memberi Anda cara untuk berbicara dengan dokter tentang kekhawatiran Anda. Ini gratis, tetapi ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan.

Kesimpulannya

Aplikasi kesehatan dapat membantu Anda memikirkan kembali cara mendekati kesehatan sambil menempatkan Anda di kursi pengemudi untuk mengambil tindakan tegas (dan sehat) sebelum masalah kecil meningkat. Namun, aplikasi bukanlah pengganti perawatan medis, dan Anda harus merujuk pertanyaan apa pun yang Anda miliki saat menggunakan aplikasi ke penyedia layanan kesehatan Anda.

Karena banyak aplikasi menawarkan fakta dan data medis yang diterima secara luas untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang kondisi Anda, mereka dapat mendorong Anda untuk menjelajahi percakapan baru dengan profesional perawatan kesehatan Anda. Jika tidak ada yang lain, aplikasi medis untuk pasien menghasilkan dokumentasi yang lebih baik sehingga pada pertemuan berikutnya dengan dokter Anda, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang gejala dan kebiasaan Anda, membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari kunjungan dokter Anda.

Demikianlah, pembahasan mengenai 12 Aplikasi Kesehatan terabaik untuk Pasien. Semoga bisa menjadi referensi bagi pengguna khususnya pasien dalam pemulihan masa kesehatannya. Sekian, Terima kasih…

error: This content is protected by DMCA